FENOMENA CARA BELANJA ONLINE SHOP DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Kasus: Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi UNIKU)

Pupu Saeful Rahmat

Abstract


Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan peneliti tentang seberapa banyak di kalangan mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UNIKU yang melakukan cara belanjanya melalui online shop. Keinginan ini didasarkan pada  kenyataan yang terjadi di masyarakat tentang semakin populernya penggunaan internet di kalangan generasi muda tak terkecuali mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi UNIKU. Online shop merupakan bentuk perubahan yang disajikan oleh internet dari segi inovasi dalam berbelanja. Pada setiap kesempatan online shop menjadi perbincangan oleh sebagian kalangan mahasiswa, lalu bagaimana dengan mahasiswa UNIKU. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendiskripsikan fenomena online shop dikalangan mahasiswa Uniku; (2) untuk mengetahui faktor yang mendorong mahasiswa Uniku memilih cara belanja dengan menggunakan online shop. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian adalah Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Uniku yang menggunakan jasa online shop. Sumber data primer meliputi subjek penelitian yaitu mahasiswa Semester 2, 4, dan dan semester 6.  Tahun akademik 2018/2019, informan penelitian ini adalah 3 orang mahasiswa yang diambil masing-masing seorang mahasiswa dari setiap kelas dan 1 petugas layanan jasa pengiriman barang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumnetasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa online shop di kalangan mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UNIKU memberikan berbagai perubahan cara belanja sebagai cara belanja untuk memenuhi kebutuhan mereka sebagai pengganti cara belanja konvensional. Menurut hasil penelitian, dari 7 subjek penelitian laki-laki terbukti bahwa 1 diantaranya menggunakan online shop dan dari 10 orang perempuan dua (2) orang diantaranya sebagai pengguna on line shop untuk memenuhi kebutuhan mereka. Penggunaan online shop bukan hanya memberikan kemudahan namun adapula timbulnya masalah dalam penggunaanya yaitu adanya kekecewaan mahasiswa dalam menggunakan jasa online shop karena barang yang diinginkan tidak sesuai yang dikehendaki. Saran yang peneliti sampaikan adalah kewasapadaan terhadap semua pihak yang menggunakan online shop sebagai cara belanja untuk pemenuhan kebutuhan. Gunakanlah situs resmi yang terpercaya dan pilihlah  kualitas barang yang tinggi ketika melakukan transaksi online shop. Online shop memberikan berbagai kemudahan dalam proses transaksinya oleh sebab itu disarankan kepada para pengguna jasa online shop harus lebih jeli memanfaatkan jasa tersebut dan memilih barang yang dapat digunakan sesuai fungsi barang tersebut.

Kata Kunci: online shop, cara belanja (style of purchase), transaksi online.


Keywords


online shop; cara belanja (style of purchase); transaksi online

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Basrowi, Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Insan Cendekia.

Celia. 1998. Budaya Konsumen. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Damsar. 2002. Sosiologi Ekonomi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Irwantoko, Didit Agus. 2012. Bisnis Online Shop. Makalah (dipresentasikan dalam Seminar).

Krisnawati, Yuke dan Fajrianthi. 2010. Analisis Perbedaan Tingkat Intensi Membeli Melalui Media Internet (Online Shopping) Ditinjau dari Tipe Gaya Hidup pada Konsumen Pengguna Internet. Dalam INSAN Vol.12 No.03 2010 (online) (http://scholar.google.co.id diakses 07 September 2019).

Moleong, Lexy. 2006. Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Rosdakarya.

Nasution, S. 1986. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Prastyo, Ardy. 2009. Gaya Hidup Tekhnoseksual Dalam Tinjauan Perilaku konsumen (studi kasus pada pria pekerja bidang tekhnologi informasi dan komunikasi di Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial.

Purnomo, Paulus. 2010. Perubahan Perilaku Konsumtif Masyarakat Sekitar Swalayan (studi kasus masyarakat sekitar swalayan ADA Kudus. Skripsi. Semarang. Fakultas Ilmu Sosial.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Soedjatmiko,Haryanto.2008. Saya Berbelanja maka Saya Ada. Yogyakarta: Jala Sutra.

Storey, John. 2006. Culture Studies Dan Kajian Budaya Pop.Yogyakarta: Jala Sutra.

Szompka. Piotr. 2005. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Prenada Media.

Sumber dari Internet:

http://en.wikipedia.org/wiki/Online_shopping ( diunduh tanggal Agustus 2019).

www.blibli.com/pages/official-store

www.tokopedia.com/official-store

www.suara.com/tekno/2019/07/23/173749/belanja-baju-muslim...

www.cnbcindonesia.com/news/20190221163453-8-56933/...

widyaherma.com/2015/07/3-tips-cara-belanja-aman-agar...




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v16i01.2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :

  http://udledge.com/i-journal.html     


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.