Main Article Content

Abstract

Paradigma pendidikan sains sudah mengalami perkembangan dalam proses pembelajaran salah satunya kemampuan penalaran dan keterampilan berargumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran dan kualitas argumentasi siswa pada konsep sistem pencernaan. Metode penelitian yang digunakan quasi eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian secara umum siswa pada kelas eksperimen memiliki kemampuan penalaran dan kualitas argumentasi memiliki korelasi positif yaitu 0,614. Sebagian besar kualitas argumentasi siswa memiliki rata- rata skor 1,37 yang berarti kualitas argumentasi siswa berada pada level 1 sampai dengan 2, hal ini disebabkan karena siswa hanya dapat memecahkan masalah dasar dan belum dapat mengemukakan argumentasi yang baik secara tertulis. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran Blended Learning berbasis PBL dapat melatih kemampuan penalaran siswa pada indikator seeing analogy, qualification, structure analysis, dan classification namun belum dapat mengemukakan argumentasi yang baik secara tertulis

Keywords: Blended Learning; PBL; Penalaran; Argumentasi

Article Details

How to Cite
Astuti, T. P., Sulistyono, S., & Hindriana, A. F. (2019). Pembelajaran Blended Learning Berbasis PBL Untuk Meningkatkan Penalaran Dan Kualitas Argumentasi Siswa. Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu Dan Pendidikan Biologi, 6(1), 68-74. https://doi.org/10.25134/edubiologica.v6i1.2364

References

  1. Adriani Mira, Adi Rahmat, Topik Hidayat. 2015. Kemampuan Penalaran Siswa SMA Pada Pembelajaran Klasifikasi Tumbuhan Dengan Dan Tanpa Praktikum Virtual. Media.neliti.Com. Diakses tanggal 29 Desember 2017
  2. Ariffudin Muhammad, Mastuang, dan Andi Ichsan Mahardika. 2017. Improving Problem Solving Skills In Physics Through Argumentation Strategy In Direct Instruction Model. Gssrr.org > Journal. Diakses tanggal 01 Februari 2018
  3. Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar – dasar evaluasi pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara
  4. Banyen W, C. Viriyavejakul dan T. Ratanaolarn .2016. A Blended Learning Model for Learning Achievement Enhancement of Thai Undergraduate Students . online- journal.org> i-jet. Diakses tanggal 09 Oktober 2017
  5. Busyaeri Akhmad, Udin Tamsik, Zaenuddin A. 2016. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida Vol.3 No.1
  6. Campbell A.Neil, Jane B. Reece, Lisa A. Urry, Michael L.Cain, Steven A. Wasserman, Peter V Minorsky, Robert B. Jackson. 2010. Biologi Edisi Kedelapan Jilid 3. Jakarta : Erlangga
  7. Costa,L,Arthur. 1985. Developing Minds a Resource Book For Teaching Thinking. ASCD : California
  8. Dominic. 2017. Taking Social Media to a University Classroom: Teaching and Learning Using Twitter and Blogs. Educational technology journal.springeropen.com. Diakses tanggal 03 Februari 2018
  9. Erduran Sibel, Yasemin Ozdem, dan Jee-Young Park. 2015. Research Trends on Argumentation in Science Education : a Journal Content Analysis From 1998- 2014. https: // link.Springer.com. Diakses tanggal 05 Februari 2018
  10. Erduran,S.,& Dagher,Z.(2008).Exemplary teaching of argumentation : A case study of two middle school science teacher.In R, Pinto.& D. Couso (Eds). Contribution of science Education research. Dordrecth. The Netherland : Springer
  11. Giannakos N.Michail, Chorianopoulus Konstantinos, Ronchetti Marco, Szegedi Peter, Teasley.D. Stephanie. 2014. Video- Based Learning and Open Online Courses: i-JET-volume 9, Issue 1. Diakses tanggal 17 April 2018
  12. Hepatitis. https :// wikipedia.org.wiki. Diakses tanggal 15 November 2017
  13. Hermawanto, Kusairi.S, Wartono. 2013. Pengaruh Blended Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 9 (2013) 67-76.
  14. Karmana Oman. 2013. Biologi untuk kelas XI Sekolah Menengah Atas. Bandung : Grafindo Media Pratama
  15. Keraf, Gorys. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
  16. Komala Riani Tita, Ilah Nurlaelah, dan Ina Setiawati. 2017. Peningkatan kemampuan penalaran siswa melalui model Problem based learning (pbl) ditinjau dari kemampuan akademi Di SMA. Quagga Volume 9 No.1
  17. Kose Utku dan Omer Deperlioglu. 2012. Intelligent Learning Environments Within Blended Learning for Ensuring Effective C Proramming Course. International Journal of Artificial Intelligence & Applications (IJAIA), Vol.3, No.1 . https:// arxiv.org.
  18. Mas Fadilah. 2014. Resume Belajar dan Pembelajaran Blended Learning. Resume Blended Learning. www.academia.edu
  19. Nugraha, Endi. 1985. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Permadi
  20. Palikat Nicholas Cynthia dan Paul Gruba. 2017. Evaluation The Sustainability of Tablet Devices Blended Learning. 2017conference.ascility.org. Diakses tanggal 01 Februari 2018
  21. Peringkat Indonesia dalam PISA 2015. https:// www.oecd.org>pisa. Diakses tanggal 25 Oktober 2017
  22. Prabowo Tri Hengki. 2014. Implementasi model pembelajaran blended learning untuk meningkatkan aktivitas belajar multimedia siswa kelas xi multimedia 1 smk muhammadiyah 2 klaten utara tahun ajaran 2013/2014. Eprints.UNY.ac.id. Diakses tanggal 11 Oktober 2017
  23. Pratiwi A.D, Sri Maryati, Srikini, Suharno, Bambang.S,. 2007. Biologi SMA Kelas XI. Jakarta : Erlangga
  24. Pribadi.A. Benny. 2017. Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta : Kencana
  25. Puji Astuti Tiwi. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL) Berbasis Kerangka Instruksional Marzano Terhadap Kualitas Argumentasi Siswa Pada Konsep Animalia di Kelas X SMA Negeri 2 Kuningan. Skripsi FKIP UNIKU : Tidak diterbitkan.
  26. Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip – prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya offset
  27. Rohim Fathur. 2012. Pembelajaran Biologi Siklus Belajar Hipotetik Deduktif Dengan Media Riil dan Virtuiil Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Analitis dan Gaya Belajar Siswa. Perpustakaan.uns.ac.id. https ://digilib.uns.ac.id. Diakses tanggal 9 Oktober 2017
  28. Rusmono. 2012. Strategi pembelajaran dengan problem based learning itu perlu. Bogor: Ghalia Indonesia
  29. Sjukur.B. Sulihin, 2012. Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi Vol.2 Nomor 3.
  30. Soekisno Aryan Bambang, Yaya S. Kusumah, Jozua Sabandar, dan Darhim. 2015. Using Problem Based Learning to Improve College Students Mathematical Argumentation Skills. International Journal of Contemporary Educational Research (IJCER) Volume 2, Nomor 2. Www.Ijcer. net. Diakses tanggal 01 Februari 2018
  31. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
  32. Sugiyono.2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
  33. Sutisna Anan. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar. PPS.UNJ.ac.id. Diakses tanggal 11 Oktober 2017
  34. Syandri Guzmaizal.2015. A Case Study in the Used of Visual Media in English Instructional Process at State Islamic Secondary School 1 Malang : IOSR Journal of Research & Method in Education ( IOSR- JRME) Volume 5, Issue 4. Diakses tanggal 17 April 2018
  35. Triyanto Agus Samuel, Herawati Susilo, dan Fatchur Rohman., 2016. Penerapan Blended- Problem Based Learning dalam pembelajaran Biologi. Journal.um.ac.id. Diakses tanggal 27 Januari 2018
  36. Tuomainen satu. 2016. A Blended Learning Approach to Academic Writing and Presentation Skills. Diakses tanggal 06 November 2017
  37. Wang Zhaogang. 2015. An Analysis on the Use of Video Materials in College nglish Teaching in China: International Journal of English Language Teaching. Diakses tanggal 17 April 2018
  38. Weruin.U. Urbanus. 2017. Logika, penalaran, argumentasi. https:// media.neliti.com. Diakses tanggal 18 Februari 2018
  39. Yatim Wildan. 1996. Biologi. Bandung : Tarsit
  40. Yeen – Ju Tan Heidi, Neo Mai, dan Bhawani Selvaretnam. 2015. Enhancing Problem Solving Skills in an Authentic Blended Learning Environment : A Malaysian context. Www. Ijet.org. Diakses tanggal 27 Januari 2018
  41. Yuliyanti Indra. 2015. Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Ilmiah, dan Penguasaan Konsep Materi Pencemaran Lingkungan. Tesis Jurusan Pendidikan Biologi UNIKU. Kuningan :SPs UNIKU
  42. Yunus MD. Melor, Hadi salehi, dan Dexter sigan anak john. 2013. Using Visual Aids As a Motivation Tool in Enhancing Students’ Interest in Reading Literary Texts. Https:// arxiv.org. Diakses tanggal 01 Februari 2018
  43. Zubaidah Siti, Susriyati Mahanal, Lia Yuliati, I Wayan Dasna, Ardian.A Pangestuti, Dyne.R Puspitasari, Hamim T. Mahfudhillah, Alifa Robitah, Zenia.L. Kurniawati, Fatia Rosida, dan Mar’atus Sholihah. 2017. Kelas 08 SMP Ilmu Pengetahuan Alam IPA Siswa 2017-Buku Sekolah. https://bsd.pendidikan.id. Diakses tanggak 09 Februari 2018
  44. ______. 2017. Hepatitis B. https:id.m.wikipedia. Diakses tanggal 02 Maret 2018

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>