PENERAPAN PENDEKATAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 RAGAWACANA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA di SDN 2 Ragawacana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian pada siklus 1 adalah Hasil tes evaluasi Siklus I pertemuan 1 memperoleh rata-rata kelas sebesar 59,42, prosentase ketuntasan sebesar 25,71%, sedangakan pada pertemuan 2 rata-rata kelas sebesar 67,71 dan prosentase ketuntasan sebesar 62,85%. Sedangkan untuk siklus ke 2 Hasil penelitian pada siklus II pertemuan 1, diperoleh rata-rata kelas sebesar 72,57 dengan prosentase ketuntasan sebesar 68,57%, pada pertemuan 2 rata-rata kelas sebesar 85,45 dengan prosentase ketuntasan sebesar 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar.
Kata Kunci: Pendekatan Interaktif, Prestasi Belaja
Full Text:
PDFReferences
Djamarah dan Aswan Zain, 2006. Strategi Belajar Mengajar ,Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kunandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sudjana dan Ahmad Rivai.2007. Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, Prof., Suhardjono, Prof., Supardi, Prof., 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, Cet. VI
DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v5i2.1591
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.