PERBEDAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 CIAWIGEBANG TAHUN AJARAN 2014/2015 DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DAN MEDI TEKS NARASI

Ifah Hanifah, Rian Permana

Abstract


Masalah Penelitian ini yaitu : 1) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 dalam Ciawigebang pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media gambar seri? 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciawigebang dalam pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media teks narasi? 3)Adakah perbedaan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciawigebang dalam pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media gambar seri dan media teks narasi? Metode: metode eksperimen sungguhan Simpulan: Berdasarkan data dan pengolahan data maka peneliti mendapatkan hasil sebagai berikut. 1) Kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media gambar seri, berkategori baik. Berdasarkan pengolahan data diperoleh nilai rata-rata 66 berada pada rentang nilai 60-80. Jadi, hipotesis yang peneliti ajukan, diterima. 2) Kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media teks narsi, berkategori cukup. Berdasarkan pengolahan data diperoleh nilai rata-rata 58 berada pada rentang nilai 50-60. Jadi, hipotesis yang peneliti ajukan, diterima. 3) Ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media gambar seri dan media teks narasi pada siswa kelas XI IPS 4 dan XI IPS 5 SMA Negeri 1 Ciawigebang tahun ajaran 2014/2015. Hal tersebut dibuktikan dari hasil penghitungan dengan uji t yang menghasilkan t hitung lebih besar daripada t tabel, yaitu t hitung 4,12 > t tabel 1,66. Artinya, kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media gambar seri lebih baik dari pada media teks narasi.
Kata kunci: Perbandingan, menulis cerpen, media gambar seri, dan media teks narasi


References


Arikunto, Suharsimin. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdullah, Wara. 2014. Perbandingan, tema, setting, titik pengisahan cerita pendek karya siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ciwaru Kuningan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Aksan, Hermawan. 2011. Proses Kreatif Menulis Cerpen Bandung: Nuansa Cendikia

Djamran, Syaiful Bahari. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Efendi, Irfan. 2012. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Cirebon: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan.

Heryadi, Dedi. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa Bandung: Pusbill

Heryadi, Dedi. 2009. Statistika Praktis Untuk Penelitian Pendidikan Tasikmalaya: Universitas Siliwangi

Semi, Altar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis Bandung: Angkasa

Kementrian dan Kebudayaan Indonesia. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Thahar, harris Effendi. 1999. Kiat Menulis Cerita Pendek. Bandung: Angkasa




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v9i2.1024



Copyright (c) 2018 FON



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]