Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar

Dhea Putri Pratiwi, Agus Muharam

Abstract


Rendahnya kecerdasan ekologis (ecoliteracy) siswa melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan ecoliteracy antara siswa yang mendapatkan  model pembelajaran  inkuiri terbimbing dan siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional, serta melihat perbedaan peningkatan ecoliteracy antara siswa yang mendapatkan  model pembelajaran  inkuiri terbimbing dan siswa yang mendapatkan model pembelajarankonvensional. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu. Penelitian ini melibatkan 21 siswa kelas eksperimen SD Negeri Cikupa VA dan 21 siswa kelas VB (kelas kontrol). Pengujian t manual dilakukan di Microsoft Excel. Siswa kelas eksperimen memiliki derajat ekoliterasi yang lebih besar dibandingkan siswa kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dalam  pembelajaran IPS sangat efektif digunakan untuk meningkatkan ecoliteracy siswa. Pembelajaran inkuiri terbimbing harus digunakan lebih teratur dalam pembelajaran IPS untuk melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran.


References


Dunia Ekonomis Forum. (2020). Mengurangi polusi plastik oleh radikal dalam Indonesia: Rencana tindakan multi -pemangku kepentingan. laporan mendalam , April , 47.

Hastjarjo, T. D. (2019). desain Kuasi-Eksperimental. Buletin psikologi , 27 (2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikol ogi.38619

Karlina, F., Degeng, N. S., & Amiruddin, . (2017). Pengelolaan Sampah Melalui Kelompok Penyelidikan berdasarkan di luar rumah Belajar. jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan pengembangan , 2 (7), 991–1002.

kasih sayang, D. . (2016). Peningkatan ekoliterasi Murid Dalam Pemanfaatan Taman Karet Sebagai Sumber Sedang belajar Aku p. jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24 ( 2), 217. https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2. 1458

Kurniasari, R. (2019). PENINGKATAN EKOLITERASI MURID MELALUI AKTIVITAS 3R (MENGURANGI, PENGGUNAAN KEMBALI, MENDAUR ULANG) DALAM PEMBELAJARAN IPS. jurnal tunas bangsa , 6 (1), 138. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbang sa/artikel/unduh/952/890

metaputri, N. K., & Garminah, N. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terpandu dan Minat Belajar Ke keterampilan Proses Sains Di dalam Murid kelas IVSD. jurnal Pendidikan dan Pengajaran , 49 (2), 89. https://doi.org/10.23887/jppundiks ha.v49i29013

Nugroho, L ., Prayitno, B. ., & Karyanto, P. (2018). Efektivitas Model Sedang belajar Masalah berdasarkan Sedang belajar ke Kemampuan terpelajar Ekologi Murid Kelas x Sekolah intermediat Di dalam. jurnal Penyuluhan dan pendidikan , 6 (1), 1. https://doi.org/10.29210/117900

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. Dalam Belajar Nizmania Pusat .

Nurhalisa, S., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2020). PENDIDIKAN MATAPPA : Jurnal Sains Pendidikan Basis Analisis Indikator ekoliterasi Perspektif Goleman Di dalam. PENDIDIKAN MATAPA: jurnal Pengetahuan Pendidikan dasar , 3 (2), 272–278.

pandikar, E. (2020). Sedang belajar ips Tingkatkan Kemampuan ekoliterasi Peserta Mendidik. jurnal Sandhyakala , 1 (2), 71–82. https://jurnal.ikipjember.ac.id/index. php/sandhyakala/artikel/tampilan/340

Putri, SS, Japar, M., & Bagaskorowati, R. (2018). Peningkatan ekoliterasi Dalam Memanfaatkan Sampah Dengan Menggunakan Model Proyek berdasarkan Sedang belajar Di dalam Sedang belajar Aku p. prosesi Seminar Dan diskusi Pendidikan … , 38–42. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/ psdpd/artikel/tampilan/9942

rosidi, bulan SAYA., & fitrah, SAYA. (2020). tumbuh intelijen ekologis murid melalui hijau konsumen dalam sedang belajar IPS. jurnal Sandhyakala , 1 (2), 56–70.

Rusmawan. (2017). ekoliterasi Dalam Konteks Pendidikan Aku p. SOSIAL DIDAKTIKA: Sosial Sains Pendidikan Jurnal , 4 (2), 39–50. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SO SIO-FITK

Sari, RM, Rusdi, R., & Maulidiya, D. (2019). Aplikasi Model pembelajaran Pertanyaan Dipandu Untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Peserta Mendidik Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) , 3 (1), 31–39. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.31- 39

simbol, M. E., Adi, Y. K., Angraeni, S., & pratiwi, D. P. (2021). GURU KEPRIBADIAN KOMPETENSI kita KARAKTER . 2 (1). https://doi.org/10.25134/ijete.v2i1.414 0

Sugiyono. (2016). metode Belajar Pendidikan (ed.23). ALFABETA, CV.

Sulistiyowati, P., & Ya sa, . D. (2017). Perkembangan Sedang belajar IPS dalam SD (ed.1). Penerbit Edi infografis.

Supriatna, N. (2017). EKOPEDAGOGI (Nita (ed. 2). PT Remaja Rosdakarya.

Utari, E., Yonda, D. ., Cahyaningsih, U., Majalengka, U., & Indramayu, K L (2020). Urgensi Perkembangan Bahan Ajarkan Ecoliteracy Berbasis Kearifan Lokal Indramayu. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020 , 73–79.

Wulandari, F. (2016). Aplikasi Model Sedang belajar Pertanyaan Dipandu untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Murid Sekolah Basis. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan , 5 (2), 267. https://doi.org/10.21070/pedagogia. v5i2.259.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v9i1.5777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.