PELATIHAN ANGKAT BEBAN DAN KEAMANAN, KESEHATAN, DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DI PERUM PERHUTANI KESATUAN PEMANGKUAN HUTAN (KPH) TASIKMALAYA

Nina Herlina, Iing Nasihin, Nurdin Nurdin, Bambang Yudayana, Agus Prianto

Abstract


The wood harvesting activity is one of the activities that is quite heavy and creates a lot of risk of work accidents. The Tasikmalaya Forest Management Unit  seeks to improve the quality of its workers by carrying out weightlifting and K3 training activities with the aim of being able to provide great benefits in understanding how to lift weights and K3. This activity was carried out at the Tasikmalaya KPH Urug TPK which is part of the Tasikmalaya Forest Management Unit . The activity was held on September 1, 2020 with a total of 20 training participants. The method used is to provide training in the form of indoor material on the method of lifting weights and the importance of K3, then continued with the implementation of practice in the field. minimize the risk of work accidents.

Kegiatan pemanenan kayu merupakan salah satu kegiatan yang cukup berat dan banyak menimbulkan resiko kecelakaan kerja. Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya berupaya untuk meningkatkan kualitas pekerjanya dengan melaksanakan kegiatan pelatihan angkat beban dan K3 dengan tujuan dapat memberikan manfaat yang besar dalam memahami cara angkat beban dan K3. Kegiatan ini dilakukan di TPK Urug  KPH Tasikmalaya merupakan bagian dari  Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Tasikmalaya. Kegiatan dilaksanakan pada Tanggal 1 September 2020 dengan jumlah peserta pelatihan sebanyak 20 orang. Metode yang dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan berupa materi dalam ruangan tentang metode angkat beban dan pentingnya K3,  kemudian dilanjutkan pelaksanan praktek di lapanganAdanya pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan ini mendapat respon yang baik dari peserta sehingga dapat menambah pengetahuan tentang metode angkat beban dan memahami SOP K3 serta dapat meminimalisir resiko kecelakaan kerja.


Full Text:

PDF

References


Gani, S. 1992. Ketenagakerjaan dan Keselamatan Kerja. Fakultas Kehutanan. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Idris, M.M. dan Soenarto. 2015. Unjuk Kerja Teknik Penyaradan Kayu Dengan Metode Tree Length Logging Pada Hutan Alam Lahan Kering. Jurnal Peneltian Hasil Hutan. 32(2):153-166.

Santoso, G. 2004. Manajeman K3. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Simanullang, A.S (2009). Analisis Biaya Penebangan, Penyaradan, Muat Bongkar Dan Pengangkutan Logs Pada Alat Yang Beroperasi Di Areal IUPHHK PT Bina Balantak Utama Distrik Pantai Barat Kabupaten Sarmi. Skripsi. Fakultas Kehutanan, Universitas Negeri Papua.

Sutrisno dan Ruswandi. 2007. Prosedur Keamanan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Yudistira, Sukabumi.

Suhartana, S dan Yuniawati. 2011. Tingkat Pemahaman Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Kegiatan Pemanenan Kayu Jati di KPH Cianjur. Jurnal Penelitian Hasil Hutan. 29(01):46-56.




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v3i02.3475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0