ANALISIS PERILAKU BELAJAR MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS KUNINGAN

Atin Nuryatin, Sri Mulyati

Abstract


Mahasiswa sebagai input suatu perguruan tinggi mempunyai sikap dan penilaian terhadap proses belajar-mengajar yang berbeda antara satu dengan yang lain. Belajar merupakan suatu proses perubahan perilaku atau pribadi seseorang berdasarkan praktik atau pengalaman tertentu. Belajar dari segi akademik mengharuskan individu untuk mampu memahami serta mengaplikasikan materi-materi pembelajaran. Perilaku belajar merupakan semua kegiatan atau aktivitas seseorang dalam belajar untuk memperoleh pemahaman, pengalaman dan tingkah laku baru.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku belajar mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Kuningan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku belajar mahasiswa pendidikan Universitas Kuningan untuk indikator perilaku mengikuti perkuliahan, perilaku membaca buku, dan perilaku mengunjungi perpustakaan tergolong kedalam kelompok sedang. Sedangkan untuk indikator perilaku saat menghadapi ujian tergolong kedalam kelompok atas. Hasil pengelompokkan profil perilaku belajar mahasiswa pendidikan universitas kuningan termasuk kedalam kategori kurang (cukup) efektif dan sebagiannya termasuk ke dalam kategori Efektif (Positif) yaitu sebesar 43,17%. Beberapa rekomendasi yang peneliti bisa sampaikan adalah meningktakan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh dosen seperti penerapan metode dan model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif sehingga mampu menumbuhkan semangat dan motivasi mahasiswa untuk belajar lebih baik, memberikan dan terus memotivasi para mahasiswa untuk meningkatkan literasi membaca dan daya baca. Orientasi mahasiswa harus berubah yang awalnya hanya mendengarkan ceramah dan mengerjakan tugas semata menjadi mahasiswa yang terus meningkatkan sikap belajar dan keaktifan dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menggunakan waktu belajarnya sebaik mungkin.

Kata Kunci :  perilaku belajar; kebiasaan belajar; mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 1995. Sikap Manusia: Teori dan Pengkurannya, Edisi 2. Pustaka Pelajar : Yogyakarta.

Hanifah dan Abdullah S, 2001. Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi. Media Riset Akuntansi, Auditing Dan Informasi, Volume 1, No. 3, 63-Desember 2001.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwardjono. 2004. Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi, Jurnal Akuntansi, edisi Maret. STIE YKPN: Yogyakarta.

Syah Muhibbin,. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grapindo Persada.

The Liang Gie. 1995. Cara Belajar yang Efisien Jilid II Edisi keempat (diperbaharui). Yogyakarta: Liberty.




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v18i1.3890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :

http://udledge.com/i-journal.html