PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada kelas X SMAN 1 Baregbeg)

Rizka Andhika Putra, Agie Hanggara

Abstract


Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kegiatan belajar mengajar adalah kegiatan yang terpenting dalam proses pendidikan, yang pada dasarnya dilaksanakan dalam pendidikan formal yaitu sekolah, walaupun proses belajar mengajar bisa dilaksanakan kapan saja dan dimana saja. Penerapan pendekatan saintifik sebagai salah satu pendekatan yang wajib digunakan dalam kurtilas merupakan manifestasi dari pendekatan kontruksivisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan pendekatan saintifik berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMAN 1 Baregbeg; Gambaran pemahaman belajar siswa di SMAN 1 Baregbeg; Besarnya pengaruh pendekatan saintifik berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Baregbeg. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan dengan skala likert, uji koefisian korelasi dilanjutkan dengan penguujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat peningkatan pemahaman belajar peserta didik yang menggunakan pendekatan saintifik berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMAN 1 Baregbeg. Melalui pengisian angket kepada 54 siswa, yang diambil dari 9 siswa pada setiap kelasnya; Terdapat peningkatan pemahaman belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMAN 1 Baregbeg; Terdapat pengaruh pendekatan saintifik berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X di SMAN 1 Baregbeg.

Kata Kunci : Higher Order Thinking Skills (HOTS), Pemahaman Belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Asta, Agung, dan Widiana. 2015. Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. (Volume 3; 1-10)

Atnuri dan Prasetyo, Danang. 2016. Pengaruh Pembelajaran Saintifik Model Problem Based Learnig (PBL) dan Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan PGSD. Jurnal Wahana. (Volume 67; 13-19)

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media

Diani, Ramah. 2016. Pengaruh Pendekatan Saintifik berbantukan LKS terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika AL-BiRuNi. (Volume V; 83-93)

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Handayani Ririn & Priatmoko Sigit. 2013. Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Berorientasi HOTS terhadap Hasil Belajar Siswa Kimia Siswa Kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. (Volume VII; 1051-1062)

Huda, Miftahul. 2017. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jihad A dan Haris A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo

Muhibbin, Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyono, Nono. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Rizki Press

Munib, Abdul. 2017. Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Keislaman. (Volume IV; 68-80)

Musfiqon dan Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo

Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). 2015. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jendral PendidikanMenengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permatasari, Eka Aprilia. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education. (Volume III; 11-16)

Prasetyani, Hartono, dan Susanti. 2016. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran Trigonometri Berbasis Masalah. Jurnal GANTANG Pendidkan Matematika-FKIP. (Volume I; 31-40)

Prasetyo Bambang & Jannah, Lina Miftahul. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Riduan & Sunarto. 2011. Pengantar Statistika untuk Penelitian:Pendidkan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sani, Abdullah Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Saregar, Latifah, dan Sari. Efektivitas Model Pembelajaran CUPS: Dampak terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika AL-BiRuNi. (Volume V; 233-243)

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sudijono, Anas. 2011. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunaryo, Wowo Kuswana. 2012. Taksonomi Kognitif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Thobroni, M. 2015. Belajar Pembelajaran Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-ruz Media

Widana, I Wayan. 2017. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Dorektorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v15i02.1618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.