PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada kelas X SMAN 1 Baregbeg)
Abstract
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kegiatan belajar mengajar adalah kegiatan yang terpenting dalam proses pendidikan, yang pada dasarnya dilaksanakan dalam pendidikan formal yaitu sekolah, walaupun proses belajar mengajar bisa dilaksanakan kapan saja dan dimana saja. Penerapan pendekatan saintifik sebagai salah satu pendekatan yang wajib digunakan dalam kurtilas merupakan manifestasi dari pendekatan kontruksivisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan pendekatan saintifik berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMAN 1 Baregbeg; Gambaran pemahaman belajar siswa di SMAN 1 Baregbeg; Besarnya pengaruh pendekatan saintifik berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Baregbeg. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan dengan skala likert, uji koefisian korelasi dilanjutkan dengan penguujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat peningkatan pemahaman belajar peserta didik yang menggunakan pendekatan saintifik berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMAN 1 Baregbeg. Melalui pengisian angket kepada 54 siswa, yang diambil dari 9 siswa pada setiap kelasnya; Terdapat peningkatan pemahaman belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMAN 1 Baregbeg; Terdapat pengaruh pendekatan saintifik berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X di SMAN 1 Baregbeg.
Kata Kunci : Higher Order Thinking Skills (HOTS), Pemahaman Belajar.
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Asta, Agung, dan Widiana. 2015. Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. (Volume 3; 1-10)
Atnuri dan Prasetyo, Danang. 2016. Pengaruh Pembelajaran Saintifik Model Problem Based Learnig (PBL) dan Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan PGSD. Jurnal Wahana. (Volume 67; 13-19)
Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media
Diani, Ramah. 2016. Pengaruh Pendekatan Saintifik berbantukan LKS terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika AL-BiRuNi. (Volume V; 83-93)
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Handayani Ririn & Priatmoko Sigit. 2013. Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Berorientasi HOTS terhadap Hasil Belajar Siswa Kimia Siswa Kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. (Volume VII; 1051-1062)
Huda, Miftahul. 2017. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Jihad A dan Haris A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo
Muhibbin, Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyono, Nono. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Rizki Press
Munib, Abdul. 2017. Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Keislaman. (Volume IV; 68-80)
Musfiqon dan Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center
Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo
Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). 2015. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jendral PendidikanMenengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Permatasari, Eka Aprilia. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education. (Volume III; 11-16)
Prasetyani, Hartono, dan Susanti. 2016. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran Trigonometri Berbasis Masalah. Jurnal GANTANG Pendidkan Matematika-FKIP. (Volume I; 31-40)
Prasetyo Bambang & Jannah, Lina Miftahul. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Riduan & Sunarto. 2011. Pengantar Statistika untuk Penelitian:Pendidkan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sani, Abdullah Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT.Bumi Aksara
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Saregar, Latifah, dan Sari. Efektivitas Model Pembelajaran CUPS: Dampak terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika AL-BiRuNi. (Volume V; 233-243)
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sudijono, Anas. 2011. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sunaryo, Wowo Kuswana. 2012. Taksonomi Kognitif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Thobroni, M. 2015. Belajar Pembelajaran Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-ruz Media
Widana, I Wayan. 2017. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Dorektorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
EQUILIBRIUM: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi is licensed under a Creative Commons CC-BY-SA. This is the very permissive of the Creative Commons licences and allows for maximum dissemination and use of the licenced work with appropriate credit. The licence permits others to use, reproduce, disseminate or display the article in any way, including for commercial purposes, so long as they credit the author for the original creation. In case of remix, transform, or build upon the material, distribution of your contributions under the same license as the original.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- for any purpose, even commercially.
You can find details of the licence below.Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)