PENGARUH MODEL PEER TUTORING COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 KASOKANDEL

Pipih Khoeriah, Iman Solahudin

Abstract


Koneksi matematis merupakan kemampuan mengaitkan konsep matematika dengan dengan bidang lain, termasuk hubungannya dengan aktivitas sehari-hari. Pada kenyataannya koneksi matematika siswa cukup lemah. Upaya untuk meningkatkan konektivitas matematis tersebut memerlukan model pembelajaran yang lebih aktif, salah satunya adalah model peer tutoring cooperative learning. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan rata-rata kemampuan koneksi matematis antara kedua kelas. Penelitian menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan Jenis penelitian eksperimen semu yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kasokandel dengan jumlah sampel sebanyak 56 siswa terdiri dari 28 siswa di kelas eksperimen dan 28 siswa di kelas kontrol. Pengumpulan data melalui tes berupa posttest kemudian dilakukan analisis menggunakan uji T. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada penelitian ini kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Kasokandel menunjukkan adanya perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dengan model peer tutoring cooperative learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, hal tersebut terlihat dari nilai sig. sebesar 0,033 < 0,05.

Keywords


Kemampuan Koneksi Matematis, model Peer Tutoring Cooperative Learning

Full Text:

PDF

References


Dewi, P. (2020). Penerapan Peer Tutoring Dilengkapi Handout Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(3). https://doi.org/10.24114/jpp.v8i3.19512

Fadilah, R. R., Adiastuty, N., & Sumarni, S. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Segiempat Ditinjau Dari Self-Regulated Learning. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(1), 17-30.

Hasanah, E. N., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Segiempat Di Smp. JIPMat, 6(1), 85–91. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.7985

Hidayat fahrul, D. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI GENETIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PEER TUTORING. 6(2), 31–41.

Indriani, R., & Sritresna, T. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Efficacy Siswa SMP pada Materi Pola Bilangan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 121–130. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1584

Isnaeni, S., Ansori, A., Akbar, P., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Journal on Education, 1(2), 309–316.

Lesmana, I., Prayitno, A. T., & Sumarni, S. (2017, November). Penerapan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Koneksi Matematis Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1).

Lestari, N., Zakiah, N. E., & Solihah, S. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sma Ditinjau Dari Self-Efficacy. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(1), 93. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6738

Manalu, A. C. S., Septiahani, A., Permaganti, B., Melisari, M., Jumiati, Y., & Hidayat, W. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK Pada Materi Fungsi Kelas XI. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 254–260. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.198

Maryati, I., & Parani, C. E. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(2), 143–156. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v7i2.4253

Nurafni, A., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Confidence Siswa : Studi Kasus Di SMKN 4 Pandeglang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3013

Nurhasanah, L., & Gumiandari, S. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 62–68. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1881

Prasetyo, K. B., Sukestiyarno, Y. L., & Cahyono, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Self- Efficacy Siswa Kelas VII Pokok Bahasan Geometri. PROSNAMPAS (Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana), 2(1), 975–980.

Rumata, L. M., Afandi, A., & Hamid, H. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Cerita Terkait dengan Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(2), 28–35. https://doi.org/10.33387/jpgm.v2i2.4628

Safitri, D. N. (2018). Eksperimentasi Model Pembelajaran Peer-Tutoring Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), 31. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i2.185

Saiful Bakhril Amin, M., & Rachmani Dewi, N. (2020). Unnes Journal of Mathematics Education Research Connected Mathematics Ability Seen from Student Cognitive Style on STAD-Peer Tutoring Learning Model. Ujmer, 9(1), 93–99.

Samsudin, U. (2021). Pendidikan Demokrasi dalam Kurikulum Bermuatan Ideologi pada Institusi Pendidikan Islam. Eduprof : Islamic Education Journal, 2(2), 14–25. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.37

Sebaya, T., Mts, V. I. I., Huda, N., Tahun, T., Sebaya, T., Sebaya, T., Kunci, K., Pembelajaran, M., Sebaya, T., & Matematika, H. B. (2021). Panthera : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains dan Terapan PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Zainal Abidin Program Studi Pendidikan Matematika , Fakultas Sains , Teknik , dan Terapan , Universitas Pendidikan Mandalika ,. 1(1), 19–24.

Sumarni, S. (2016). Tinjauan korelasi antara kemampuan koneksi matematis dan self-regulated learning matematika siswa yang pembelajarannya melalui learning cycle 5E. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 2(1).

Syafri, F. S. (2016). Pemahaman matematika dalam kajian teori APOS (Action, Process, Object, and Schema ). At-Ta’lim, 15(2), 458–477.

Triani, D., Handican, R., & Gina Gunawan, R. (2022). Griya Journal of Mathematics Education and Application Systematic literature review (SLR): pengaruh self-directed learning terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi fungsi eksponensial. Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 589.

Yuniar, F., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Segiempat Berbasis Adobe Flash Cs6 Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 101-112.




DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v10i1.8333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Pipih Khoeriah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

--------------------------------

JES-MAT INDEXING:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.