Analysis of Roman Inggarden in Joko Pinurbo's Cyber Literature as Teaching Material for Writing Contextual-Based Poetry
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anindita, K. A., Satoto, S., & Sumarlam. (2017). Diction in Poetry Anthology Surat Kopi by Joko Pinurbo as A Poetry Writing Teaching Material. International Journal of Active Learning, 2(1), 39–49. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal
Budiastuti, W. (2013). Peningkatan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya.
Endarwati, T. (2018). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SDN SOKASARI. BASIC EDUCATION.
Fatimah, Dede Siti, Siti Halimah Sadiah, R. B. P. (2019). Analisis Makna Pada Puisi “Kamus Kecil” Karya Joko Pinorbo Menggunakan Pendekatan Semiotika. Pendidikan Dan Bahasa Sastra Indoneisa.
Handiwiguna, R., Mila, F. H., & Firmansyah, D. (2018). Pembelajaran Menganalisis Menulis Puisi dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Imajinatif. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(4), 577–584. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/955
Hidayat, A. (2019). REPRESENTASI CERITA KARNADI ANEMER BANGKONG SEBAGAI IDENTITAS MASYARAKAT SUNDA. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v15i2.2163
Kertayasa, I. W., Suandi, I. N., & Utama, I. D. G. B. (2019). Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas X Mia 2 Sma N 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20618
Maulidiyah, M., Arfiyanti, R., & Mudopar, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dengan Menggunakan Media Facebook dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa SMP. Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.33603/deiksis.v5i2.1162
Mawardi, A. B. (2018). KOMODIFIKASI SASTRA CYBER WATTPAD PADA PENERBIT INDIE Arif. Sabda, 13(1), 77–82.
Pebriana, P. H. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan. https://doi.org/10.26858/publikan.v7i2.3144
Pinurbo, J. (2020a). di Rumah Sakit. Republika. https://republika.co.id/berita/q98j87284/joko-pinurbo-buat-puisi-soal-perjuangan-lawan-corona
Pinurbo, J. (2020b). Elegi. Detik. https://20.detik.com/e-flash/20200905-200905074/puisi-joko-pinurbo-untuk-tenaga-medis-yang-gugur-karena-covid-19
Pinurbo, J. (2020c, April 23). Maut Tersenyum. Republika. https://republika.co.id/berita/q98j87284/joko-pinurbo-buat-puisi-soal-perjuangan-lawan-corona
Pradopo, R. D. (2011). Prinsip-prinsik Kritik Sastra Teori dan Penerapannya. Gajah Mada University Press.
Pradopo, R. D. (2014). Pengkajian Puisi. Gajah Mada University Press.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kretif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press.
Solihah, L. (2018). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SD NEGERI RANCALOA KOTA BANDUNG. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.708
Sucipta, M. D. (2019). PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERINSPIRASI ALAM PEDESAAN PADA SISWA KELAS V SD MAHARDIKA …. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa
Sugiarti, S. (2014). Estetika Pada Novel Geni Jora Karya Abidah El Khalieqy. ATAVISME. https://doi.org/10.24257/atavisme.v17i2.6.134-147
Suntini, S. (2017). ANALISIS WACANA KRITIS PADA NOVEL �PEREMPUAN DI TITIK NOL� KARYA NAWAL EL SAADAWI DITINJAU DARI TOKOH DAN PERWATAKAN, KONFLIK SERTA AMANAT. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v11i2.716
Yapi Taum, Y. (2016). Kegelisahan Eksistensial Joko Pinurbo: Sebuah Tanggapan Pembaca. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 5(2), 23. https://doi.org/10.26499/jentera.v5i2.364
DOI: https://doi.org/10.25134/ijete.v3i2.7016
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Elementary Teachers Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.