Pembelajaran Blended Learning Berbasis PBL Untuk Meningkatkan Penalaran Dan Kualitas Argumentasi Siswa

Tiwi Puji Astuti, Sulistyono Sulistyono, Anna Fitri Hindriana

Abstract


Paradigma pendidikan sains sudah mengalami perkembangan dalam proses pembelajaran salah satunya kemampuan penalaran dan keterampilan berargumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran dan kualitas argumentasi siswa pada konsep sistem pencernaan. Metode penelitian yang digunakan quasi eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian secara umum siswa pada kelas eksperimen memiliki kemampuan penalaran dan kualitas argumentasi memiliki korelasi positif yaitu 0,614. Sebagian besar kualitas argumentasi siswa memiliki rata- rata skor 1,37 yang berarti kualitas argumentasi siswa berada pada level 1 sampai dengan 2, hal ini disebabkan karena siswa hanya dapat memecahkan masalah dasar dan belum dapat mengemukakan argumentasi yang baik secara tertulis. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran Blended Learning berbasis PBL dapat melatih kemampuan penalaran siswa pada indikator seeing analogy, qualification, structure analysis, dan classification namun belum dapat mengemukakan argumentasi yang baik secara tertulis

Keywords: Blended Learning; PBL; Penalaran; Argumentasi


Full Text:

PDF

References


Adriani Mira, Adi Rahmat, Topik Hidayat. 2015. Kemampuan Penalaran Siswa SMA Pada Pembelajaran Klasifikasi Tumbuhan Dengan Dan Tanpa Praktikum Virtual. Media.neliti.Com. Diakses tanggal 29 Desember 2017

Ariffudin Muhammad, Mastuang, dan Andi Ichsan Mahardika. 2017. Improving Problem Solving Skills In Physics Through Argumentation Strategy In Direct Instruction Model. Gssrr.org > Journal. Diakses tanggal 01 Februari 2018

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar – dasar evaluasi pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara

Banyen W, C. Viriyavejakul dan T. Ratanaolarn .2016. A Blended Learning Model for Learning Achievement Enhancement of Thai Undergraduate Students . online- journal.org> i-jet. Diakses tanggal 09 Oktober 2017

Busyaeri Akhmad, Udin Tamsik, Zaenuddin A. 2016. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida Vol.3 No.1

Campbell A.Neil, Jane B. Reece, Lisa A. Urry, Michael L.Cain, Steven A. Wasserman, Peter V Minorsky, Robert B. Jackson. 2010. Biologi Edisi Kedelapan Jilid 3. Jakarta : Erlangga

Costa,L,Arthur. 1985. Developing Minds a Resource Book For Teaching Thinking. ASCD : California

Dominic. 2017. Taking Social Media to a University Classroom: Teaching and Learning Using Twitter and Blogs. Educational technology journal.springeropen.com. Diakses tanggal 03 Februari 2018

Erduran Sibel, Yasemin Ozdem, dan Jee-Young Park. 2015. Research Trends on Argumentation in Science Education : a Journal Content Analysis From 1998- 2014. https: // link.Springer.com. Diakses tanggal 05 Februari 2018

Erduran,S.,& Dagher,Z.(2008).Exemplary teaching of argumentation : A case study of two middle school science teacher.In R, Pinto.& D. Couso (Eds). Contribution of science Education research. Dordrecth. The Netherland : Springer

Giannakos N.Michail, Chorianopoulus Konstantinos, Ronchetti Marco, Szegedi Peter, Teasley.D. Stephanie. 2014. Video- Based Learning and Open Online Courses: i-JET-volume 9, Issue 1. Diakses tanggal 17 April 2018

Hepatitis. https :// wikipedia.org.wiki. Diakses tanggal 15 November 2017

Hermawanto, Kusairi.S, Wartono. 2013. Pengaruh Blended Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 9 (2013) 67-76.

Karmana Oman. 2013. Biologi untuk kelas XI Sekolah Menengah Atas. Bandung : Grafindo Media Pratama

Keraf, Gorys. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Komala Riani Tita, Ilah Nurlaelah, dan Ina Setiawati. 2017. Peningkatan kemampuan penalaran siswa melalui model Problem based learning (pbl) ditinjau dari kemampuan akademi Di SMA. Quagga Volume 9 No.1

Kose Utku dan Omer Deperlioglu. 2012. Intelligent Learning Environments Within Blended Learning for Ensuring Effective C Proramming Course. International Journal of Artificial Intelligence & Applications (IJAIA), Vol.3, No.1 . https:// arxiv.org.

Mas Fadilah. 2014. Resume Belajar dan Pembelajaran Blended Learning. Resume Blended Learning. www.academia.edu

Nugraha, Endi. 1985. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Permadi

Palikat Nicholas Cynthia dan Paul Gruba. 2017. Evaluation The Sustainability of Tablet Devices Blended Learning. 2017conference.ascility.org. Diakses tanggal 01 Februari 2018

Peringkat Indonesia dalam PISA 2015. https:// www.oecd.org>pisa. Diakses tanggal 25 Oktober 2017

Prabowo Tri Hengki. 2014. Implementasi model pembelajaran blended learning untuk meningkatkan aktivitas belajar multimedia siswa kelas xi multimedia 1 smk muhammadiyah 2 klaten utara tahun ajaran 2013/2014. Eprints.UNY.ac.id. Diakses tanggal 11 Oktober 2017

Pratiwi A.D, Sri Maryati, Srikini, Suharno, Bambang.S,. 2007. Biologi SMA Kelas XI. Jakarta : Erlangga

Pribadi.A. Benny. 2017. Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta : Kencana

Puji Astuti Tiwi. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL) Berbasis Kerangka Instruksional Marzano Terhadap Kualitas Argumentasi Siswa Pada Konsep Animalia di Kelas X SMA Negeri 2 Kuningan. Skripsi FKIP UNIKU : Tidak diterbitkan.

Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip – prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya offset

Rohim Fathur. 2012. Pembelajaran Biologi Siklus Belajar Hipotetik Deduktif Dengan Media Riil dan Virtuiil Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Analitis dan Gaya Belajar Siswa. Perpustakaan.uns.ac.id. https ://digilib.uns.ac.id. Diakses tanggal 9 Oktober 2017

Rusmono. 2012. Strategi pembelajaran dengan problem based learning itu perlu. Bogor: Ghalia Indonesia

Sjukur.B. Sulihin, 2012. Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi Vol.2 Nomor 3.

Soekisno Aryan Bambang, Yaya S. Kusumah, Jozua Sabandar, dan Darhim. 2015. Using Problem Based Learning to Improve College Students Mathematical Argumentation Skills. International Journal of Contemporary Educational Research (IJCER) Volume 2, Nomor 2. Www.Ijcer. net. Diakses tanggal 01 Februari 2018

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sugiyono.2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sutisna Anan. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar. PPS.UNJ.ac.id. Diakses tanggal 11 Oktober 2017

Syandri Guzmaizal.2015. A Case Study in the Used of Visual Media in English Instructional Process at State Islamic Secondary School 1 Malang : IOSR Journal of Research & Method in Education ( IOSR- JRME) Volume 5, Issue 4. Diakses tanggal 17 April 2018

Triyanto Agus Samuel, Herawati Susilo, dan Fatchur Rohman., 2016. Penerapan Blended- Problem Based Learning dalam pembelajaran Biologi. Journal.um.ac.id. Diakses tanggal 27 Januari 2018

Tuomainen satu. 2016. A Blended Learning Approach to Academic Writing and Presentation Skills. Diakses tanggal 06 November 2017

Wang Zhaogang. 2015. An Analysis on the Use of Video Materials in College nglish Teaching in China: International Journal of English Language Teaching. Diakses tanggal 17 April 2018

Weruin.U. Urbanus. 2017. Logika, penalaran, argumentasi. https:// media.neliti.com. Diakses tanggal 18 Februari 2018

Yatim Wildan. 1996. Biologi. Bandung : Tarsit

Yeen – Ju Tan Heidi, Neo Mai, dan Bhawani Selvaretnam. 2015. Enhancing Problem Solving Skills in an Authentic Blended Learning Environment : A Malaysian context. Www. Ijet.org. Diakses tanggal 27 Januari 2018

Yuliyanti Indra. 2015. Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Ilmiah, dan Penguasaan Konsep Materi Pencemaran Lingkungan. Tesis Jurusan Pendidikan Biologi UNIKU. Kuningan :SPs UNIKU

Yunus MD. Melor, Hadi salehi, dan Dexter sigan anak john. 2013. Using Visual Aids As a Motivation Tool in Enhancing Students’ Interest in Reading Literary Texts. Https:// arxiv.org. Diakses tanggal 01 Februari 2018

Zubaidah Siti, Susriyati Mahanal, Lia Yuliati, I Wayan Dasna, Ardian.A Pangestuti, Dyne.R Puspitasari, Hamim T. Mahfudhillah, Alifa Robitah, Zenia.L. Kurniawati, Fatia Rosida, dan Mar’atus Sholihah. 2017. Kelas 08 SMP Ilmu Pengetahuan Alam IPA Siswa 2017-Buku Sekolah. https://bsd.pendidikan.id. Diakses tanggak 09 Februari 2018

______. 2017. Hepatitis B. https:id.m.wikipedia. Diakses tanggal 02 Maret 2018




DOI: https://doi.org/10.25134/edubiologica.v6i1.2364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Organized by the Department Master of Biology Education, Graduate School, the University of Kuningan
ISSN 2355-2352 (print)
Alamat : Jl. Pramuka No. 67 Kuningan 45512, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : (1232) 878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/edubiologica

Email : [email protected]

Creative Commons License

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License