Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Rendahnya kecerdasan ekologis (ecoliteracy) siswa melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan ecoliteracy antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional, serta melihat perbedaan peningkatan ecoliteracy antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang mendapatkan model pembelajarankonvensional. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu. Penelitian ini melibatkan 21 siswa kelas eksperimen SD Negeri Cikupa VA dan 21 siswa kelas VB (kelas kontrol). Pengujian t manual dilakukan di Microsoft Excel. Siswa kelas eksperimen memiliki derajat ekoliterasi yang lebih besar dibandingkan siswa kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPS sangat efektif digunakan untuk meningkatkan ecoliteracy siswa. Pembelajaran inkuiri terbimbing harus digunakan lebih teratur dalam pembelajaran IPS untuk melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran.
References
Dunia Ekonomis Forum. (2020). Mengurangi polusi plastik oleh radikal dalam Indonesia: Rencana tindakan multi -pemangku kepentingan. laporan mendalam , April , 47.
Hastjarjo, T. D. (2019). desain Kuasi-Eksperimental. Buletin psikologi , 27 (2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikol ogi.38619
Karlina, F., Degeng, N. S., & Amiruddin, . (2017). Pengelolaan Sampah Melalui Kelompok Penyelidikan berdasarkan di luar rumah Belajar. jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan pengembangan , 2 (7), 991–1002.
kasih sayang, D. . (2016). Peningkatan ekoliterasi Murid Dalam Pemanfaatan Taman Karet Sebagai Sumber Sedang belajar Aku p. jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24 ( 2), 217. https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2. 1458
Kurniasari, R. (2019). PENINGKATAN EKOLITERASI MURID MELALUI AKTIVITAS 3R (MENGURANGI, PENGGUNAAN KEMBALI, MENDAUR ULANG) DALAM PEMBELAJARAN IPS. jurnal tunas bangsa , 6 (1), 138. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbang sa/artikel/unduh/952/890
metaputri, N. K., & Garminah, N. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terpandu dan Minat Belajar Ke keterampilan Proses Sains Di dalam Murid kelas IVSD. jurnal Pendidikan dan Pengajaran , 49 (2), 89. https://doi.org/10.23887/jppundiks ha.v49i29013
Nugroho, L ., Prayitno, B. ., & Karyanto, P. (2018). Efektivitas Model Sedang belajar Masalah berdasarkan Sedang belajar ke Kemampuan terpelajar Ekologi Murid Kelas x Sekolah intermediat Di dalam. jurnal Penyuluhan dan pendidikan , 6 (1), 1. https://doi.org/10.29210/117900
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. Dalam Belajar Nizmania Pusat .
Nurhalisa, S., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2020). PENDIDIKAN MATAPPA : Jurnal Sains Pendidikan Basis Analisis Indikator ekoliterasi Perspektif Goleman Di dalam. PENDIDIKAN MATAPA: jurnal Pengetahuan Pendidikan dasar , 3 (2), 272–278.
pandikar, E. (2020). Sedang belajar ips Tingkatkan Kemampuan ekoliterasi Peserta Mendidik. jurnal Sandhyakala , 1 (2), 71–82. https://jurnal.ikipjember.ac.id/index. php/sandhyakala/artikel/tampilan/340
Putri, SS, Japar, M., & Bagaskorowati, R. (2018). Peningkatan ekoliterasi Dalam Memanfaatkan Sampah Dengan Menggunakan Model Proyek berdasarkan Sedang belajar Di dalam Sedang belajar Aku p. prosesi Seminar Dan diskusi Pendidikan … , 38–42. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/ psdpd/artikel/tampilan/9942
rosidi, bulan SAYA., & fitrah, SAYA. (2020). tumbuh intelijen ekologis murid melalui hijau konsumen dalam sedang belajar IPS. jurnal Sandhyakala , 1 (2), 56–70.
Rusmawan. (2017). ekoliterasi Dalam Konteks Pendidikan Aku p. SOSIAL DIDAKTIKA: Sosial Sains Pendidikan Jurnal , 4 (2), 39–50. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SO SIO-FITK
Sari, RM, Rusdi, R., & Maulidiya, D. (2019). Aplikasi Model pembelajaran Pertanyaan Dipandu Untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Peserta Mendidik Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) , 3 (1), 31–39. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.31- 39
simbol, M. E., Adi, Y. K., Angraeni, S., & pratiwi, D. P. (2021). GURU KEPRIBADIAN KOMPETENSI kita KARAKTER . 2 (1). https://doi.org/10.25134/ijete.v2i1.414 0
Sugiyono. (2016). metode Belajar Pendidikan (ed.23). ALFABETA, CV.
Sulistiyowati, P., & Ya sa, . D. (2017). Perkembangan Sedang belajar IPS dalam SD (ed.1). Penerbit Edi infografis.
Supriatna, N. (2017). EKOPEDAGOGI (Nita (ed. 2). PT Remaja Rosdakarya.
Utari, E., Yonda, D. ., Cahyaningsih, U., Majalengka, U., & Indramayu, K L (2020). Urgensi Perkembangan Bahan Ajarkan Ecoliteracy Berbasis Kearifan Lokal Indramayu. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020 , 73–79.
Wulandari, F. (2016). Aplikasi Model Sedang belajar Pertanyaan Dipandu untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Murid Sekolah Basis. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan , 5 (2), 267. https://doi.org/10.21070/pedagogia. v5i2.259.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.