Pendampingan Masyarakat Memulihkan Lahan Kritis pada Program Rehabilitasi Hutan dan Lahan DAS Citarum

Sulistyono Sulistyono, Sofyan H. Nur

Abstract


Pendampingan masyarakat pada Program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) DAS Citarum merupakan kegiatan pendampingan dan gerakan aksi menanam. Kegiatan dilaksanakan di DAS Citarum pada ketinggian 640 -1.000 m dpl dengan luas ± 51.356,54 Ha.

Kegiatan Pendampingan Masyarakat memulihkan lahan kritis pada RHL DAS Citarum adalah meliputi : Profil Trees4Trees™ dalam Program RHL di DAS Citarum, Identifikasi lahan kritis pada lahan milik masyarakat di luar kawasan hutan negara, Penyusunan program dan peningkatan kapasitas SDM bersama masyarakat secara partisipatif, Penerapan RHL Pola Konservasi Tanah-Air dan Pola Agroforestry di DAS Citarum dan Pendampingan dan pengorganisasian program kegiatan bersama Masyarakat.

Identifikasi lahan kritis pada lahan milik masyarakat di luar kawasan hutan negara di DAS Citarum mencapai luas 51.356,54 Ha, terdiri dari lahan kritis seluas 9.631,27 Ha (18,75 %) dan lahan sangat kritis seluas 41.725,18 Ha (81,25 %). Lahan kritis berada di Sub DAS Cisangkuy, sub DAS Ciwidey dan sub DAS Cirasea di Kabupaten Bandung dan sub DAS Ciminyak di Kabupaten Bandung Barat yang tersebar di 128 Desa, 23 Kecamatan dan di 2 Kabupaten.

Penyusunan program dan peningkatan kapasitas SDM bersama masyarakat secara partisipatif dilakukan dengan cara diskusi mendalam serta pelatihan kegiatan RHL di lahan masyarakat. Ruang lingkup kegiatan mulai dari bagaimana proses masyarakat/petani terlibat, apa yang dilakukan masyarakat secara mandiri, dan apa yang difasilitasi untuk masyarakat.

Penerapan RHL Pola Konservasi Tanah-Air dan Pola Agroforestry di DAS Citarum meliputi kegiatan Rehabilitasi Lahan dan Reboisasi Hutan di DAS Citarum,  berupa penentuan jenis-jenis pohon kayu kayuan dan jenis buah buahan yang diusulkan masyarakat, pola tanam, jarak tanam, distribusi bibit dan penanamnnya serta target area dan realisasi penyerapan bibit Program RHL di setiap sub DAS di kegiatan tahun 2022.

Pendampingan dan pengorganisasian program kegiatan bersama masyarakat untuk komunikasi dan koordinasi dan pelatihan untuk penguatan kapasitas masyarakat/petani dan pendamping lapangan serta penilikan tanam setelah penanaman serta monitoring dan evaluasi.

Vegetasi di DAS Citarum didominasi oleh semak belukar, lahan kosong, lahan pertanian dan budidaya lainnya. Penggantian semak belukar dan lahan kosong di DAS Citarum segera dilakukan untuk mengantisipasi bencana ekologi termasuk kekayaan biodeversiti dan kebakaran hutan. Oleh karena itu, kegiatan yang paling memungkinkan adalah RHL. Jenis-jenis pohon yang ditanam berupa jenis kayu kayuan dan buah buahan (MPTS) yang tumbuh dalam kawasan DAS Citarum. Jenis-jenis pohon kayu kayuan yang ditanam meliputi mahoni, jati, sengon, suren, jabon, manglid dan gmelina. Jenis buah buahan yang ditanam meliputi: jeruk, sawo, mangga, durian, alpukat, kopi, jengkol, petai dan nangka.

Tahap awal luaran program ini adalah kegiatan RHL yang terdapat di 4 sub DAS yaitu Sub DAS Cisangkuy, sub DAS Ciwidey dan sub DAS Cirasea di Kabupaten Bandung dan sub DAS Ciminyak di Kabupaten Bandung Barat. Peserta kegiatan ini diikuti oleh 25 orang peserta yaitu mahasiswa pendidikan biologi SPS sebanyak 3 orang, LMDH Desa Bojongsalam dan Desa Arjasari sebanyak 20 orang dan Dosen sebanyak 2 orang.

Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Desember 2022 sampai Maret 2023 dengan agenda sebagai berikut :

  1. Bulan Desember 2022 untuk mengetahui Profil Trees4Trees™ dalam Program RHL di DAS Citarum diikuti oleh Dosen dan Managemen program T4T bertempat di Kantor UM Soreang
  2. Bulan Januari 2023 untuk Identifikasi lahan kritis pada lahan milik masyarakat di luar kawasan hutan negara diikuti oleh Dosen, Managemen program T4T dan Mahasiswa SPs bertempat di DAS Citarum
  3. Bulan Februari 2023 untuk Penyusunan Program dan Peningkatan Kapasitas SDM bersama Masyarakat secara Partisipatif diikuti oleh Dosen, Managemen program T4T dan Mahasiswa SPs  bertempat di Desa Bojongsalam Ciminyak
  4. Bulan Maret 2023 untuk Penerapan Rehabilitasi Hutan dan Lahan Pola Konservasi Tanah-Air dan Pola Agroforestry di DAS Citarum dan Pendampingan dan pengorganisasian program kegiatan bersama Masyarakat diikuti oleh Dosen, Managemen program T4T,  Mahasiswa SPs dan LMDH bertempat di Desa Bojongsalam Ciminyak dan Desa Arjasari
Biaya pelaksanaan sebesar Rp. 12.500.000, berasal dari kampus UNIKU, sumbangan mahasiswa dan anggaran kegiatan kemahasiswaan pascasarjana. Pengeluaran meliputi biaya pelatihan dan pendampingan kelompok tani  kader konservasi, biaya gerakan penanaman dan bantuan pemeliharaan tanaman dan biaya pendukung

Keywords


Pendampingan masyarakat, DAS Citarum, lahan kritis, kapasitas SDM, konservasi tanah air, pola agroforestry, jenis pohon, RHL

Full Text:

PDF

References


Agus Yadi Ismail, Ilham Adhya. 2021. Perberdayaan Kelompok Masyarakat Melalui Ekplorasi Benih Pohon Hutan di Desa Karangsari Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat.Vol.4.2.2021. 34-41.

Roni Nursyamsu. 2018. Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pemuda Dan Pembuatan Program Kerja Pada Organisasi Pemuda Desa Cibinuang, Kabupaten Kuningan, Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, e-ISSN 2598-2052 Vol. 01 Nomor 01. 2018. 37-44.

Sulistyono, Asep Ginanjar Arip dan Sofyan H. Nur. 2022. Gerakan Adopsi 100 Pohon Dalam Rangka Reboisasi Kawasan TNGC Bersama Kompepar Ciremai Green Lambosir Kuningan. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, e-ISSN 2598-2052 Vol. 05 Nomor 01. 2022.38-54.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

[Dephut] Departemen Kehutanan. 1990. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Jakarta: Departemen

Kehutanan.




DOI: https://doi.org/10.25134/empowerment.v7i01.9280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat

ISSN 2598-2052 (online)

Organized by Faculty of Law, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website  : https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/index

Email     : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

 

 EMPOWERMENT is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0