IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN DIAGRAM VEE TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PENINGKATAN LITERASI SAINS
Abstract
ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini adalah karena beberapa proses pembelajaran Biologi saat ini masih bersifat konvensional yang mengandalkan komunikasi satu arah sehingga makna pergeseran pembelajaran dari teacher centered menjadi student centered belum tercapai. Pada proses belajar siswa kurang diberi kesempatan untuk melakukan investigasi terhadap pemecahan masalah dalam rangka membangun pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan PBL berbantuan diagram Vee pada materi sistem imunitas terhadap sikap ilmiah dan untuk meningkatkan literasi sains siswa serta hubungan antara sikap ilmiah literasi sains. Pengukuran literasi sains dengan menggunakan tes uraian yang meliputi tiga indikator literasi sains, observasi (pengamatan) terhadap keterlaksanaan Problem Base Learning (PBL) berbantuan diagram vee sedangkan sikap ilmiah dan tanggapan siswa terhadap metode yang digunakan dapat diketahui dari penyebaran angket. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implemetasi pembelajaran berbasis masalah mencapai keterlaksanaan pembelajaran pada kategori sangat baik (98,4%) sehingga mampu memberikan dampak positif yang signifikan terhadap sikap ilmiah (4,160 > 2,001) dan peningkatan literasi sains (4,771 > 2,002) yang ditunjang adanya hubungan antara sikap ilmiah dengan literasi sains dengan koefisien probabilitas 0,013 < 0,025 serta nilai korelasi Pearson sebesar 0,320. Respon siswa terkait dengan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan efektivitas pembelajaran (57,35%) mampu memfasilitasi kemudahan memahami materi dengan pemecahan masalah (57,13%) sehingga siswa merasa tertarik (67,58%) dan termotivasi untuk belajar (59,08%).
Keywords: Problem Based Learning; Diagram Vee, Scientific Attitude; Literasi Sains.
ABSTRACT
The background of this research is the study of Biology today still rely on the conventional which one-way communication so that the meaning of the learning shift from teacher centered to student centered not yet been reached. In the students' learning process less given the opportunity to conduct an investigation on problem solving in order to build knowledge. This study aims to determine the feasibility of PBL base on Vee diagram on the material of the immune system against the scientific attitude and to improve scientific literacy of students as well as the relationship between the scientific attitude and the science literacy. Measurement science literacy skills by using a test description that includes three indicators of scientific literacy, observation feasibility of the Problem Base Learning (PBL) based on vee diagram whereas scientific attitude and response of students to the methods used can be known from the questionnaire. From the results of this study concluded that the implementation of problem-based learning feasibility reached learning in the very good category (98.4%) so as to provide a significant positive impact on the scientific attitude (4.160> 2.001) and increased scientific literacy (4.771> 2.002) supported the the relationship between scientific attitude with scientific literacy with a probability coefficient of 0.013 <0.025 and Pearson correlation value of 0.320 *. Student responses related to learning can be concluded that the activity and effectiveness of learning (57.35%) to facilitate ease of understanding the material with solving problems (57.13%) so that students feel interested (67.58%) and motivated to learn (59.08 %).
Keywords: Problem Based Learning; Vee Diagram; Scientific Attitude; Science Literacy.
References
Alvarez & Risco. 2017. The Use of Vee Diagram with Third Graders As A Metakognitif Tool For Learning Science Concept. [Online]. Tersedia : http://e-research.tnstate.edu . [15 Maret 2015].
Ardianto, Didit. 2014. Implementasi Pembelajaran IPA Terpadu tema Fluida dengan model Guided Discovery dan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP. [Online]. Tersedia http://repository.upi.edu. [2 Maret 2015].
Balim, Ali Gunay. 2020. Student Views About The Use Of Problem Based Learning Method In Science And Technology Education. Batı Anadolu Eğitim Bilimleri Dergisi (BAED), 1(1), 1-13.
Chin & Chia. 2005. Problem-Based Learning: Using Ill-Structured Problems in Biology Project Work. [Online]. Tersedia : www.wiki.cmmaster.ca. [19 Juni 2015]
Ekohariadi. 2019. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Literasi Sains Siswa Indonesia berusia 15th. [Online]. Tersedia : http://www.scribd.com [ 19 Februari 2015].
Etherington, Matthew.B. 2021. Investigative Primary Science : A Problem Based Learning Approach. Australian Journal of Teacher Education, 36(9). Pp : 1-11
Febianti, Yopi Nisa. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching) terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen pada Kelas X dalam Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Kadugede kabupaten Kuningan tahun Ajaran 2011 / 2012). Tesis Magister Pendidikan Ekonomi. Universitas Kuningan. Tidak diterbitkan.
Herlina, Lina. 2010. Implementasi Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Berpikir Rasional pada Materi Pemanasan Global (Studi Kuasi Eksperimen pada Kelas XII dalam Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Kuningan Kabupaten Kuningan tahun Ajaran 2010 / 2011). Tesis Magister Pendidikan Biologi. Universitas Kuningan. Tidak diterbitkan.
Kimmons, R. 2012. Attitude, Achievment, and Gender In A Middle School Science-Based Ludic Simulation For Learning. J. Educational Technology Systems, Vol. 40(4) 341-370.
Kurniasih, Wiwin. 2013. Pengaruh Pembelajaran Inquiri Lab Terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Sains dan Sikap Ilmiah siswa pada Materi Ekosistem. [Online]. Tersedia http://repository.upi.edu. [2 Maret 2015].
Keziah, Achounye.A. 2020. A Comparative Study of Problem Based and Lecture Based Learning in Secondary School Student Motivation to Learn Science. International Journal of Science and Technology Education Research Vol. 1(6), pp. 126 – 131.
Purtadi dan Permana. 2019. Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Berbantuan Diagram Vee Dalam Pembelajaran Kimia. [Online]. Tersedia : http://staff.uny.ac.id . [16 Februari 2015].
Rohayati, Tika. 2013. Pengaruh Pembelajaran Interactive Demonstration terhadap Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Siswa SMP pada materi Transportasi pada Tumbuhan. [Online]. Tersedia : http://www.repository.upi.edu . [20 Februari 2015].
Sungur,et al. 2016. Improving Achievement Through Problem Based Learning. Educational Research Volume 40 Number 4. Pp : 1-7.
Tandogan & Orhan. 2016. The Effect of Problem Based Active Learning in Science Education on Students Academic Achievement, Attitude, and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 2007, 3(1), 71-81.
Tas & Sungur. 2012. The Effect of Problem-Based Learning on Self Regulated Learning. Croatian Journal of Education Vol: 14 (3/2012), pages: 533-560.
Copyright (c) 2023 Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.