Implementasi Penggunaan Model Project Based Learning (PJBL) Dalam Pembuatan Pestisida Organik Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa

Danang Margono, Asep Ginanjar Arip, Anna Fitri Hindriana

Abstract


Research   objectives   analyze   the   feasibility,   increase   creativity,   learning outcomes and student responses to project based learning (PjBL) learning models in making organic pesticides.  The results of the study was found that: The PjBL model of making  organic  pesticides  can  develop  students'  creativity.  The  results  of  the significance hypothesis test 0,004<0.05, the initial hypothesis (Ho) is rejected, meaning that there is a difference in the average creativity of students between the experimental class and the control class. The results of the hypothesis test of learning outcomes obtained sig values. 0,000 <0,05 then the initial hypothesis (Ho) is rejected indicating that there are differences in cognitive learning outcomes between the experimental class and the control class

Keywords: Project Based Learning (PjBL); Pestisida Organik; Kreativitas


Full Text:

PDF

References


Afriana, J. (2015). Project Based Learning (PjBL) . Makalah Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Anshori, M & Iswati S. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya : Airlangga University Press (AUP).

Arikunto, S. (2005). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bagheri, M., Ali, W.ZW., Chong, M., & Daud, S.M. 2013. Effects of Project-Based Learning Strategy on Self directed Learning Skills of Educational Technology Students. Journal of Contemporary Educational Technology, 4(1): 15-29.

BNSP. (2006). Kurikulum 2006 Silabus KTSP Mata Pelajaran Fisika Kelas X. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Depdiknas.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: P2TK Dikmen. Depdiknas, (2008). Kriteria dan Indikator Keberhasilan Pembelaran. Jakarta. Djamarah, SB. (2002). Strategi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitranty A, Wirandana E. (2016). Pengaruh Self-Efficacy Guru Dan Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 3 (2), 2016, 158-165.

Hindriana FA. (2016) . The Development of Biology Practicum Learning based on Vee Diagram for Reducing Student Cognitive Load. Journal of Education, Teaching and Learning Volume 1 Number 2. JETL.

Husamah, (2015). Blended Project Based Learning: Metacognitive Awareness of Biology Education New Students. Journal of Education and Learning. Vol. 9(4)pp. 274-281.

Jagantara, Wirasana IM,dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Volume 4 Tahun 2014)

Kardiman, (2004). Pestisida Nabati, Penebar Swadaya. Jakarta

KBBI. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kemendikbud. (2013). Buku Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Kurikulum.

Kemendikbud. (2014). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII. Jakarta: Badan Pengembangan Kurikulum.

Khodijah, N. (2006). Psikologi Belajar. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.

Kristanti, YD. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Di SMA Program Studi PendidikanFisika FKIP Universitas Jember

Liliasari, (2013). “The Development of generic science skillsof enhance students critical thinking ability”. Makalah diseminarkan pada Joiny UITM 2011. Bandung: UPI.

Nurkancana, & Sunartana, S. (1992). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Makmur A. (2015). Efektifitas Penggunaan Metode Base Method Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP N 10 Padang Sidimpuan. Jurnal EduTech Vol .1 No 1 Maret 2015. ISSN : 2442 -6024.e-ISSN : 2442-7063

Mandasari E. (2015). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas V. Artikel Penelitian. Pontianak

Maxwell. (2004). Berpikir lain dari yang biasanya (thinking for change). Batam: Karisma Press

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. Munandar, U. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan. Jakarta: Gramedia.

Munandar, U.( 2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Murtado, (2015). Efektivitas LKS Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Di SMPN 3 Brebes”. Tesis. UNNES Semarang.

Ngalimun. (2013). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Nizam. (2015). Ringkasan Hasil-hasil Asesmen Belajar dari Hasil UN, PISA, TMS dan INAP. Pusat Penailaian Pendidikan badan Penenlitian dan Pengembangan.

Kemendikbud, Permendikbud.(2014).Lampiran Permendikbud Nomor 103 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta:

Kemendikbud. Permendikbud. (2014). Lampiran Permendikbud Nomor 104 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik. Jakarta: Kemendikbud.

Paian T, dkk. (2017). The Effect of Project Based Learning Model for Students’ Creative Thinking Skills and Problem Solving. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) e-ISSN: 2320–7388,p-ISSN: 2320–737X Volume 7, Issue 5 Ver. II (Sep. – Oct. 2017), PP 67-70. www.iosrjournals.org

Permadi I MA, Murti,R. (2009). Dampak Pencemaran Lingkungan Akibat Limbah Dan Upaya Penanggulangannya Di Kota Denpasar . Jurnal.

Pratama H, Prastyaningrum I. (2016). Effect Of Project Based Learning With Microhydro Power Plants Media On Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA)-UNESA

Putra T, Tridaya, dkk. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Padang. Vol. 1 No. 1 (2012) : Jurnal Pendidikan Matematika, Part 3 : Hal. 22-26

Rais, M. (2010). PROJECT-BASED LEARNING: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft skills. Makalah Pendamping dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya 11 Desember 2010

Richardo R; Mardiyana, Saputro SDR. (2014). Tingkat Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas IX MTS Negeri Plupuh Kabupaten Sragen Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/ 2014). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685 Vol.2, No.2, hal 141 - 151 , April 2014

Rohana SR. (2016). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Penguasaan Konsep Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. UPI :Bandung

Sari, Dk, A. Permanasari. M. T. Supriyanti. (2017) Profile Of Students’ Creative Thinking Skills On Quantitative Project-Based Protein Testing. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia . Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Index.Php/Jpii.

Semiawan, R.C. (2009). Kreativitas, Keberbakatan: Mengapa, Apa dan Bagaimana.. PT Indeks.Jakarta.

Siswono TYE. (2009). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik Melalui Pengajuan Masalah”. Laporan Penelitian. Jurusan Matematika FMIPA UNESA.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor -Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Bisnis, Edisi 1. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suherman, Herman et all. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Jurusan Pendidikan Matematika fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: Universitas Pendidikan Matematika Indonesia.

Sukmadinata. (2006). Pengembangan Kurikulum–Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suprihatin, Isnaeni W, Christijanti W. (2014). Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Discovery Learning. Unnes Journal of Biology Education. Volume 3(3).

Suratno, T., Dharma, A., & Desiree. (2007). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Makalah. Semiloka Program Adopt a Teacher at Teacher Institute Sampoerna Foundation. Jakarta, 2 Februari 2008.

Susantini E, Isnawati, Lisdiana L. (2016) Effectiveness Of Genetics Student Worksheet To Improve Creative Thinking Skills Of Teacher Candidate Students. Article Journal of Science Education.

Tenri, P (2016). A Separation Index And Fit Items Of Creative Thinking Skills Assessmen. Research and Evaluation in Education Volume 2, Number 1, June 2016 (pages 1-12) .Available online at: http://journal.uny .ac.id/index. php/reid

Toharudin, U. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humanior

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: PT. Bumi Aksar.

Triani W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Kependidikan Universitas Lampung

Wahidin, (2006). Metode Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Sangg

Buana Wardhana, WA, (1995). Dampak Pencemaran Lingkungan,Yogyakarta: Andi Offset.

Wekesa, Wafula N, Ongunya, Odhiambo R. (2016). Project Based Learning on Students’ Performance in the Concept of Classification of Organisms Among Secondary Schools in Kenya. Journal of Education and Practice. Vol 7 No. 16. Masinde Muliro University of Science and Technology.

Kenya Wena M, (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jkarta: Bumi Aksara.

Widodo W. (2016). Ilmu Pengetahuan Alam. Kemendikbud. Jakarta

Zubaidah S., dkk. (2017) .Improving Creative Thinking Skills of Students through Differentiated Science Inquiry Integrated with Mind Map . Journal Of Turkish Science Education Volume 14, Issue 4, December 2017.

Sani, Ridwan Abdullah, 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.

Waras, Kamdi. (2008). PBL: Belajar dan pembelajaran dalam konteks kerja. Jurnal Gentengkali Vol. 3No. 3. Hlm. 11-15




DOI: https://doi.org/10.25134/edubiologica.v6i2.2366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Organized by the Department Master of Biology Education, Graduate School, the University of Kuningan
ISSN 2355-2352 (print)
Alamat : Jl. Pramuka No. 67 Kuningan 45512, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : (1232) 878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/edubiologica

Email : [email protected]

Creative Commons License

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License