Optimalisasi Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan dan Ikatan Emosional meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Wely Hadi Gunawan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Ikatan Emosional meningkatkan Loyalitas Pelanggan dengan Aplikasi Media Sosial Sebagai Media Promosi Cirebon Bribin. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kualitatif berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi. Populasi yang akan digunakan oleh peneliti adalah pemilik usaha/Bisnis di kota Cirebon yang sesuai dengan tujuan dan manfaat penelitian. Jumlah informan pada penelitian ini berjumlah 8 orang pemilik usaha dan bisnis di Cirebon. Sampel yang akan didapatkan dengan menggunakan Teknik purposive sampling dimana pengambilan sampel/informan yang didasarkan pada pertimbangan tertentu sesuai dengan tujuan dan manfaat penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan media promosi Cirebon bribin dalam mendukung kualitas pelayanan yang sangat baik, citra perusahaan baik dapat menciptakan ikatan emosional sehingga menciptakan kepuasaan pelanggan serta meningkatkan loyalitas pelanggan. Hal ini meningkatkan kemajuan teknologi dengan adanya media patner dan media sosial, sangat membantu untuk penjualan, meningkatakan keuntungan pemilik usaha yang ada di kota Cirebon, Pemilik usaha atau bisnis di kota Cirebon sangat terbantu dalam mepromosikan produk atau jasa  pasarkan dengan adanya pemasaran digital memberikan hasil yang sama pada pertanyaan mereka mengetahui usaha bisnis  ini dari digital marketing. Alasan masyarakat Cirebon atau pemilik usaha/bisnis menggunakan  media promosi Cirebon bribin dikarenakan mempunyai posisi media promosi dan media partner diurutan pertama, pengaruh efek dari promosi melalui pemasaran digital ,produk/jasa selanjutnya akan berkunjung kembali dikarenakan masyarakat  sudah percaya terhadap Cirebon bribin yang memiliki citra perusahaan dari toko online yang baik dengan desain yang ditawarkan pada Cirebon bribin untuk mempromosikan sebuah merek media digitial begitu baik membuat masyarakat  untuk berkunjung kembali dan Cirebon bribin ini selalu berinovasi dengan desain yang lebih menarik  baik foto dan video sehinga membuat  pengguna untuk selalu berkunjung kembali.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bressolles, Gregory and Durrieu Francois. 2011. Service Quality, Customer Value And Satisfaction Relationship Revisited For Online Wine Websites. AWBR International Conference 9 – 10 June 2011. Bordeaux Management School – BEM – France.Fandy, Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa. Andi : Yogyakarta

Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw- Hill

Companies

(https://id.beritasatu.com/home/2019-pengguna-internet-tembus-175-juta/184148 )

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc

Lovelock, C., Wirtz, J., dan Mussry, J. 2010. Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia : Jilid 2. Alih bahasa : Dian Wulandari, Devri Barnadi Putera. Jakarta : Erlangga. (Edisi ketujuh)

Neti, S. (2011). Social media and its role in marketing, International Journal of Enterprise

Computing and Business Systems, 1 (2): 1-16.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuanitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Vanessa, Gaffar. (2007). Customer Relationship Management and Marketing Public Relations. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.25134/ijsm.v2i2.1966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Strategic Managementis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats