MODEL PJBL BERBANTU APLIKASI DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI

  • Rizka Andika Putra Universitas Galuh
  • Agie Hanggara Universitas Kuningan

Abstract

Abstrak

Permasalahan yang melatarbelakangi peneliti ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir analisis siswa SMKN 2 Kuningan. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analisis siswa; untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analisis siswa antara siswa dengan tingkat motivasi belajar tinggi, dan rendah; untuk mengetahui interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir analisis siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Factorial Design. Instrument dalam penelitian adalah soal PGK yang mengukur kemampuan analisis siswa dan angket motivasi untuk mengukur motivasi belajar siswa. Hasil analisis dan pengujian dengan menggunakan Two Way Anova diketahui: terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir analisis siswa yang menggunakan model PjBL Berbantu Aplikasi Akuntansi UKM dengan model PjBL murni pada mata pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur. Dimana kemampuan berpikir analisis siswa yang menggunakan model PjBL Berbantu Aplikasi Akuntansi UKM lebih unggul dibandingkan kemampuan berpikir analisis siswa yang menggunakan model Project Based Learning murni; terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir analisis siswa yang memiliki motivasi tinggi, sedang dan motivasi rendah baik di kelas yang menggunakan model PjBL Berbantu Aplikasi Akuntansi UKM maupun kelas yang menggunakan model PjBL murni; terdapat interaksi antara model PjBL Berbantu Aplikasi Akuntansi UKM, dengan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir analisis siswa.

 

Kata kunci: kemampuan berpikir analisis; project based learning; aplikasi akuntansi

 

Abstract

The background problem of this research is the low analytical thinking ability of students of SMKN 2 Kuningan. The purpose of the study was to determine the difference in students' analytical thinking ability; to determine the difference in students' analytical thinking ability between students with high, and low learning motivation levels; to determine the interaction between the use of learning models and student learning motivation on students' analytical thinking ability. The method used is quasi experiment with Factorial Design research design. The instruments in the study were PGK questions that measured students' analytical thinking ability and motivation questionnaire to measure students' learning motivation. The results of analysis and testing using Two Way Anova are known: There is a difference between the analytical thinking skills of students who use the PjBL model assisted by the SME Accounting Application and the pure PjBL model in the Accounting Practicum subject of Service, Trading and Manufacturing Companies. Where the analytical thinking skills of students who use the SME Accounting Application Assisted PjBL model are superior to the analytical thinking skills of students who use the pure Project Based Learning model; There is a difference between the analytical thinking skills of students who have high, medium and low motivation both in classes that use the SME Accounting Application Assisted PjBL model and classes that use the pure PjBL model; There is an interaction between the SME Accounting Application Assisted PjBL model, with learning motivation on students' analytical thinking skills.

 

Keywords: analytical thinking ability; project based learning; accounting application

Author Biographies

Rizka Andika Putra, Universitas Galuh
Universitas Galuh
Agie Hanggara, Universitas Kuningan
Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan

References

A.M. Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Rajawali Pers

Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Ali, Mohammad., Mohammad Asrori. (2012). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Amer, Ayman. (2005). Analytical Thinking. Cairo: Cairo University.

Anderson, & Krathwohl. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Anisa, Nuraeini dkk. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Arifin, Zainal. (2014). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Atikasari, Sandra dkk. (2012). Pengaruh Pendekatan Problem-Based Learning dalam Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Kemampuan Analisis. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Aqid, Zainal. (2010). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya:Insan. Cendikia.

B. Uno, Hamzah. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara

Bell, Stephanie. (2010). “Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future”, The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas. 83, (2), 39-43.

Blumenfeld, Phyllis C., Elliot Soloway dkk. (2011). “Motivating Project-Based Learning: Sustaining the Doing, Supporting the Learning”, Educational Psychologist. 26, (3), 369-398

Candra, Riski Ayu. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penerapan Blended Project Based Learning

Chen, C. H., Yang, Y. C. (2019). “Revisiting the effects of project-based learning on students’ academic achievement: A meta-analysis investigating moderators”, Educational Research Review, 26,71–81

Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Edy Suprapto. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual,Pembelajaran Langsung Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif. (INVOTEC, Volume XI, No.1, Februari 2015: 23-40)

Jensen, Eric. (2011). Pembelajaran Berbasis-Otak. Paradigma Pengajaran Baru. Jakarta: PT Indeks

Juan ChanLin, Lih. (2008). “Technology integration applied to project‐based learning in science”, Innovations in Education and Teaching International. 45, (1), 55-65.

Malawati, R., Sahyar. (2016). “Peningkatan keterampilan proses sains mahasiswa dengan model project based learning berbasis pelatihan dalam pembelajaran fisika”, Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 58-63.

Muflikasari, Rima (2017). Penerapan Pembelajaran Blended Learning dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Andong. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Norma Yuniarti, Nadiah, Susanto dkk. (2018). “The Implementation of Scientific Approach with Project Based Learning Model to Improve Students’ Analytical Skill and Responds”, International Journal of Advanced Engineering Research and Science (IJAERS). 5, (10), 90-93.

Novieza & Marwan. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas X MAN X Koto Singkarak. Jurnal Kajian Pendidikan ekonomi. Vol 3 No. 1.

Prastowo Mukti, Yoga, Mohammad Masykuri dkk. (2020). “Exploring the Impact of Project-Based Learning and Konvensional to The Students’ Learning Outcomes: Reviewed from The Analytical Skills”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. 9, (1), 121-131.

Samara, Daud. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMPNegeri Model Terpadu Madani Palu. e Jurnal Katalogis, Volume 4 Nomor 7, Juli 2016 hlm 205-214

Saraswati. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Enganalisis Unsur Intrinsik Naskah Drama SiswaKelas XI SMAN 17 Pandeglang. Banten: Universitas Matla’ul

Anwar Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiawan, Agus. (2017). “Pengaruh kemampuan analisis terhadap prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari intellegent quotion (IQ)”, Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1, (1), 25-34.

Published
2024-07-31
How to Cite
Putra, R. A., & Hanggara, A. (2024). MODEL PJBL BERBANTU APLIKASI DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 21(02), 1-10. https://doi.org/10.25134/equi.v21i02.9723