PENERAPAN MODEL KARTU BICARA (TIME TOKEN) DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA MELAPORKAN PERISTIWA SECARA LISAN PADA SISWA KELAS IX MTs NEGERI 5 KUNINGAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Suryat Suryat

Abstract


ABSTRAK: Kemampuan berbicara siswa masih minim. Salah satu faktor penyebab minimnya kemampuan berbicara siswa adalah pemanfaatan strategi mengajar. Guru masih mempunyai pemikiran lama sehingga hasil pembelajaran kurang begitu maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran kartu bicara (time token), mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran berbicara melaporkan peristiwa, dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara siswa setelah menggunakan model kartu bicara (time token). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pretest posttest control group design atau pretest  posttest  kelompok  kontrol.

Kata Kunci :  model pembelajaran kartu bicara (time token), berbicara, berbicara melaporkan peristiwa.

 

THE APPLICATION OF TALK CARD MODEL (TIME TOKEN) IN SPEECH LEARNING IN REPORTING EVENTS ORAL IN CLASS IX STUDENTS OF MTs NEGERI 5 KUNINGAN 2019/2020 Academic Year

 

ABSTRACT: Students' speaking ability is still minimal. One of the factors causing the students' lack of speaking ability is the use of teaching strategies. Teachers still have old thoughts so that the learning outcomes are not optimal. The purpose of this study was to describe the planning of the talking card learning model (time token), describe the implementation of learning to speak to report events, and describe the improvement of students' speaking skills after using the talk card model (time token). The method used was an experimental method with pretest posttest control group design or pretest posttest control group.

Keywords: talking card learning model (time token), speaking, speaking to report events.

ABSTRACT: Students' speaking ability is still minimal. One of the factors causing the students' lack of speaking ability is the use of teaching strategies. Teachers still have old thoughts so that the learning outcomes are not optimal. The purpose of this study was to describe the planning of the talking card learning model (time token), describe the implementation of learning to speak to report events, and describe the improvement of students' speaking skills after using the talk card model (time token). The method used was an experimental method with pretest posttest control group design or pretest posttest control group.

Keywords: talking card learning model (time token), speaking, speaking to report events.

References


Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Intruksional Prinsip dan Prosedur. Bandung: CV. Karya.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

_________________. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsjad, Maidar G., Mukti U.S. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Berdiati, Ika. 2010. Pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Pakem. Bandung: Sega Arsy.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, Nanang., Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama.

Hidayat, Kosadi. Dkk. 1994. Evaluasi Pendidikan dan Penerapan dalam Pengajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Ibrahim, dkk. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA.

Kasbolah. Kasihani 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary School Teacher Development Project). IBRD: LOAN-IND

Kusmana, Suherli. 2012. Guru Bahasa Indonesia Profesional. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.

Nurgana, 1993. Statistika Penelitian. Bandung: CV. Permadi.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Riduwan. 2006. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sagala, Syaeful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Stuart, Cristina. 1992. Berbicara Efektif. Jakarta: Institut PPM dan PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Sudjana. 1989. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

_________. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

_________. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2002. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia

_______. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekata, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning (teori dan aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya.

Trisnawati, I. Y. (2015). PENERAPAN MODEL TIME TOKEN BERBANTUAN AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAKUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VC SDN PURWOYOSO 03 KOTA SEMARANG (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).

Fitri, I. H. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V MI AL-HIDAYAH PEKANBARU (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

ARIYONO, P. (2016). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PURWODADI.

NIKMAH, U. (2013). Penerapan Teknik Time Token dalam Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

Warniwati, W. (2019). Pengaruh model pembelajaran time token terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Islahul Ummah NW Tibu Jorong Lombok Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Mataram).

Musyayati, S. (2015). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI TIME TOKEN BERBASIS FLASHCARD PADA SISWA KELAS IIIB SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 KOTA SEMARANG (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i2.3505



Copyright (c) 2020 FON

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]