IMPLEMENTATION OF THE TEACHER PROFESSIONAL EDUCATION PROGRAM (PPG) FOR ELEMENTARY SCHOOL TEACHER EDUCATION AT UNIVERSITAS KUNINGAN
Abstract
This study evaluates the implementation of the Teacher Professional Education Program (PPG) at Kuningan University with a focus on its role in improving the quality of PGSD teachers. Using qualitative methods, data were collected through literature reviews, questionnaires, and interviews with relevant stakeholders. The results of the study show that PPG succeeds with a high graduation rate; Of the 150 participants, 147 passed the Knowledge Test (UP), 149 passed the Achievement Test (Ukin), and 147 passed the PPG Student Competency Test (UKMPPG). Success factors include effective communication, adequate resources, positive disposition, and smooth bureaucracy. However, this study has limitations, including a limited sample at the University of Kuningan. The conclusion shows that PPG improves the competence of PGSD teachers and recommends a follow-up study to compare the implementation of PPG in various universities. This research contributes to the understanding and management of educational programs in LPTK.
References
REFERENSI
Al Hakim MF, Azis A. Peran guru dan orang tua: Tantangan dan solusi dalam pembelajaran daring pada masa pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities. 2021 Mar 2; 4(1):16-25.
Anggraini H, Haryono SE, Muntomimah S, Wijayanti R, Akbar MR. Strategi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Berbasis Individual Differences. Jurnal Ilmiah Potensia. 2022 Jan 29; 7(1):64-74.
Bagou DY, Suking A. Analisis kompetensi profesional guru. Jambura Journal of Educational Management. 2020 Sep 29:122-30.
Budiana HR, Sjafirah NA, Bakti I. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bagi para guru SMPN 2 Kawali desa Citeureup kabupaten Ciamis. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. 2015; 4(1):59-62.
Fitriani PA, Habibillah DI, Elhas NI, Bukhori I, Qurrohman T. Peningkatan Efektivitas Belajar Santri Dengan Bantuan Fasilitas Meja Belajar Di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Desa Kebonsari Kecamatan Yosowilangun. Pandalungan: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 2024 May 16; 2(2):37-47.
Hanun, Farida. 2021. Implementasi Penyelenggaraan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Islamdi LPTK UIN Serang Banten. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. Vol.19 (3).
Haryani H, Salong A, de Vega N, Januaripin M, Yohana Y, Nelly N, Wote AY, Nurjanah N, Haluti F, Suhirman L, Subaedah S. Profesi Keguruan: Teori & Konsep Profesi Keguruan yang Profesional untuk Menghasilkan Peserta Didik yang Unggul. PT. Sonpedia Publishing Indonesia; 2024 Feb 5.
Kasim M. Pentingnya motivasi dan minat terhadap manajemen kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Jurnal ACADEMICA Fisip Untad VOL. 2011 Oct; 3(02):660.
Lathif MA, Suprapto N. Analisis Persiapan Guru dalam Mempersiapkan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan & Pengajaran (JUPE2). 2023 Jul 29; 1(2):271-9.
Lestari W, Mulianingsih F. Analisis pemahaman kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional pada guru ips di kecamatan bawen kabupaten semarang. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN. 2020 Aug 18; 5(1):60-72.
Mappangara SB, Alwi M, Rosidah R. Otonomi Pelajar Dalam Pembelajaran Daring di Masa Endemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Terapan. 2023 Sep 30:39-54.
Ma'rifah I. Program Pendampingan PPG di UIN Sunan Kalijaga: Langkah Menuju Guru Profesional. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2024 May 28; 4(1):138-50.
Muhajir A. Analisis Kepustakaan tentang Undang-Undang Guru dan Dosen di Lembaga Pendidikan Islam. Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam. 2024 Jul 31; 5(02):123-40.
Mutiaramses M, Neviyarni S, Murni I. Peran guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 2021 Jul 2; 6(1):43-8.
Rafidiyah, D., & Kailani, A. (2020). Identifikasi Potensi Smk Muhammadiyah Sebagai Lembaga Pendidikan Vokasi Yang Berkemajuan: Studi Fenomenologi Terhadap Penerapan Program Revitalisasi SMK Di Indonesia. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 49–66. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1284
Rambitan, V. M. M., & Hardoko, A. (2016). Pengembangan Disain Manajemen untuk Efektifitas Implementasi Pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Daerah Perbatasan Propinsi Kalimantan Timur dan Utara. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 388–398.
Rismasari R, Hasan A. Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru SMP Negeri Kota Payakumbuh. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis. 2021 Nov 28; 1(3):275-90.
Rismawati M, Rafiie SA. Analisis Sarana dan Prasarana Dalam Efektivitas Kerja Pegawai Pada kantor Kecamatan Johan Pahlawan. Journal of Public Service. 2022 Feb 27; 2(1):67-70.
Sulaiman H, Shabrina F, Sumarni S. Tingkat Self Esteem Siswa Kelas XII pada Pembelajaran Matematika Daring. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 2021 May 30; 10(2):189-200.
Tekege M. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa. 2017 Jul; 2(1):40-52.
Tintingon JY, Usoh EJ, Sumual TE. Pengembangan sumber daya pendidik melalui peningkatan kualitas pendidikan profesi guru prajabatan di indonesia. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 2023 Jun 12; 9(1):85-94.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2005).
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).
Wahyuni S, Haryanti N. Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Media Digital. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan. 2024 Jul 27; 7(1):142-54.
Widya Ulfa, S., Suryani Nasution, A., Hasibuan, A. K., Natasya, A., Budiman, B., Azmi, K., & Nasution, M. (2024). Kompetensi Profesional Guru dalam Proses Pembelajaran. 2(4), 24–38. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i4.1128