PENGGUNAAN METODE ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD NEGERI WIDARASARI
Abstract
Latar belakang peneltian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa, tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode role playing untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pda mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III sD Widarasari. Metodologi penelitian menggunakan Penelitian Tindakan kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian Hasil tes evaluasi siklus I pertemuan 1 memperoleh rata-rata kelas sebesar 68,5, prosentase ketuntasan sebesar 30%, sedangkan pada pertemuan 2 rata-rata kelas sebesar 69,0 dan prosentase ketuntasan sebesar 60%. Hasil penelitian pada siklus II pertemuan 1, diperoleh rata-rata kelas sebesar 76,5 dengan prosentase ketuntasan sebesar 70%, siklus II pertemuan 2 diperoleh rata-rata kelas sebesar 85,5 dengan prosentase ketuntasan sebesar 86,5%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, maka penulis menyimpulkan bahwa penggunaan metode role play dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Widarasari. Hal ini bisa dilihat dari rata-rata hasil belajar meningkat
Kata Kunci; Metode Role Playing, Prestasi Belajar
Full Text:
PDFReferences
Akhmad, Abu dan Joko Tri Prasetyo. 1997. Strategi Belajar Mengajar.
Bandung: Pustaka Setia
Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan. Jakarta:
Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 1994. Penilaian Hasil Proses Pembelajaran. Bandung:
Citradytya
DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v5i2.1592
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.