MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MAHASISWA MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM

Deden Sutrisna

Abstract


Penelitian iniadalah gagasan ilmiah yang berupaya mencari pemecahan masalah literasi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Majalengka. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menumbuhkan semangat literasi sehingga mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan mengaplikasikan pengetahuan tersebut melalui kegiatan menulis. Fokus utama kegiatan literasi yang dituju dalam penelitian ini adalah literasi daring atau pemanfaatan sumber-sumber bahan bacaan baik itu buku, jurnal, prosiding, dan sumber bacaan lainnya yang tersedia melalui daring dengan menggunakan aplikasi google classroom. Google classroom merupakan aplikasi pembelajaran virtual yang dikeluarkan oleh Google. Kemudahan yang ditawarkan aplikasi ini menjadi dasar pemikiran penulis untuk mengembangkan kegiatan literasi pada mahasiswa menggunakan aplikasi ini. Beberapa keunggulan aplikasi ini diantaranya sebagai berikut. Pertama, kemudahan untuk mengakses aplikasi, yaitu melalui gawai atau telepon pintar yang dimiliki mahasiswa. Kedua, aplikasi ini memungkinkan dosen untuk mengirim tugas baca atau bahan literasi kepada seluruh mahasiswa secara cepat dalam satu kali klik. Ketiga, dosen dapat memanfaatkan aplikasi ini sebagai ruang diskusi literasi dengan mahasiswa secara bersamaan sehingga dosen dapat memantau aktivitas literasi mahasiswa. Keempat, melalui google classroom dosen dapat menginstruksikan, menetapkan, dan membicarakan dengan mahasiswa secara daring diwaktu yang sama secara bersamaan (kelas virtual).

Kata Kunci: google classroom, kemampuan literasi, daring, kelas virtual


References


Gong Gol A dan Agus M. Irkham. 2012. Gempa Literasi (dari kampung untuk nusantara). Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

Padmadewi, Ni Nyoman dan Luh Putu Arini. 2018. Literasi di Sekolah dari Teori ke Praktik. Bali: Nilacakra.

Rozak Abd. dan Azkia Muharom Albantani. (Juni 2018). Desain Perkuliahan Bahasa Arab Menggunakan Google Classroom. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. 5 (1) 83-102 doi: http://dx.doi.org/10.15408/a.v5i1.7481

Sari, Esti Swatika dan Setyawan Pujiono. (April 2017). Budaya Literasi di Kalangan Mahasiswa FBS UNY. Jurnal Litera. 16 (1).

Tjahjadarmawan, Elizabeth. 2017. Kumpulan Artikel Pendidikan. Yogyakarta:Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544



Copyright (c) 2018 FON



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]