Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E Untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah

Juju Juheti, Sofyan Hasanudin Nur, Anna Fitri Hindriana

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya literasi sains dan kreativitas siswa  dalam memecahkan  masalah  yang merupakan  hasil proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan menekankan pada kemampuan  siswa  untuk mencari  pengetahuan  atau pengalaman  belajar  adalah Siklus Belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment)  dengan  desain  pretest  and posttest  control  group design.  Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Darma Kabupaten Kuningan dan sampel diambil dengan menggunakan dua kelas dengan teknik simple random sampling.  Kelompok  eksperimen  diberi  perlakuan  model  pembelajaran  siklus belajar,   sedangkan   kelompok  kontrol  menggunakan   pembelajarannya   secara konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, tes literasi sains, lembar  kerja  kreativitas  siswa,  dan  angket  respon  siswa.  Berdasarkan  hasil penelitian dan analisis data, diperoleh rata-rata N-gain literasi sains sebesar 0,276 untuk kelas kontrol termasuk kategori rendah dan 0,439 untuk kelas eksperimen termasuk kategori sedang.   Sedangkan rata-rata N-gain  kreativitas  siswa dalam memecahkan masalah sebesar 0,547 untuk kelas kontrol termasuk kategori sedang dan  0,695  untuk  kelas  eksperimen  termasuk  kategori  sedang.  Hasil  pengujian hipotesis literasi sains dengan menggunakan uji Paired Samples t Test, diperoleh thitung   =  13,397   kelas   eksperimen   >   thitung   =  8,966   kelas   kontrol,   hal  ini menunjukkan  bahwa  literasi  sains  siswa  dengan  menggunakan  model  siklus belajar  lebih  baik  daripada  penggunaan  model  konvensional.  Sedangkan  hasil perhitungan kreativitas siswa diperoleh thitung = 41,869 kelas eksperimen > thitung = 23,370   kelas  kontrol,   hal  ini  menunjukkan   bahwa   kreativitas   siswa  dalam memecahkan  masalah  menggunakan  model  siklus  belajar  lebih  baik  daripada penggunaan model secara konvensional

Keywords: Siklus Belajar; Literasi Sains; Kreativitas Siswa

 

Full Text:

PDF

References


Anggraini Gustia. (2014). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Kelas X di Kota Solok. Prosiding Mathematics and Science Forum. ISBN 978-602-0960-00-5.

Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Bumi Aksara

Bahriah, Evi Safinatul. (2012). Literasi Sains [Online]. Tersedia:https://evisapinatulbahriah.wordpress.com/2012/06/05/literasi-sains/. [8 September 2015].

Bybee, Taylor, Gardner, Scotter, Powell, Westbrook, and Landes. (2006). The BSCS 5E Instructional Model: Origins Effectiveness, and Aplications. Colorado Springs : BSCS.

Eisenkraft, A. (2003). Expanding the 5E, The Sciences Teacher.70 (6). 56-59.

Hardiyasa I Made, Suma Ketut, dan Sadia Wayan. (2014). Pengaruh Model 5E Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Motivasi Berprestasi Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, Volume 4.

Jamaris, Martini, (2013). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Lorsbach, Anthony W. (2006). The Learning Cycle as a Tool for Planning Science Instruction [Online]. Tersedia : http://www. coe.ilstu. edu/scienceed/Lorsbach257lrcy.htm. [15 Nopember 2015]

Qarareh, Ahmed.O. (2012). The Effect of Using the Learning Cycle Method in Teaching Science on the Educational Achievement of Sixth Graders. Int J Edu Sci, 4(2):123-132.

Riduwan. (2008). Metode dan teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Sains Edutainment. (2012). Definisi Literasi Sains [Online]. Tersedia: HTTP://sainedutainment.blogspot.com. [8 September 2015].

Sains Edutainment. (2013). Komponen dan Aspek-aspek Dalam Literasi Sains [Online]. Tersedia: http://sainsedutainment.blogspot.co.id/2013/01/komponen-dan-aspek- aspek-dalam-literasi.html. [8 September 2015].

Sudjana, Nana. (1991). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar,. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

-------. (2010). Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujianto, Agus Eko. (2007). Aplikasi Statistik dengan SPSS untuk Pemula. Jakarta : Prestasi Publisher.

Surya, Moh. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung : Pustaka Bani Quraisy.

Toharudin, Hendrawati, dan Rustaman. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.




DOI: https://doi.org/10.25134/edubiologica.v6i1.2359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Organized by the Department Master of Biology Education, Graduate School, the University of Kuningan
ISSN 2355-2352 (print)
Alamat : Jl. Pramuka No. 67 Kuningan 45512, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : (1232) 878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/edubiologica

Email : [email protected]

Creative Commons License

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License