Pembelajaran Inquiri Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Retensi Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan

Endun Abdurohman, Abdul Muis, Sulistyono Sulistyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan retensi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pre test post test control group design  dan menggunakan sampel penelitian sebanyak 52 siswa kelas VII di salah satu SMP di Kabupaten Kuningan. Rata-rata N-gain keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan untuk kelas eksperimen 0,7 (kategori tinggi) dan kelas kontrol 0,4 (kategori sedang). Sedangkan tingkat retensi siswa pada materi pencemaran lingkungan untuk kelas kontrol 34,6% (kategori baik), 30,8% (kategori sangat baik) dan kelas eksperimen 30,8% (kategori baik), 46,1% (kategori sangat baik).

Full Text:

PDF

References


Bay, M. Staver, J.R. Bryan, T. Hale, J.B. (1992). Science Instructional for the Mildly Handicapped Direct Instruction versus Discovery Teaching: Journal of Research in Science Teaching. 29, (6), 555-570.

Costa, A. L. (1985). Developing Minds A Resource Book for Teaching Thinking. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Dahar, R. W. (2006). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Djubaedah, E. (2013). Pembelajaran Berbasis TIK dengan model STAD untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Retensi Pengetahuan pada Materi Sistem Pencernaan Makanan. Bandung: Tesis. PPs UPI. Tidak diterbitkan.

Ennis, R. (1996). Critical Thinking. New Jersey: Simon & Schuster / A Viacom Company.

Filsaime, D.K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta. Prestasi Pustakaraya

Helen. (2013). “Effects of Guided-Inquiry and Expository Teaching Methods on Senior Secondary School Students Performances in Biology in Imo State”. Journal of Education Research and Behavioral Sciences. 2, (4), 51 – 57.

Herlanti, Y. Rustaman, N.Y. Setiawan, W. (2007). Kontribusi Wacana Multimedia terhadap Pemahaman dan Retensi Siswa. Jurnal Pendidikan IPA: Metamorfosa. 2, (1), 29 – 38.

Meltzer, D. E. (2002). “The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible hidden variable’ in diagnostic pretest scores”. Jurnal AJP. 70, (12), 1259 – 1268.

Rizal, R. (2013). Penerapan Pendekatan Demonstrasi Interaktif Dalam Pembelajaran Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Bandung: Tesis. PPs UPI. Tidak diterbitkan.

Santiningtyas, K. Prasetyo, A. Priyono B. (2012). “Pengaruh Outdoor Learning Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem”. Unnes Journal of Biology Education. 1, (2), 91 – 98.

Sawrey, M.J. dan Telford, C.W. (1988). Educational Psychology 4th Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

UU RI No.23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup.




DOI: https://doi.org/10.25134/edubiologica.v7i2.2992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Organized by the Department Master of Biology Education, Graduate School, the University of Kuningan
ISSN 2355-2352 (print)
Alamat : Jl. Pramuka No. 67 Kuningan 45512, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : (1232) 878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/edubiologica

Email : [email protected]

Creative Commons License

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License