PENGGUNAAN MEDIA KOMIK BERBASIS ICT UNTUK MEREDUKSI PERUNDUNGAN SISWA SEKOLAH DASAR

  • Marlina Eliyanti Simbolon Universitas Kuningan
  • Afiva Dwi Putri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Kuningan
  • Aldi Nurhadiat Iskandar Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Kuningan
  • Dita Hardiyanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Kuningan
  • Mela Indawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi perundungan siswa yang sering terjadi di sekolah dasar dengan menggunakan media komik berbasis ICT. Metode yang digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Durajaya, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat Indonesia. Pengumpulan data dengan tringulasi data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian diawali dengan observasi ke lapangan, lalu pembuatan komik perundungan di aplikasi Ibis Paint. Adapun hasil penelitian, penggunaan media komik berbasis ICT sangat efektif untuk mereduksi   perundungan bagi siswa sekolah dasar. Respon siswa sangat positif dan antusias dengan penggunaan media komik ini.

Kata kunci:  media komik; perundungan; siswa; sekolah dasar

References

Adeliyanti, S., Suharto, & Hobri. (2018). Pengembangan E-Comic Matematika Berbasis Teknologi Sebagai Suplemen Pembelajaran Pada Aplikasi Fungsi Kuadrat. Kadikma, 9(1), 123–130

Aeni, W. A., & Yusupa, A. (2018). Model Media Pembelajaran E-Komik Untuk SMA. Jurnal Kwangsan, 6(1), 1.

Faisal, Baskoro, G. W., Ridwan, M., & Mardawati. (2017). Peningkatan kualitas pendidikan anak dengan pembangunan komik elektronik. Ikraith-Informatika, 1(2), 24–29.

Handayani, P., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003.

Indriasih, A., Sumaji, S., Badjuri, B., & Santoso, S. (2020). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 154–162.

Nasrulloh, M. F., Hanik, S., & Satiti, W. S. (2020). E-Comic Learning Media Based Problem Based Learning In Subject of Linear Equation System. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 2(1), 34–40.

Pratiwi, S. I., Dasar, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Website untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar Abstrak. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 333–340

Ruiyat, S. A., Yufiarti, Y., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 518.

Simbolon, M.E., Yani F., & Myrna, A.L. 2021). Pengerapan Media Komik untuk Meningkatkan Literasi dalam Memahami Soal Cerita Matematika di SD. Aluduna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8 (2), 168-179.

Simbolon, M.E., Eli, H., & Sindy, L.B. (2022). The Effect of Using Ludo Boadgames Learning Media on Students’ Concept Understanding Ability. International Conference on Elementary education. 2 (1), 1428-1434.

Sudjana dan Rivai. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran E-Comic. Edudeena, 1, 1–8.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarah, E. S., Yetti, E., & Fridani, L. (2018). Pengembangan Media Komik Elektronik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konservasi Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 231–240.

Published
2024-05-31
Section
Articles