PERBANDINGAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA TERBITAN ERLANGGA UNTUK SISWA SMP KELAS VII KURIKULUM 2006 DALAM MENJABARKAN SK DAN KD DENGAN BUKU TEKS MAHIR BERBAHASA INDONESIA TERBITAN ERLANGGA UNTUK SISWA SMP KELAS VII KURIKULUM 2013 DALAM MENJABARKAN KI DAN KD DILIHAT DARI PROPORSI ILMU KETERAMPILAN BERBAHASA, ILMU KEBAHASAAN, DAN ILMU KESASTRAAN

Aan Sugiantomas, Asep Jejen Jaelani, Ridha Ramadhan

Abstract


Judul penelitian ini adalah Perbandingan Buku Teks Bahasa Indonesia Terbitan Erlangga untuk Siswa SMP Kelas VII Kurikulum 2006 Dalam Menjabarkan SK dan KD dengan Buku Teks Mahir Berbahasa Indonesia Terbitan Erlangga untuk Siswa SMP Kelas VII Kurikulum 2013 dalam Menjabarkan KI Dan KD dilihat dari Proporsi Ilmu Keterampilan Berbahasa, Ilmu Kebahasaan, Dan Ilmu Kesastraan. Rumusan masalah: (1) Bagaimana buku teks Bahasa Indonesia Erlangga SMP kelas VII kurikulum 2006 dalam menjabarkan SK dan KD; (2) Bagaimana buku teks Mahir Bahasa Indonesia Erlangga siswa SMP kelas VII kurikulum 2006 dalam menjabarkan SK dan KD dilihat dari proporsi ilmu keterampilan berbahasa, ilmu kebahasaan, dan ilmu kesastraan; (3) Bagaimana perbandingan buku teks Bahasa Indonesia Erlangga SMP kelas VII kurikulum 2006 dalam menjabarkan SK dan KD dengan buku teks Mahir Bahasa Indonesia Erlangga SMP kelas VII kurikulum 2013 dalam menjabarkan KI dan KD; (4) Bagaimana perbandingan buku teks Bahasa Indonesia Erlangga SMP kelas VII kurikulum 2006 dalam menjabarkan SK dan KD dengan buku teks Mahir Bahasa Indonesia Erlangga SMP kelas VII kurikulum 2013 dalam menjabarkan KI dan KD dilihat dari proporsi ilmu keterampilan berbahasa, ilmu kebahasaan, dan ilmu kesastraan. Tujuan: ingin mengetahui kelengkapan dan perbandingan buku teks Bahasa Indonesia Erlangga SMP kelas VII kurikulum 2006 dengan buku teks Mahir Bahasa Indonesia Erlangga SMP kelas VII kurikulum 2013. Metode: deskriftif kualitatif. Simpulan: perbandingan perbandingan buku teks Bahasa Indonesia Erlangga SMP kelas VII kurikulum 2006 dalam menjabarkan SK dan KD dengan buku teks Mahir Bahasa Indonesia Erlangga SMP kelas VII kurikulum 2013 sebagai berikut: keilmuan Berbicara, Sintaksis3 (kalimat), dan Puisi mendominasi penjabaran buku teks Bahasa Indonesia Erlangga SMP kelas VII kurikulum 2006. Sementara keilmuan Membaca, Sintaksis3 (kalimat), dan Cerpen mendominasi penjabaran buku teks Mahir Bahasa Indonesia Erlangga SMP kelas VII kurikulum 2013.
Kata kunci: perbandingan, buku teks bahasa Indonesia kelas VII SMP, kurikulum 2006, kurikulum 2013, ilmu keterampilan berbahasa, ilmu kebahasaan, dan ilmu kesastraan.


References


Chaer, Abdul. (2007). Linguistik Umum. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

_________ . (2009a). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT RINEKA

CIPTA.

_________ . (2009b). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: PT

RINEKA CIPTA.

Dawud, Nurhadi, Pratiwi Yuni. (2008). Bahasa Indonesia. Jakarta: ERLANGGA

Kosasih, Engkos. (2013). Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTS Kelas VII (kelompok Wajib). Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama/Erlangga.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Mutiadi, Ahmad Dedi. (2012). Menyimak dan Pengajarannya. Kuningan: Prodi PBSI.

Pidarta, Made. (2007). Landasan Kependidikan. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Ramlan, M. (2005). Sintaksis. Yogyakarta: C.V. KARYONO.

. (2009). Morfologi. Yogyakarta: C.V. KARYONO.

Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugiantomas, Aan. (2010). Langkah Awal Menuju Apresiasi Sastra. Kuningan: Prodi PBSI.

Sukmadinata, Nana Syaodih dan Erlina Syaodih. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama.

Tarigan, Henry Guntur. (2008a). Berbicara. Bandung: PT Angkasa Bandung.

________________ . (2008b). Membaca. Bandung: PT Angkasa Bandung




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v9i2.1025



Copyright (c) 2018 FON



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]