PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E DENGAN TEKNIK METAKOGNITIF

Runisah Runisah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pencapaian dan peningkatan kemandirian belajar siswa dalam matematika sebagai dampak penggunaan model Learning Cycle 5E dengan Teknik Metakognitif (LCT), Learning Cycle 5E (LC), dan pembelajaran Konvensional (KV). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP di  Indramayu, Indonesia. Sampel berjumlah 173 siswa kelas VIII  yang mewakili satu sekolah level tinggi dan satu sekolah level sedang. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Instrumen yang digunakan berupa skala kemandirian belajar siswa dan lembar observasi.  Dari hasil penelitian disimpulkan: 1) Berdasarkan keseluruhan siswa, tidak terdapat perbedaan pencapaian dan peningkatan kemandirian belajar antara kelompok LCT dan LC, namun pencapaian dan peningkatan kemandirian belajar kelompok LCT dan LC lebih baik dari kelompok KV; 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran (LCT, LC, dan KV) dan level sekolah (tinggi, sedang) terhadap peningkatan kemandirian belajar.

Keywords


kemandirian belajar, Learning Cycle 5E, matematika, teknik metakognitif

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2007). Sikap Manusia (Teori dan Pengukurannya). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bybee, R.W., Taylor, J. A., Gardner, A., Scotter P.V., Powel, J.C., Westbrook, A., & Landes, N. (2006). The BSCS 5E instructional model Origins and effectiveness. Diakses tanggal 2 September 2014 dari http://bscs.org/sites/default/files/_legacy/BSCS_5E_Instructional_Model-Full_Report.pdf.

Camahalan, F. M. G. (2006). Effects of self regulated learning on Mathematics achievement on selected Southeast Asian children. Journal of Instructional Psychology, 33(3), 194-205.

Darr, C & Fisher, J. (2004). Self-regulated learning in Mathematics class. Diakses tanggal 2 April 2015 dari www.arb.nzcer.org.nz/nzcer3/research/Maths/ 2004SRL thinkingmodels.htm.

Ergin, I. (2012). Constructivist approach based 5E model and usability instructional physics. Latin-American Journal of Physics Education, 6(1), 14 – 20. Diakses tangga 2 September 2014 dari http://www.lajpe.org

Gandhi H. & Varma, M. (2010). Strategic content learning approach to promote self-regulated learning in mathematics. Poceedings of epiSTME 3. 119-124 diakses tanggal 7 Juni 2016 dari http://cvs.gnowledge.org/episteme3/ propdfs/19- haneet-verma.pdf

Hargis, J. (2000). The self-regulated learner advantage:learning science on the internet. Electronic Journal of science education, 4(4). Diakses tanggal 8 Mei 2016 dari http://ejse.southwestern.edu/article/view/7637/ 5404.

Leys, C. & Schumann, S. (2010). A nonparametric method to analyze interactions: The adjusted rank transform test. Journal of Experimental Social Psychology, 46(4), 587-700.

Lioe, L.T, Fai, H.K. & Hedberg, J.G. (2006). Students’metacognitive problem solving strategies in solving open-ended problems in pairs. Diakses tanggal 2 Mei 2016 dari http://conference.nie.edu.sg/paper/new converted/aboo 287.pdf.

Marcou A. & George P. (2005). Motivational beliefs, self-regulated learning and mathematical problem solving. Proceedings of the 29th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 297-304.

Meltzer, D.E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: a posible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259-1268.

Mittlefehldt, S & Grotzer, T. (2003). Using metacognition to facilitate the transfer of causal models in learning density and pressure. Presented at the National Association of Research in Science Teaching (NARST) Conference Philadelphia. Diakses tanggal 5 Juni 2016 dari ftp://202.83.110.129/Volume_1/from%202TB/FAC%20FOUND%20STUDIES/FYLHR9~3/Subject%20Components/Grey%20matters/R54ZK1~G/Project%20Zero/www.pz.harvard.edu/Research/UCPpapers/P2NARST03.pdf.

Munandar, U. (2012). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Paris, S. G. & Winograd, P. (2004). The role of self-regulated learning in contextual teaching: Principles and practices for teacher preparation 1[1]. Diakses tanggal 3 Juni 2016 dari http://www.ciera.org/library/archive/200104/ 0104parwin.htm

Ratnaningsih, N. (2007). Pengaruh pembelajaran Konstektual terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik serta kemandirian belajar siswa sekolah menengah atas. (Disertasi). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Runisah. (2015). Kajian kemandirian belajar dalam Matematika siswa SMP di Kabupaten Indramayu. Laporan hasil penelitian. Indramayu: Universitas Wiralodra.

Schraw, G., Crippen, K.J, & Hartley, K. (2006). Promoting self-regulation in Science education: Metacognition as part of a broader perspective on learning. Research in Science Education, 36(1), 111–139.

Toit, S.D., & Kotze, G. (2009). Metacognitive strategies in the teaching and learning of Mathematics. Pythagoras, 70, 57-67. Diakses tanggal 2 Mei 2016 dari www.pythagoras.org.za/index.php/pythagoras/article/download/39/30

Tuna, A & Kacar, A. (2013). The effect of 5E Learning Cycle model in teaching Trigonometry on students’ academic achievement and the permanence of their knowledge. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4(1), 73-87.

Wolters, C. A., Pintrich. P.R., & Karabenick, S.A. (2003). Assessing academic self-regulated learning. Diakses tanggal 2 Mei 2016 dari http://www.childtrends.org/wp-content/uploads/2013/05/ Child_Trends2003_03_12_PD_PDConfWPK.pdf

Yumiati. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir aljabar, berpikir kritis matematis, dan self-regulated learning siswa SMP melalui pembelajaran CORE (connecting, organizing, reflecting, extending). (Disertasi). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung




DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i1.906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

--------------------------------

JES-MAT INDEXING:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.