EFFECTIVENESS OF USED GOODS UTILIZATION AS LEARNING MEDIA ON FABLE FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Hindun Hindun, Fachrur Rajabani Ridwan

Abstract


The management of waste or used goods that is still not optimal causes various environmental problems. One way to reduce the presence of used goods is to recycle them into learning media. This study focuses on the effectiveness of used goods effectiveness as learning media on fable storytelling in class VII. The method used is descriptive-qualitative. Students’ storytelling skills were assessed by observation method using storytelling skills assessment rubric. Storytelling style, Mastery of the content of the story, volume of voice, and fluency were assessed. The results of the discussion show that the use of used goods as learning media is considered effective with an average student score of 89 which is included in the very good category.
Keywords: used goods; learning media; storytelling skill; fable.


Full Text:

PDF

References


Anggito, A. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Anggraini. (2018). Meningkatkan kemampuan bercerita fabel Bahasa Indonesia melalui media boneka pada siswa kelas VII SMP. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(1), 35-52.

Ardiana, D. P. Y. (2021). Metode pembelajaran guru. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Batubara, H. H. (2020). Media pembelajaran efektif. Semarang: Fatawa Publishing.

Eliyanti, M., & Nurlita, R. (2018). Pengembangan pembelajaran aktif menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek (Pjbl) dalam pembelajaran bahasa sastra Indonesia di kelas rendah. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1).

Erwing & Ahmad, A. K. (2021). Pemanfaatan barang bekas sebagai media alat peraga sederhana dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI), 1(2), 75-79. DOI: https://doi.org/10.52436/1.jpti.15.

Gussani, N. (2022). Pengembangan media pembelajaran buku dongeng untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas II SD/MI. (Bachelor’s thesis, UIN Raden Intan Lampung).

Hidayanti, Z. A., Purnamasari, H., & Sarmi, N. N. (2021). Pengaruh penggunaan media wayang kertas animasi hewan terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII MTs Husnul Khotimah Kampek. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 3(2), pp. 252-263.

Ilmiyah, Z. (2020). Peningkatan keterampilan bercerita siswa kelas VII MTs Negeri 2 Lamongan dengan menggunakan media boneka tangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 27-34.

Juniza, D., Armariena, D. N., & Prasrihamni, M. (2022). Pengaruh media pembelajaran buku cerita bergambar terhadap keterampilan bercerita siswa III. Journal on Teacher Education, 3(2), 234-249. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3563

Katoningsih, S. (2021). Keterampilan bercerita. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Kencono, D. S., & Winarsih, A. S. (2021). Pemanfaatan barang bekas sebagai alat peraga edukasi ramah lingkungan sekolah PAUD di kota Yogyakarta. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 6(3), 291-297. DOI: https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v6i3.2082

Lestari, O., & Asma, F. (2020). Media audiovisual dalam menulis kembali teks cerita fabel oleh siswa kelas VIII SMP swasta Bandung. ASAS: JURNAL SASTRA, 9(1), 55-63.

Munawaroh, I. (2018). Pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fabel dengan menggunakan alat peraga boneka pada siswa kelas VII SMP Pasundan 1 Bandung tahun pelajaran 2017/1018. (Bachelor’s thesis, FKIP UNPAS).

Murianto, A. (2021). Pembelajaran bercerita teks fabel dengan media wayang pada siswa kelas VII SMP Al Islam Prigen. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 16(23).

Nazihah, U. (2018). Pemanfaatan barang bekas sebagai bahan ajar (APE) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA materi pengelompokan hewan berdasarkan makanan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. http://eprints.umsida.ac.id/1433/1/jurnal%20urwatun.pdf.

Noegroho, J. (2022). Wayang beber fabel sebagai media storytelling untuk anak usia dini. Media Bahasa, Sastra, dan Budaya Wahana, 28(1), 1-10.

Nuryanto, S., Abidin, A, Z., Setijowati, U., & Sismulyasih, N, S. (2018). Peningkatan keterampilan berbicara mahasiswa PGSD dalam perkuliahan Bahasa Indonesia berbasis konservasi nilai-nilai karakter melalui Penerapan Metode task based activity dengan media audio visual. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 83–94.

Purwaningsih, D. W. (2021). Pengelolaan sampah daerah pesisir. Tasikmalaya: PRCI.

Purwanto, E. (2021). Pengelolaan bank sampah. Pekalongan: Penerbit NEM.

Purwasih, R., Anita, I. W., & Afrilianto, M. (2020). Pemanfaatan limbah kain perca untuk mengembangkan media pembelajaran matematika bagi guru SD. Jurnal SOLMA, 9(1), 167-175. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/3650/1749.

Suheni, A. Rita, & Putri, D. (2020). Peningkatan keterampilan menceritakan kembali teks fabel menggunakan media Shadow Puppet siswa SMP IT Inayah Ujungbatu. Wahana Didaktika, 18(3), 293-305.

Tussifa, N. A. B., Fikriyah, & Nurhabibah, P. (2021). Pengembangan media pembelajaran wayang kartun pada materi cerita fabel kelas II SDN 1 Grogol Kabupaten Cirebon. Journal Education and Development, 9(3), pp. 152-158.

Wardini, B. S. (2020). Pengembangan media pembelajaran menulis teks cerita fabel berbasis lectora inspire menggunakan metode C3T pada kelas VII SMP Negeri 3 Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta. http://repository.upy.ac.id/3329/1/ARTIKEL_BELLA_SHANTY_WARDINI.pdf.

Wijayak, S., Wismanto, A., & Mukhlis. (2019). Pengembangan pembelajaran aktif menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dalam pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia di kelas rendah. Philosophica, 2(2), pp. 116-123.

Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group.

Yulsafli. (2019). Kode-kode budaya dalam fabel masyarakat Aceh. Serambi Akademica: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 5(2), 224-229. https://journal.unhas.ac.id/index.php/jish/article/view/20750/8276




DOI: https://doi.org/10.25134/ieflj.v8i2.6473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.