UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GURU

Yaya Sukarya

Abstract


Keberhasilan dalam proses belajar mengajar oleh seorang guru tidak bisa dipisahkan dengan kemampuan guru itu sendiri dalam mendesain pembelajaran. Realitas di lapangan masih banyak hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru, dalam pelaksanaan proses belajar mengajar tersebut, disamping sarana prasanana, juga tidak kalah pentingnya kesulitan yang dialami guru itu sendiri untuk merancang pembelajaran. Salah satu solusinya adalah dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanankan proses belajar mengajar melalui pendidikan dan pelatihan guru di SDN Tegalsari II Kabupaten Majalengka. Penelitian ini bertitik tolak dari asumsi bahwa bila semakin baik kemampuan guru dalam proses belajar mengajar, maka akan semakin baik pula hasil yang didapatkan yaitu hasil belajar( siswa). Dan apabila kemampuan guru rendah dalam mengolah pembelajaran, maka akan rendah pula hasil belajar siswa.Penelitian ini bersifat empirik dan dilakukan dengan metoda deskriptif dengan menggunakan analis data bersifat kualitatif, dengan pendekatan secara persentase, dan alat pengumpul datanya observasi, wawancara, angket dan studi dekumentasi.Dari hasil penelitian ini, setelah dilakukan pendidikan dan pelatihan guru, kemampuan guru meningkat dari hasil prhitungan persentasenya adalah 77,7%, menurut Sugiyono (2005: 40) kisaran persentase antara 70% - 100% adalah kategori baik. Hal ini menunjukan bahwa pendidikan dan pelatihan guru mampu meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanankan proses belajar mengajar di SDN tegalsari II. Bagi peneliti lain, penelitian ini generalisasinya hanya pada guru SDN Tegalsari II Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka, bagi subjek penelitian yang lain, hasilnya mungkin berbeda.

Kata Kunci; Kemampuan Guru, Pendidikan dan Latihan


Full Text:

PDF

References


Andrew, E Sukila.(2011). Manajemen Sumberdaya Manusia.Erlangga Jakarta

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta:

Edwin, B Flippo. (2009). Manajemen Personalia.Jilid Satu.Edisi keenam. Erlangga Jakarta

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar.CV Pustaka Setia, Bandung

Jiwo Wungu dan Hartanto Brotoharsojo.(2007). Tingkatkan Kinerja Perusahaan Anda dengan Merit System. Murai Kencana. Jakarta

Moekijat. (2010). Manajemen Sumberdaya Manusia.CV Mandar Maju Bandung

Rooijakkers, AD. (1991), Mengajar dengan Sukses. Gramedia, Jakarta

Sugiyono.(2005). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.Bandung

Suharsimi Arikunto, Prof.Dr. (2006). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta

Sujana, Nana, (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensido.Bandung

Susastya, Edhy. (2013). Pengembangan Model Pelatihan Guru Sekolah

Menengah Kejuruan Kelompok Seni dan Budaya. Jurnal Pendidikan

dan Kebudayaan, Vol. 19, Nomor 1, Maret 2013

Winkel, WS. (2009). Psikologi Pengajaran. Media Abadi, Jogyakarta




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v5i2.1710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.