STUDI KOMPARATIF PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN ROUND TABLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Komparatif Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kuningan)

Pupu Saeful Rahmat

Abstract


Abstrak

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Round Table pada dua kelas eksperimen yang berbeda.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Dalam penelitian ini subjek terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 ( kelas eksperimen yang menggunakan tipe NHT) dan kelas XI IPS 2 ( kelas eksperimen yang menggunakan tipe round table). Pengumpulan data dilakukan dengan tes pilihan ganda. Pengolahan data dilakukan dengan melakukan uji normalitas, homogenitas dan N-gain dengan uji t guna mendapatkan nilai perbedaan kedua kelas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang signifikan antara tipe pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan tipe pembelajaran Round Table. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan belajar dengan menggunakan kedua Tipe tersebut dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tetapi dari hasil penelitian tersebut dinyatakan bahwa tipe Round Table lebih sesuai diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sehingga Tipe round table dinyatakan efektif dan dapat digunakan sebagai alternatif metode pembelajaran.

Kata Kunci : kemampuan berpikir kritis  siswa, Tipe Numbered Heads Together (NHT, tipe Round Table. 

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Sumber Buku:

Anita, Lie. 2008. Cooperative Learning. Jakarta. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Bambang, Supomo. 2008. Metodologi penelitian Bisnis. Yogyakarta. BFEE UGM.

Davis, Gary A. ( 2012 ): Anak Berbakat dan Pendidikan Keberbakatan, PT Indeks,

Jakarta.

Djamarah, S. B. (2010). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Etin, Solihatin dan Raharjo. 2007. Cooperative Learning, Analisis Pembelajaran IPS . Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fisher, Alec. penerjemah Benyamin Hadinata. 2009. Berpikir kritis sebuah teori dan pengantar. Jakarta : Erlangga.

Gay Geogffrey e. Mills, Peter Airasian. 2006. Educational research competencies for analysis and applications. Columbus Ohio : Upper saddle river (New Jersey).

Harry, Firman dan Ari Widodo. 2008. Penilaian Hasil belajar dalam pembelajaran Kimia. UPI.

Isjoni, 2010. Cooperative learning. Bandung : Alfabeta.

Kokom, Komalasari. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama

Pembelajaran kontekstual.

Muh Nur, Prima Retno Wikandari, dan Bambang Sugiarto. 2004. Teori2 Pembelajaran Kognitif Sugiarto. Surabaya: University Press.

Nana, Syaodih Sukmadinata. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.

Neti Budiwati dan Leni Permana. 2010. Perencanaan pembelajaran Ekonomi. Bandung : Laboratorium ekonomi dan Koperasi.

Ollila, Julie. (2017). Social Studies in Curriculum Integration in Elementary

Classroom: A Case Study on a Pennsylvania Rural School. Jouirnal of Social

Studies. http. Odi.org/10.1016/j.jssr.208.02.001 diakses March, 6. 2018.

Paul, Suparno. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik, Yogyakarta: Penerbit USD.

Robert Slavin. 2005. Cooperative learning, teori, riset dan praktik. Bandung: Nusamedia.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran:Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Bandung: CV Prenada Media Group.

Sofan, Amri. dkk. 2010. Proses Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful, Sagala. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.

Triantoro, 2007. Teori Kognitif Perilaku, Jakarta: Graha Ilmu.

Wade, Carol. 2009. Psikologi. Erlangga. Jakarta.

Weber, E. (1997). Roundtable learning: Building understanding through enhanced MI strategies. Tucson, AZ: Zephyr Press.

Situs Internet:

Ibrahim. 2000. Penerapan-model-pembelajaran-kooperatif. www.tuanguru.net.

Lubis, Brando. 2010. Berpikir kritis. http://edukasi.kompasiana.com

Mudjia Rahardjo, 2010. Melatih-Berpikir-Kritis. http://mudjiarahardjo.com/artikel/169-.html

Setiono, Agustinus. 2007. Berpikir Kritis. http://agustinussetiono.wordpress.com

Sutrisno, Leo. 2010. Berpikir kritis. http://www.borneotribune.com




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v15i01.1071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287