TINGKAT RESILIENSI SISWA (Analisis Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Kecakapan Sosial dan Kemandirian Belajar terhadap Resiliensi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi)
Abstract
ABSTRAK
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya tingkat resiliensi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kuningan, Jawa Barat. Hal tersebut ditunjukan oleh perilaku mahasiswa yang tidak percaya dengan kemampuan diri sehingga memilih untuk mencontek saat mengerjakan tugas dan ujian. Aktivitas yang menjadi rutinitas mahasiswa adalah menyalin tugas temannya karena banyaknya tugas pada setiap matakuliah, terlebih ketika mahasiswa tidak menyiapkan tugas yang seharusnya di presentasikan mereka menunda tugasnya sampai pertemuan berikutnya atau bahkan tidak hadir pada pertemuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara lingkungan keluarga, lingkungan teman sebaya, kecakapan sosial dan kemandirian belajar terhadap tingkat resiliensi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi sebanyak 108 dan keseluruhannya dijadikan sampel (total sampel). Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan path analys (analisis jalur). Dari hasil penelitian, diketahui bahwa : Terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan teman sebaya terhadap kecakapan sosial mahasiswa; Terdapat pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan teman sebaya dan kecakapan sosial terhadap kemandirian belajar mahasiswa; Terdapat pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan teman sebaya, kecakapan sosial dan kemandirian belajar terhadap resiliensi mahasiswa.
Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Lingkungan Teman Sebaya, Kecakapan Sosial, Kemandirian Belajar, Resiliensi.References
Daftar Pustaka
Ahmadi, Abu. (2016). Sosiologi Pemdidikan. Jakarta:Rineka Cipta.
Anwar. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung:Alfabeta
Bryan, J. A. (2005). Fostering Educational Resilience and Achievement in Urban School Through School-Family-Community Partnerships Professional School Counselling.
Dagun. Save .M. (2002). Psikologi Keluarga. Jakarta : Rineka Cipta.
Desmita. (2006). Psikologi Perkembangan. Cetakan ke-2. Bandung :PT. Remaja Rosdakarya.
Elly, Setiadi. (2006). Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Hasbullah. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Edisi Revisi, Jakarta :PT Raja Grafindo Persada.
Idi, Abdullah. (2010). Sosiologi Pendidikan. Depok : Rajawali Pers
Johnson, E. B. (2009). Contextual Teaching Learning. Bandung : MLC
Kosasih. (2011). Kecakapan Hidup. Bandung:Cipta Dea Pustaka
Lestari, Sri. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta:Kencana
Pardjono. (2003). Pendidikan Kejuruan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi Berorientasi Kecakapan Hidup. Yogyakarta:UNY
Partowisastro, Koestoer. (2009). Dinamika Psikologi Sosial. Jakarta : Erlangga.
Purwanto, M. Ngalim. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung :PT Remaja Rosdakarya.
Reivich, K dan Shatte, A. (2002). The Resilience Factor: 7 Essential Skills for Overcoming Lifes Inevitable Obstacle. New York :Broadway Books
Santrock, John W. (2007). Adolescence. Perkembangan Remaja. Edisi Kesebelas (alih bahasa: Benedictine widyasinta). Jakarta:Erlangga.
Sears, Taylor, S.E. (2001). Psikologi Sosial. Jakarta:Erlangga.
Siswoyo, Dwi dkk. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta:UNY Pers.
Slavin, Robert E. (2009) Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT.Indeks
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Somantri, Ating dan Sambas Ali. (2014). Aplikasi Statistik dalam Penelitian. Bandung:Pustaka Setia
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Suparno, A.Suhaenah. (2001). Membangun Kompetensi belajar. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Thalib, Syamsul Bachri. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta:Kencana
Tirtarahardja, Umar, La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahidin, Khaerul dan Ondi Saondi. (2010). Penelitian Pendidikan. Cirebon:UMC Press
Widiastuti. (2005). Psikologi Perkembangan : Masa Remaja. Surabaya :Usaha Nasional.
Yusuf, Syamsu L.N dan Nani M. Sugandhi. (2011). Perkembangan Mahasiswa. Bandung: Rajawali Pers
EQUILIBRIUM: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi is licensed under a Creative Commons CC-BY-SA. This is the very permissive of the Creative Commons licences and allows for maximum dissemination and use of the licenced work with appropriate credit. The licence permits others to use, reproduce, disseminate or display the article in any way, including for commercial purposes, so long as they credit the author for the original creation. In case of remix, transform, or build upon the material, distribution of your contributions under the same license as the original.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- for any purpose, even commercially.
You can find details of the licence below.Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)