IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) OPERASIONAL PADA PENJUALAN DI LANCAR MULYA PS

Bayu Anugrah

Abstract


ABSTRAK

 

Lancar Mulya PS merupakan agen penjualan sembako yang berada di Desa Sukarasa Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan yang sudah maju. Lancar Mulya PS sudah memiliki banyak customer yang tidak hanya di wilayah desa sukarasa,  Lancar Mulya PS memiliki customer dari desa-desa lain bahkan kecamatan lain, misalnya kecamatan selajambe, kecamatan cikijing, dan lain lain. Pada saat ini, Lancar Mulya PS dalam melakukan pencatatan transaksi masih manual yaitu dicatat dalam buku besar sehingga terkadang terjadi kesalahan dalam pelaporan penjualan yang disebabkan karena human error. Selain itu, penjualan di Lancar Mulya PS masih dilakukan secara face to face  yaitu dengan berkunjung langsung ke toko dan seminggu sekali mendatangi desa-desa sesuai dengan jadwal yang ada di Lancar Mulya PS. Dengan begitu, penjualan di Lancar Mulya PS menjadi terbatas. Selain itu, Lancar Mulya PS belum memiliki sebuah sistem yang dapat meningkatkan hubungan dengan para customer sehingga belum dapat memberikan pelayanan yang lebih baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan CRM operasional yang dapat memfasilitasi pelayanan kepada konsumen. Pada penelitian ini dibuat sistem yang mengimplementasikan CRM operasional untuk membantu pemilik Lancar Mulya PS dalam penjualan dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada customer bahkan bisa menarik customer lain. CRM operasional dikenal sebagai front office perusahaan. Adapun fitur CRM operasional yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah fitur bonus, pengelolaan data pelanggan, informasi toko dan pelayanan pemesanan secara online. Sistem terlebih dahulu dirancang dengan membuat diagram konteks, Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD) dan membuat relasi antar tabel. Selanjutnya hasil dari perancangan tersebut diimplementasikan menjadi sebuah sistem menggunakan bahasa pemrogaman PHP dan database MySQL. Hasil akhir dari implementasi tersebut adalah aplikasi berbasis web. Aplikasi akan memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam melakukan pemesanan barang. Aplikasi ini akan membantu manajemen dalam mengatur sistem pemesanan yang diterapkan di perusahaan, terutama pada aspek pelayanan informasi pada pelanggan. Aplikasi ini akan mengurangi terjadinya kesalahan-kesalahan dalam memberikan informasi lengkap mengenai pelayanan penjualan. Aplikasi merupakan sistem informasi berbasis web yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Sistem akan membantu pengelolaan data pelanggan dengan efektif dan efisien.

 

 

Kata Kunci      : Lancar Mulya PS, Customer Relationship Management, operasional, Sistem informasi

References


DAFTAR PUSTAKA

A. S., Rosa dan Shalahuddin, M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Informatika. Bandung.

A.S Rosa dan Salahuddin M, 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Modula, Bandung.

Abdul Kadir, 2007, Pengenalan Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta.

Abdul Kadir.2009. Membuat Aplikasi Web dengan PHP + Database MySQL. Andi. Yogyakarta

Abdulloh, Rohi. 2015. Web Programming is Easy. Jakarta: Elec Media Komputindo.

Agus Saputra. 2012. Membuat Aplikasi Absensi Dan Kuesioner untuk Panduan Skripsi. PT. Elex Media Koputindo. Jakarta

Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. PT Transmedia. Jakarta

Arief M Rudianto. 2011. Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. C.V ANDI OFFSET. Yogyakarta.

Arief Sugiono, Yanuar Nanok Soenarno, Synthia Madya Kusumawati. (2010). Akuntansi dan pelaporan keuangan: untuk bisnis skala kecil dan menengah. Grasindo. Jakarta.

Bahra, Al bin Ladjamudin. 2006. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Bentley, Lonnie D dan Whitten, Jeffrey L. (2007). Systems Analysis and Design for the Global Enterprise, 7th Edition, International Edition. McGrawHill, New York.

Budi Sutedjo Dharma Oetomo. 2006. Perencanaan da Pembangunan Sistem Informasi, Yogyakarta.

Buttle, Francis. 2007. Customer relationship Management Concept and Tools. Elsevier Ltd.

Carissa, Anastasha Onna. Dkk. 2014, “Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan”. Jurnal Administrasi Bisnis.Vol 15. No. 1, http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/viewFile/602/801, 21 Februari 2017

Chaffey, D. (2011). E-Business and E-Commerce Management Strategy, Implementation and Practice 5th Edition. London: Prentice hall Financial Times

Community, eWolf. (2012), Indeks Lengkap Syntax/eWolf Community, MediaKom, Yogyakarta

Daulay, Melwin Syafrizal. 2007. Mengenal Hardware-Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer. Yogyakarta: Andi

Du Plessis, M., & Boon, J. A. 2008. Knowledge management in eBusiness and customer relationship management: South African case study findings. International Journal of Information Management,24(1),73-86.

Dyantina, Ovy. dkk. Oktober 2012, “Penerapan Costumer Relathionship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran Di Toko YEN-YEN)”. Jurnal Sistem Informasi (JSI). Vol 4. No. 2, http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index,21 Februari 2017.

Edy Winarno, Ali Zaki, SmithDev. 2014. Pemrograman Web Berbasis HTML5, PHP, dan JavaScript. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Jogiyanto, 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi IV, Andi Offset, Yogyakarta

Jogiyanto. 2009. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Kustiyaningsih, Yeni., R.A. Devie. 2011, Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQl. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Laudon, Kenneth C., Laudon, Jane P. (2010). Management Information Systems (11th Edition). New Jersey : Pearson Prentice Hall

Lovelock, Christoper dan Jochen Wirtz. 2011. Service Marketing. New Jersey USA:Pearson

Madcoms. Aplikasi Program PHP + MySQL untuk membuat website interaktif. Yogyakarta: Andi. 2009

McLeod, Raymon Jr dan George P. Shell . 2010. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta:Indeks.

Mcleod, Turban et al, (2008). Management Information Systems, 9 th Edition, Prentice Hall.

Muhammad Sadeli. (2011), Membuat Toko Online dengan PHP untuk Orang Awam, Maxikom, Palembang

O’Brien, James A. dan George M. Marakas. (2010). Management Information Systems. Eight Edition. New York : McGraw-Hill/Irwin

Pressman, R.S. (2010), Software Engineering : a practitioner’s approach, McGraw-Hill, New York, 68.

Raharjo, Budi. 2011. Membuat Database Menggunakan MySql. Bandung : Informatika.

Riyanto, 2010, Sistem Informasi Penjualan Dengan PHP Dan MySQL , Gava Media, Yogyakarta.

Rulianto Kurniawan. (2010). PHP dan MySQL untuk orang awam. (edisi 2). Palembang : Maxicom.

S. A. Helmers, Step by Step Microsoft Visio 2013, United States of America: Microsoft, 2013.

Setiawan, Dwiyanto.,& Erik, Hadi Saputra. 2015, “Penerapan Konsep Customer Relationship Management Berbasis Website Pada UD Toyoriz Busindo”.Jurnal Teknik DASI. Vol 16. No. 1, http://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/viewFile/227/212, 21 Februari 2017.

Stair, M. Ralph, George W. Reynolds. (2010). Principles of Information Systems: A Managerial Approach. (9th edition). Australia : Thomson Course Technology.

Sulistiyowati, Leny. 2010. Panduan Praktis Memahami analisis Laporan Keuangan, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Utami, Imelda O. Dan Harini Tri Astuti. 2009. Analisis Usaha Peternak Ayam Petelur Jantan Pada Berbagai Skala Usaha Di Peternakan Plasma Poultry Shop (PS) Sukahati, Kabupaten Tasikmalaya. J. DINAMIKA SOSBUD Volume 11 Nomor 2, Desember 2009 : 107-115

Wilman, R. Riyan. 2006. Mengenali dan Mengatasi Kerusakan Software Handphone. PT Kawan Pustaka, Tangerang.




DOI: https://doi.org/10.25134/nuansa.v10i2.993

NUANSA INFORMATIKA : JURNAL TEKNOLOGY DAN INFORMASI
p-ISSN :1858-3911 , e-ISSN : 2614-5405
DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Accreditation : SINTA 5

Organized by Faculty of Computer Science, Universitas Kuningan, Indonesia.
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom
Email : [email protected]
Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

StatCounter

View My Stats Creative Commons

Lisensi Creative Commons
NUANSA INFORMATIKA is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.