Analisis efektivitas pembelajaran daring dengan home visite pada masa pandemi covid-19 terhadap kemandirian belajar siswa SD negeri se Kecamatan Cigugur
Abstrak
Tujuan penelitian untuk mengetahui 1) bagaimana pembelajaran daring dapat berpengaruh terhadap kemandirian belajar? 2) sejauh mana pengaruh home visit terhadap kemandirian belajar? 3) pengaruh pembelajaran daring dengan home visit terhadap kemandirian belajar?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Populasi Guru Kelas SD Negeri se Kecamatan Cigugur. Penarikan sampel dengan Rumus Slovin dengan presisi estemik 5% diperoleh partisipan 166 responden dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan Pembelajaran Daring berpengaruh terhadap kemandirian belajar, Home Visit berpengaruh terhadap kemandirian belajar. Secara simultan Pembelajaran Daring dan Home Visit berpengaruh terhadap kemandirian belajar. Kata Kunci : Pembelajaran_Daring, Home_Visite, Kemandirian_BelajarReferensi
Aji, Wahyu. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1
Anwar. 2019. Kegiatan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Barkah, Agung,Mardiana, Tria & Japar Muhammad. 2020. Analisis Implementasi Model Pembelajaran Dalam Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran PKN. Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume 7 No 2 November 2020.
Drouin, M., Hile, R. E.; Vartanian, L. R., & Webb, J. 2013. Student Preferences for Online Lecture Formats. Quarterly Review of Distance Education, 14(3). pp. 151-162.
Sobron, A. ., Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme.
Fidaldo, P., & Thormann, J. (2017). Reaching Students in Online Courses Using Alternative Formats. International Review of Research in Open and Distributed Learning. Volume 18, Number 2.
Griffiths, G., Oates, B.J. & Lockyer, M. 2007. Evolving a Facilitation Process towards Student Centred. Learning: A Case Study in Computing. Journal of Information Systems Education, 18(4)
Gujarati, 2004. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Kelima, Bandung: Penerbit CV. Alphabet.
Ghozali, 2009.Analisis Regresi dan Korelasi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Husein. 2017. Metode Penerapan Home Visit. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama
Hussein Umar. 2003. Teknis Analisis Regresi dan Korelasi Bagi Para Peneliti, Tarsito Bandung.
Jamwal, Goldee, "Effective use of Interactive Learning Modules in Classroom Study for Computer Science Education" (2012). All Graduate Plan B and other Reports. Paper 225. Pp 1-75
Kobayashi, Michiko. 2017. Students’ Media Preferences in Online Learning. Turkish Online Journal of Distance Education-TOJDE. July 2017 18(3), ISSN 1302-6488.
Knowles. 2015. Kemandirian Belajar Peserta Didik. Rineka Cipta. Jakarta.
Mahmudah,S.R.2020. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Psikologis Siswa Terdampak Social Distancing Akibat Covid 19. Jurnal Al-Mau’Izhoh. Volume 2 No 2 November 2020.
Mudjiman, Haris.2009. Belajar Mandiri.Universitas Sebelas Maret Press.
Neo, M., Park, H., Lee, M, Soh, J., & Oh, J. 2015. Technology Acceptance of Healthcare E-Learning Modules: A Study of Korean and Malaysian Students’ Perceptions. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology. 14(2), April 2015.
Oktavian, Riskey, Riantina Fitra Aldya.2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi Di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol.20 No.2 Tahun 2020
Retzlaff-Fürst, C. 2016. Biology Education & Health Education: A School Garden as a Location of Learning & Well-being. Universal Journal of Educational Research. Volume 4Number 8. pp.1848-1857
Rusma dkk (2017) karaktersitik dalam pembelajaran e-learning. Alfabeta. Bandung
Sugiyono, 2004, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Penerbit CV. Alphabet..
Sobron, A.N. 2019. Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. CAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme Vol. 1, No. 2.
Syifa, L & Nurdiansyah. 2020. Implementasi Program Home Visite Dalam Mengatasi Problem Belajar Siswa di SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo. UMSIDA Proceedings of ICECRS.Volume 6.
Tresnaningsih,Fety, Santi,Dwi & Suminarsih,Etty. 2019. Kemandirian Belajar Siswa Kelas III SDN Karangjalak I Dalam Pembelajaran Tematik. Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume 6 No 2 November 2019.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.