Potensi Pakan Surili (Presbytis Comata) Di Kebun Campuran Kabupaten Kuningan

Iwan Hermawan, Toto Supartono, Nurdin Nurdin

Abstract


Abstrak: Surili (Presbytis comata) merupakan satwa endemik Jawa Barat yang dilindungi Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999 tentang pengawetan jenis tumbuhan dan satwa. Surili memiliki status konservasi endagered spesies berdasarkan red list IUCN 2009 dan termasuk dalam CITES Appedik II. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi keanekaragaman potensi pakan surili di kebun campuran, dan bagian tumbuhan yang dimakan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari dua tahap, pertama survei mendatangi desa-desa yang memiliki areal kebun campuran terindindikasi terdapat populasi surili, kemudian menggali informasi kepada masyarakat sekitar mengenai keberadaan surili di hutan-hutan yang masuk ke dalam wilayah administrasi desa tersebut. Selanjutnya analisis vegetasi untuk mengetahui struktur dan komposisi jenis vegetasi menggunakan metode petak berganda dengan jalur memanjang. Bentuk petak ganda yang digunakan adalah bujur sangkar dengan ukuran petak 20x20 m, untuk tingkat pertumbuhan pohon, dan 10x10 m untuk tingkat pertumbuhan tiang dengan jarak antar plot 20 m. Hasil analisis vegetasi pada 4 lokasi pengamatan ditemukan 52 jenis vegetasi dan 30 jenis vegetasi pakan surili. Dari 30 jenis vegetasi pakan terdiri dari 27 jenis pohon, dan 25 jenis tiang. Berdasarkan keterangan warga sekitar bahwa di kebun campuran, untuk bagian yang dimakan surili (Presbytis comata) adalah pucuk daun muda, dan lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan.
Kata kunci : Kebun campuran; keanekaragaman pakan; potensi pakan; bagian yang dimakan; Surili (Presbytis comata).


Full Text:

PDF

References


Farida W.R dan Harun. 2000. The diversity of plants as feed resources for the java gibbon (Hylobates moloch), grizzled langur (Presbytis comata), and silver langur (Trachypithecus auratus) in Gunung Halimun National Park. Jurnal Primatologi Indonesia.

Gunawan, Kartono A.P, Maryanto I. 2008. Keanekaragaman mamalia besar berdasarkan ketinggian tempat di Taman Nasional Gunung Cirema. Jurnal Biologi Indonesia.

Heriyanto N.M dan Iskandar S. 2004. Studi populasi dan habitat surili (Presbytis comata Desmarest, 1822) di kompleks hutan Kalajeten-Karangranjang, Taman Nasional Ujung Kulon. Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam.

Iskandar. 2007. Habitat dan Populasi Owa Jawa (Hylobates moloch, Audebert 1797) di Taman Nasional Gunung Halimun Salak Jawa Barat [Desertasi]. Bogor (ID) : Program Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor.

Krebs, C.J. 1989. Ecological Methodology. Harper Collins Publisher, Inc. New York.

Ludwig, J.A, and J.F. Reynolds. 1988. Statistical Ecology. John Wiley & Sons, Inc. Canada.

Maryanto I, Achmadi AS, Kartono AP. 2008. Mamalia Dilindungi Perundangundangan Indonesia. Bogor (ID): LIPI Press.

Melisch R dan Dirgayusa I.W.A. 1996. Notes on the grizzled leaf monkey (Presbytis comata) from two nature reserves in West Java, Indonesia. Asian Primates

Nijman V.J. 2001. Forest (and) Primates Conservation and Ecology of the Endemic Primates of Java and Borneo. Academic proefschrift. Geboren te Oudorp. Tropenbos International.

Putra I.M.W.A. 1993. Perilaku makan pada surili (Presbytis comata comata Desmarets, 1822) di Cagar Alam Situ Patengan Jawa Barat [skripsi]. Bandung: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Padjadjaran.

Rowe N. 1996. The Pictorial Guide to the Living Primates. New York: Pogonias Press.

Ruchiyat Y. 1983. Socio-ecological of Presbytis aygula in West Java. Primates

Supartono T. 2016. Distribusi dan Habitat Surili di Hutan Campuran di luar kawasan konservasi. Bogor: Program Pascasarjana, Institut pertanian bogor.

Supriatna J dan Wahyono E.H. 2000. Panduan Lapangan: Primata Indonesia. Jakarta (ID): Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.25134/wanaraksa.v11i2.4415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright @2013-2024 WANARAKSA nomor ISSN 2776-3986 (Online-Elektronik) dan 0216-0730 (versi cetak)



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. 

____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

WANARAKSA Editorial Office:
Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Universitas Kuningan
Jl. Cut Nyak Dhien No.36 A, Cijoho, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45513, Indonesia
Phone/Whatsapp: +62 81324088139
Website: https://journal.uniku.ac.id/wanaraksa
E-mail: [email protected]