ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA MAHASISWA DAN DOSEN PADA UKM KEPROTOKOLAN SERTA DISKUSI DI KELAS

Lilik Herawati

Abstract


ABSTRAK: Bahasa Indonesia merupakan alat pertama, alat utama, dan alat pokok fundamental dalam proses pendidikan. Berbicara tentang pendidikan, erat sekali kaitannya dengan bahasa. Bahasa tanpa penuturnya (mahasiswa dan dosen) tidak akan menghasilkan suatu bahasa, begitupun penutur tanpa bahasanya tidak akan menciptakan suatu bahasa. Karena bahasa memerlukan penutur dengan bunyi bahasanya yang dituturkan. Erat kaitannya dengan pembinaan yang ditujukan kepada orangnya atau penuturnya kemudian pengembangan yang ditunjukan kepada bahasanya. Kedua hal itu saling bertkaitan dan tidak bisa dipisahkan, karena untuk mencetak generasi yang cinta akan bahasa nasional bangsa kita, maka merekalah yang senantiasa meningkatakan mutu pembelajarannya dalam bahasa Indonesia dengan menguasai PUEBI serta melaksanakan Undang-Undang Kebijakan tentang bahasa yang harus kita biasakan bahkan lestarikan. Sehingga Pemerintah harus lebih tegas dan menegakan tentang hukum ketatabahasaan. Supaya mereka dapat saling membina dan mengembangkan bahasa di duplikasi selanjutnya.

KATA KUNCI: Analisis; bahasa; UKM keprotokolan; dan diskusi.

 

ANALYSIS OF THE USE OF STUDENTS AND LECTURERS IN PROTOCOLAN SME AND CLASS DISCUSSION

 

ABSTRACT: Indonesian language is the first tool, the main tool, and the main fundamental tool in the educational process. Talking about education, it is closely related to language. Language without speakers (students and lecturers) will not produce a language, likewise speakers without language will not create a language. Because language requires speakers with the sounds of the language spoken. Closely related to coaching aimed at the person or speaker, then the development shown in the language. These two things are interrelated and cannot be separated, because in order to create a generation that loves our nation's national language, it is they who always improve the quality of their learning in Indonesian by mastering PUEBI and implementing the Policy Law on language that we must get used to and even preserve. So that the Government must be more firm and enforce grammatical law. So that they can foster each other and develop language in the next duplication.

KEYWORDS: Analysis; language; protocol UKM; and discussion.


References


Ahdiyana, M. (2019). Persiapan Menjadi MC. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Alamianti, D., Yudhakusuma, D., & Mukhlisiana, L. (2019). PELAKSANAAN MC DAN KEPROTOKOLAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI. DIALEKTIKA, 6(1), 89-94.

Anita, W. (2011). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.

BAM, S. A., Setiawan, B., & Saddhono, K. (2018). PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA DISKUSI SISWA SMANEGERI 4 SURAKARTA: KAJIAN DENGAN PRINSIP KERJA SAMA GRICE DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR KETERAMPILAN BERBICARA. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(1), 281-301.

Balawa, L. O. (2010). Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Kendari : FKIP Unhalu.

Lukman, P. I. (2017). ANALISIS PELAKSANAAN KODE ETIK PROTOKOL PADA STAF PROTOKOLER HUMAS UNIVERSITAS MULAWARMAN. eJournal Ilmu Komunikasi Volume 5, Nomor 2, 2017 : 189-199.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi

Aksara. H. M., Junaiyah. (2014). Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. Tangerang : PT Pustaka Mandiri.

Julistia, R. (2014). Pola Komunikasi Anggota Korps Protokoler Mahasiswa UNISBA dalam Membangun Reputasi Kampus Studi Kualitatif dengan Pendekatan Studi Kasus Korps Protokoler dalam Membangun Reputasi Kampus Universitas Islam Bandung (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (UNISBA)).

Kosasih, E. (2003). Ketatabahasaan dan Kessusastraan. Bandung : CV Yrama Widya.

Mahsun. (2005). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muslich, M. (2010). Bahasa Indonesia Pada Globalisasi: Kedudukan, Fungsi, Pembinaan dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara

Nasution.2013. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Purnamayani, N. M. D., Sudiara, I. N. S., & Sriasih, S. A. P. (2014). Analisis Kesalahan Bahasa Diskusi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1).

Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i2.3507



Copyright (c) 2020 FON

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]