Pembelajaran Inquiri Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Retensi Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Bay, M. Staver, J.R. Bryan, T. Hale, J.B. (1992). Science Instructional for the Mildly Handicapped Direct Instruction versus Discovery Teaching: Journal of Research in Science Teaching. 29, (6), 555-570.
Costa, A. L. (1985). Developing Minds A Resource Book for Teaching Thinking. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.
Dahar, R. W. (2006). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Djubaedah, E. (2013). Pembelajaran Berbasis TIK dengan model STAD untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Retensi Pengetahuan pada Materi Sistem Pencernaan Makanan. Bandung: Tesis. PPs UPI. Tidak diterbitkan.
Ennis, R. (1996). Critical Thinking. New Jersey: Simon & Schuster / A Viacom Company.
Filsaime, D.K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta. Prestasi Pustakaraya
Helen. (2013). “Effects of Guided-Inquiry and Expository Teaching Methods on Senior Secondary School Students Performances in Biology in Imo State”. Journal of Education Research and Behavioral Sciences. 2, (4), 51 – 57.
Herlanti, Y. Rustaman, N.Y. Setiawan, W. (2007). Kontribusi Wacana Multimedia terhadap Pemahaman dan Retensi Siswa. Jurnal Pendidikan IPA: Metamorfosa. 2, (1), 29 – 38.
Meltzer, D. E. (2002). “The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible hidden variable’ in diagnostic pretest scores”. Jurnal AJP. 70, (12), 1259 – 1268.
Rizal, R. (2013). Penerapan Pendekatan Demonstrasi Interaktif Dalam Pembelajaran Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Bandung: Tesis. PPs UPI. Tidak diterbitkan.
Santiningtyas, K. Prasetyo, A. Priyono B. (2012). “Pengaruh Outdoor Learning Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem”. Unnes Journal of Biology Education. 1, (2), 91 – 98.
Sawrey, M.J. dan Telford, C.W. (1988). Educational Psychology 4th Edition. Boston: Allyn and Bacon.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
UU RI No.23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup.
DOI: https://doi.org/10.25134/edubiologica.v7i2.2992
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi
Organized by the Department Master of Biology Education, Graduate School, the University of Kuningan
ISSN 2355-2352 (print)
Alamat : Jl. Pramuka No. 67 Kuningan 45512, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : (1232) 878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/edubiologica
Email : [email protected]
Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License