KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR

Nurul Nisah, Aan Widiyono, Milkhaturrohman Milkhaturrohman, Nia Nur Lailiyah

Abstract


Indonesia dan dunia tengah disulitkan dengan adanya pandemi Covid-19, hal ini menyebabkan semua sektor kelangsungan hidup terdampak. Tak terkecuali sistem pendidikan yang mengharuskan untuk dilaksanakan dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Dengan perubahan tatanan pembelajaran ini, kurikulum tetap harus terpenuhi dengan pencapaian hasil belajar siswa yang baik pula. Muatan IPA merupakan salah satu muatan yang penting untuk dipelajari secara optimal meskipun di tengah kondisi pandemi, sehingga dalam mengajarkan proses untuk mendapatkan produk akan tercapai apabila guru mampu menciptakan pembelajaran yang tepat dan optimal, diantaranya adalah dengan penggunaan model pembelajaran. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengukur keberhasilan penerapan model Project Based Learning terhadap hasil belajar IPA, dalam hal ini sebagai objek muatan IPA kelas IV SD. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes, serta dianalisis menggunakan uji prasyarat, uji hipotesis. Dan dari hasil analisis diperoleh bahwa penerapan model Project Based Learning mampu memperbaiki proses dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N 2 Tahunan di masa pandemi.


References


Abas, Chaerul, Deni Darmawan, and Akhmad Margana. 2017. “Pengaruh Aktivitas Blogging Dalam Model Pembelajaran Project Base Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Teknologi Pembelajaran 2(2).

Abidin, Zainal, Kurniawan Arizona, Nusa Tenggara Barat, Progaram Studi, and Tadris Fisika. 2020. “Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19.” doi: 10.29303/jipp.v5i1.111.

Attalina, Syailin Nichla Choirin. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran ‘Project Based Learning’ Pada Mata Kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Di Unisnu Jepara.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 10(2):267–74. doi: 10.24176/re.v10i2.4705.

Chaerul Abas, Deni Darmawan, Akhmad Margana. 2017. “Pengaruh Aktivitas Blogging Dalam Model Pembelajaran Project Base Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Teknologi Pembelajaran 2(2):278–88.

Daryanto, Drs. 2014. “Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.” Yogyakarta: Gava Media.

Fahrezi, Iszur, Mohammad Taufiq, Akhwani Akhwani, and Nafia’ah Nafia’ah. 2020. “Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 3(3):408. doi: 10.23887/jippg.v3i3.28081.

Hadi, Syamsul, and Novaliyosi. 2019. “TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study).” Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi 562–69.

Lee, Yew-Jin, Mijung Kim, Qingna Jin, Hye-Gyoung Yoon, and Kenji Matsubara. 2017. “Revised Bloom’s Taxonomy—the Swiss Army Knife in Curriculum Research.” Pp. 11–16 in East-asian primary science curricula. Springer.

Nurhadiyati, Alghaniy, Rusdinal Rusdinal, and Yanti Fitria. 2020. “Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(1):327–33. doi: 10.31004/basicedu.v5i1.684.

Nurhadiyati, Alghaniy, Rusdinal Rusdinal, and Yanti Fitria. 2021. “Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(1):327–33.

Nurhasanah, Siti, and A. Sobandi. 2016. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” 1(1):128–35.

Nurjanah, Nurjanah, Ucu Cahyana, and Nurjanah Nurjanah. 2021. “Pengaruh Penerapan Online Project Based Learning Dan Berpikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV Pada Pelajaran IPA Di SD Nasional 1 Kota Bekasi.” Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 17(1):51–58. doi: 10.36456/bp.vol17.no1.a3161.

OECD. 2019. PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD.

Ramdhani Sucilestari, Kurniawan Arizona. 2018. “Pengaruh Project Based Learning Pada Matakuliah Elektronika Dasar Terhadap Kecakapan Hidup Mahasiswa Prodi Tadris Fisika UIN Mataram.” Konstan Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika. 3(1):26–35.

Sekar Dwi Ardianti, Savitri Wanabuliandari, dan Susilo Rahardjo. 2017. “Peningkatan Perilaku Peduli Lingkungan Dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Model.” Jurnal Ilmiah “PENDIDIKAN DASAR” IV(1):1–7.

Sucilestari, Ramdhani, and Kurniawan Arizona. 2018. “Pengaruh Project Based Learning Pada Matakuliah Elektronika Dasar Terhadap Kecakapan Hidup Mahasiswa Prodi Tadris Fisika UIN Mataram.” Konstan-Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika 3(1):26–35.

Widiyono, Aan. 2020a. “Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) Pada Mahasiswa PGSD Di Saat Pandemi Covid 19.” Jurnal Pendidikan 8(2):169–77. doi: 10.36232/pendidikan.v8i2.458.

Widiyono, Aan. 2020b. “Penggunaan Aplikasi Whatsapp Group Terhadap Hasil Belajar IPA SD Di Masa Pandemi Covid-19.” P. Vol.5, No.1 in Seminar Nasional Pendidikan Dasar. UPI.

Widiyono, Aan. 2021. “Pengaruh Penggunaan LMS Dan Aplikasi Telegram Terhadap Aktivitas Belajar The Effect of Using LMS and Telegram on Students ’ Learning Activities.” 14(1):91–101.

Winangun, I. M. A. 2021. “Project Based Learning: Strategi Pelaksanaan Praktikum IPA SD Dimasa Pandemi Covid-19.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 2(1):11–20.

Zahay, Debra, Archana Kumar, and Carrie Trimble. 2017. “Motivation and Active Learning to Improve Student Performance.” Pp. 1259–63 in Creating Marketing Magic and Innovative Future Marketing Trends. Springer.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.