PENGGUNAAN MEDIA KOMIK BERBASIS ICT UNTUK MEREDUKSI PERUNDUNGAN SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi perundungan siswa yang sering terjadi di sekolah dasar dengan menggunakan media komik berbasis ICT. Metode yang digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Durajaya, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat Indonesia. Pengumpulan data dengan tringulasi data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian diawali dengan observasi ke lapangan, lalu pembuatan komik perundungan di aplikasi Ibis Paint. Adapun hasil penelitian, penggunaan media komik berbasis ICT sangat efektif untuk mereduksi perundungan bagi siswa sekolah dasar. Respon siswa sangat positif dan antusias dengan penggunaan media komik ini.
Kata kunci: media komik; perundungan; siswa; sekolah dasar
References
Adeliyanti, S., Suharto, & Hobri. (2018). Pengembangan E-Comic Matematika Berbasis Teknologi Sebagai Suplemen Pembelajaran Pada Aplikasi Fungsi Kuadrat. Kadikma, 9(1), 123–130
Aeni, W. A., & Yusupa, A. (2018). Model Media Pembelajaran E-Komik Untuk SMA. Jurnal Kwangsan, 6(1), 1.
Faisal, Baskoro, G. W., Ridwan, M., & Mardawati. (2017). Peningkatan kualitas pendidikan anak dengan pembangunan komik elektronik. Ikraith-Informatika, 1(2), 24–29.
Handayani, P., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003.
Indriasih, A., Sumaji, S., Badjuri, B., & Santoso, S. (2020). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 154–162.
Nasrulloh, M. F., Hanik, S., & Satiti, W. S. (2020). E-Comic Learning Media Based Problem Based Learning In Subject of Linear Equation System. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 2(1), 34–40.
Pratiwi, S. I., Dasar, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Website untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar Abstrak. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 333–340
Ruiyat, S. A., Yufiarti, Y., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 518.
Simbolon, M.E., Yani F., & Myrna, A.L. 2021). Pengerapan Media Komik untuk Meningkatkan Literasi dalam Memahami Soal Cerita Matematika di SD. Aluduna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8 (2), 168-179.
Simbolon, M.E., Eli, H., & Sindy, L.B. (2022). The Effect of Using Ludo Boadgames Learning Media on Students’ Concept Understanding Ability. International Conference on Elementary education. 2 (1), 1428-1434.
Sudjana dan Rivai. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran E-Comic. Edudeena, 1, 1–8.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syarah, E. S., Yetti, E., & Fridani, L. (2018). Pengembangan Media Komik Elektronik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konservasi Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 231–240.
Copyright (c) 2024 Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.