Main Article Content
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya literasi sains dan kreativitas siswa dalam memecahkan masalah yang merupakan hasil proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan menekankan pada kemampuan siswa untuk mencari pengetahuan atau pengalaman belajar adalah Siklus Belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pretest and posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Darma Kabupaten Kuningan dan sampel diambil dengan menggunakan dua kelas dengan teknik simple random sampling. Kelompok eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran siklus belajar, sedangkan kelompok kontrol menggunakan pembelajarannya secara konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, tes literasi sains, lembar kerja kreativitas siswa, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh rata-rata N-gain literasi sains sebesar 0,276 untuk kelas kontrol termasuk kategori rendah dan 0,439 untuk kelas eksperimen termasuk kategori sedang. Sedangkan rata-rata N-gain kreativitas siswa dalam memecahkan masalah sebesar 0,547 untuk kelas kontrol termasuk kategori sedang dan 0,695 untuk kelas eksperimen termasuk kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis literasi sains dengan menggunakan uji Paired Samples t Test, diperoleh thitung = 13,397 kelas eksperimen > thitung = 8,966 kelas kontrol, hal ini menunjukkan bahwa literasi sains siswa dengan menggunakan model siklus belajar lebih baik daripada penggunaan model konvensional. Sedangkan hasil perhitungan kreativitas siswa diperoleh thitung = 41,869 kelas eksperimen > thitung = 23,370 kelas kontrol, hal ini menunjukkan bahwa kreativitas siswa dalam memecahkan masalah menggunakan model siklus belajar lebih baik daripada penggunaan model secara konvensional
Keywords: Siklus Belajar; Literasi Sains; Kreativitas Siswa
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Anggraini Gustia. (2014). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Kelas X di Kota Solok. Prosiding Mathematics and Science Forum. ISBN 978-602-0960-00-5.
- Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Bumi Aksara
- Bahriah, Evi Safinatul. (2012). Literasi Sains [Online]. Tersedia:https://evisapinatulbahriah.wordpress.com/2012/06/05/literasi-sains/. [8 September 2015].
- Bybee, Taylor, Gardner, Scotter, Powell, Westbrook, and Landes. (2006). The BSCS 5E Instructional Model: Origins Effectiveness, and Aplications. Colorado Springs : BSCS.
- Eisenkraft, A. (2003). Expanding the 5E, The Sciences Teacher.70 (6). 56-59.
- Hardiyasa I Made, Suma Ketut, dan Sadia Wayan. (2014). Pengaruh Model 5E Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Motivasi Berprestasi Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, Volume 4.
- Jamaris, Martini, (2013). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.
- Lorsbach, Anthony W. (2006). The Learning Cycle as a Tool for Planning Science Instruction [Online]. Tersedia : http://www. coe.ilstu. edu/scienceed/Lorsbach257lrcy.htm. [15 Nopember 2015]
- Qarareh, Ahmed.O. (2012). The Effect of Using the Learning Cycle Method in Teaching Science on the Educational Achievement of Sixth Graders. Int J Edu Sci, 4(2):123-132.
- Riduwan. (2008). Metode dan teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
- Sains Edutainment. (2012). Definisi Literasi Sains [Online]. Tersedia: HTTP://sainedutainment.blogspot.com. [8 September 2015].
- Sains Edutainment. (2013). Komponen dan Aspek-aspek Dalam Literasi Sains [Online]. Tersedia: http://sainsedutainment.blogspot.co.id/2013/01/komponen-dan-aspek- aspek-dalam-literasi.html. [8 September 2015].
- Sudjana, Nana. (1991). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar,. Bandung : Remaja Rosda Karya.
- Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- -------. (2010). Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
- Sujianto, Agus Eko. (2007). Aplikasi Statistik dengan SPSS untuk Pemula. Jakarta : Prestasi Publisher.
- Surya, Moh. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung : Pustaka Bani Quraisy.
- Toharudin, Hendrawati, dan Rustaman. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.