Pembelajaran Penulisan Kalimat Majemuk dengan Self-learning CD

Yuliana Ambarsari, Maguna Eliastuti

Abstract


Penelitian ini adalah sebagai pengaplikasian sebuah penelitian pengembangan model tentang prototipe media web-based yang kemudian diimplementasikan ke dalam bentuk CD untuk pembelajaran sendiri. Target dari penelitian lanjutan ini adalah untuk membantu peserta didik kelas 11 agar mereka dapat mengembangkan pengetahuan mereka tentang pembentukan kalimat majemuk (bertingkat dan setara) secara mandiri. Dengan CD pembelajaran mandiri ini, diharapkan kemampuan mereka dalam menulis karangan narasi menjadi lebih baik karena mereka mampu menulis kalimat majemuk setara/bertingkat dalam esai narasi yang mereka tulis.

Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan kuasi eksperimen dimana 30 peserta didik dari dua kelas 11 diambil secara acak sebagai sampel. Pre-tes dilakukan dengan meminta peserta didik menulis karangan narasi  dengan tema “Best things in last vacation”, dan pos-tes dilakukan dengan meminta mereka menulis karanga narasi bertema “Bad things in Last vacation.” Setelah pre-tes, peserta didik diberikan CD pelatihan pembentukan kalimat bahasa Inggris selama satu minggu. Post-test dilakukan setelah mereka melakukan pembelajaran mandiri dengan menggunakan CD. Hasil kemudian dinilai dengan menggunakan rubrik penilaian holistik (Brown , 2004, h.242). Hasil dari penghitungan SPSS 22.0 menyatakan bahwa terdapat hasil yang signifikan dari hasil pembelajaran mandiri dengan menggunakan CD pembelajaran Pembentukan Kalimat Majemuk.

References


Brown, C. 2013. Vocabulary Games and Activities. Cambridge: Ucles..

Byrnes, H. and Manchon, R.M et al. (2014). Task-based Language Learning-insights from and for L2 Writing: Task Based Language Teaching. John Benjamin Publishing. Vol 7. Eds. Bygate, M., Noris, J.M., Van den Branden, K. Philadelphia: John Benjamin Publishing Company.

Effendy, A. (2017). Hakikat Keterampilan Menulis. Diunduh 13 Oktober 2017 dari https:/www.kompasiana.com/akipeffendy/hakikat-keterampilan-menulis_55eb183a33311b12dba83af.

Gattegno, Caleb. 1972. Teaching foreign languages in schools: the silent way, 2nd ed. (New York: educational Solution:inc).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Semester 1. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Semester 2. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Semester 1. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Semester 2. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Patil. Y.R. 2014. The Silent way and Two Other mthods of Language Teaching. Online International interdisciplinary research journal {Bi-Monthly}, ISSN2249-9598, Volume-IV, Issue-V, Sept-Oct 2014. Retrieved from oiirj.org/oiirj/blog/2014/09/01/vol-iv-issue-v-sept-oct-2014.

Richards, J.C. and Rodgers, T.S. 1999. Approaches and Methods in Language Teaching. New York: Cambridge University Press.

Sukamto, K.E. & Purwa, B.K. (2016). Oral Narrative and Descriptive Proficiency in Bilingual Children: A Case Study of Javanese-Indonesian Children. Jurnal Ilmiah Masyarakat Indonesia. ISSN 0215-4846. Vol.34 No. 1. Jakarta: MLI.

Sword, Helan. (2012). Stylish Academic Writing. London: Harvard University Press.

Thornbury, S. (2007). How to Teach Grammar. England: Pearson




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v11i2.715



Copyright (c) 2017 FON



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]