PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Siwi Utaminingtyas, Subaryana Subaryana, Erina Nur Endah Puspitawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar pada pembelajaran khususnya matematika kelas V Sekolah Dasar. Penelitian menggunakan metode Ex post facto. Populasi penelitian peserta didik kelas V SD se-Gugus II Kecamatan Temon 2018/ 2019 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa angket. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan variabel penelitian, sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V di SD se-Gugus II Kecamatan Temon tahun pelajaran 2018/2019, dengan R2 sebesar 0,250 dan (4,683 > 1,995). (2) Lingkungan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V di SD se-Gugus II Kecamatan Temon tahun ajaran 2018/2019 dengan nilai R2 sebesar 0,160 dan (3,541 > 1,995). (3) Motivasi belajar dan lingkungan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V di SD se-Gugus II Kecamatan Temon tahun ajaran 2018/2019, dengan nilai R2 sebesar 0,353 dan Fhitung > Ftabel (17.713 >3,13).

References


Aryani, S & Riwanto, A. (2017). .Learning motivation and student achievement: description analysis and relationships both. The International Journal of Counseling and Education, 2(1), 42-47.

Bakar, R. (2014). The Effect Of Learning Motivation On Student’s Productive Competencies In Vocational High School, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, 4(6), 722 – 732.

Cetin, B. (2015). Academic Motivation And . Self-Regulated Learning In Predicting Academic Achievement In College. Journal of International Education Research, 11(2), 95-106.

Damis dan Muhajis. (2018). Analisis Hubungan Antara. Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 3 Allakuang Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Idaarah, 2(2) 216-228.

Dian Purnama Sari. (2016). Hubungan Antara Lingkungan Sekolah Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Skripsi Sarjana, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Semarang.

Fadhilaturrahmi. (2018). Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 2(2), 61-69.

Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Imhof, M & Hilbert, T.S..(2013). The Role of Motivation, Cognition,. and Conscientiousness for Academic Achievement. .International Journal of Higher Education, 2(3), 69-80.

Mariyana, R. (2010). Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Noer, S.H. (2017). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Matematika.

Rahmawati, F; Sudarma, I.K; & Sulastri, M. (2014). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV Semester Genap Di Kecamatan Melaya –Jembrana. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Ricardo & Meilani, R.I. (2017). Impak Minat dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan. 2 (2), 188 – 201.

Rosfiani, O; Akbar, M; & Neolaka, A. (2019). Assesing Student Social Studies Learning : Effects of Learning Environment, Inquiry, And Student Learning Interest. Tarbiya Journal of Education In Muslim Society. 6 (2), 46 – 57.

Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Utaminingtyas, S. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Riset Pedagogi, 4(2), 350-359.

Utaminingtyas, S. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 57-64.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.