ANALISIS PERAN PT. PNM SEBAGAI LEMBAGA PEMBIAYAAN DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN DAN PERTUMBUHAN UMKM DI KECAMATAN BUMI AGUNG

Dyla Esa Baroka, Mita Helmita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran serta pemanfaatan modal usaha mikro yang di berikan oleh PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar bagi nasabah di Kecamatan Bumi Agung. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai juli dimulai dari obervasi sampai penelitian, dan objek penelitian yaitu di Kecamatan Bumi Agung. Populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar di Kecamatan Bumi Agung dengan jumlah keseluruhan 375 nasabah. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari populasi yang diteliti yaitu 10 nasabah. Instrumen yang digunakan peneliti untuk memperoleh informasi atau data dari sumber wawancara, dan catatan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh di analisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelakan bahwa PT. Permodalan Naional Madani (PNM) Mekaar sangat berperan penting dan memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya Pelaku UMKM Di kecamatan Bumi Agung dalam mengembangkan usahanya. Dengan bantuan modal usaha tersebut digunakan secara efektif, baik untuk memulai usaha baru maupun mengembangkan usaha mereka


Full Text:

PDF

References


Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2015). Fundamentals of Financial Management, concise 8th edition. Mason, OH: South-Western, Cengage Learning.

Wiharno, H., Komarudin, M. N., Saepudin, S. E. A., & Maulana, Y. (2021). Manajamen Keuangan. Lakeisha.

Maulana, Y., Masruroh, R., Lestari, E. A., & Putri, S. F. K. (2024). Pelatihan Manajemen Keuangan Umkm dan Bumdes Desa Padamatang. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1098-1103.

Purba, M.Y. (2019). Peran Lembaga pembiayaan Dalam mendukung pengembangan dan pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Tambunan, T.(2018).Klasifikasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengag (UMKM) di indonesia: Konsep, Kerangka Operasional, dan Dampaknya. Kajian Ekonomi dan Keuangan.

Tambunan, Tulus, (2018). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia:isu-isu, Jakarta.

Tambunan, T. (2018). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dalam Perekonomian Nasional. Journal of Indonesia Economy and Business

Soekanto, S.(2016). Teori Peranan. Jakarta. Bumi Aksara

http://www.pnm.ac.id

https://kbbi.web.id/peran




DOI: https://doi.org/10.25134/ijsm.v7i1.8710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Strategic Managementis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats