PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN EKONOMI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK-KONTEKSTUAL DENGAN PERSPEKTIF SELF REGULATED LEARNING

Sri Mulyati, Iyan Setiawan

Abstract


Abstract: Kurikulum 2013 dikembangkan untuk menjawab tantangan paradigma belajar abad 21 yang menuntut perubahan pengajaran di kelas. Adanya perubahan dari siswa yang awalnya harus diberi tahu menjadi siswa aktif mencari tahu. Hal ini tersebut harus pula diikuti oleh perubahan kegiatan pembelajaran di kelas untuk seluruh mata pelajaran. Khususnya untuk mata pelajaran ekonomi, bahwa siswa dituntut tidak hanya sebatas memahami konsep ekonomi saja, tetapi juga dapat menerapkan ilmu ekonomi dalam kehidupan sehari-hari (kontesktual). Diperlukan pendekatan pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk membangun sendiri pengetahuan barunya serta menjadikan proses belajar yang lebih bermakna. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan konstruktivistik. Pendekatan ini beranggapan bahwa proses belajar mengajar di kelas seharusnya memberikan keleluasaan bagi siswa untuk membangun pengetahuan baru dengan caranya masing-masing. Hal ini disebabkan karena tiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda, baik dari cara belajar, sumber belajar yang dimiliki, serta pengalaman belajar yang telah dilakukan. Perbedaan- perbedaan tersebut tentu berpengaruh pada proses konstruksi pengetahuan baru yang dilakukan oleh siswa. Sebagai salah satu konsep dari pendekatan konstruktivistik, self regulated learning (SRL) berperan penting dalam proses belajar siswa. Perbedaan tingkat SRL siswa, akan mempengaruhi proses belajar siswa. Siswa dengan tingkat SRL tinggi akan lebih mandiri dalam mencari pengetahuan baru. Tetapi, siswa dengan tingkat SRL rendah, membutuhkan bimbingan guru dalam proses belajarnya. Sehingga, perlu dikembangkan pembelajaran ekonomi yang memberikan kebebasan pada siswa untuk mengkonstruk sendiri pengetahuan barunya dengan mempertimbangkan tingkat SRL siswa.

Kata Kunci : Pembelajaran Ekonomi, konstruktivistik, self regulated learning


Keywords


Pembelajaran Ekonomi; konstruktivistik; self regulated learning;

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Asri, Dahlia N. (2015). Peranan Self Regulated Learning dalam Pendekatan Konstruktivissme dalam Kerangka Implementasi Kurikulum Tahun 2013. (online)

Kolb, D.A. (1984). the Source of Learning and Devel- opment, (Online), (http://www.learningfromexperienc e.com/images/uploads/process-of- experiential-learning.pdf), diakses 20 Juli 2016

Montalvo, F. T., dan Maria Carmen G.T. (2004). Self Regulated Learning: Current and Future Directions, (online), Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 2(1), 1-34).

Mukhid, Abd. (2008). Strategi Self Regulated Learning (Perspektif Teori), (online), Tadris, 3(2), (ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/tadris/article/view/)

Pintrich, P.R. (2000). The Role of Goal Orientation in Self Regulated Learning. California: Academic Press Republik Indonesia. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indone- sia No. 54 tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Siroj, R. A, (2004). Pemerolehan Pengetahuan Menurut Pandangan Konstruktivistik. (online), (http://www.depdiknas.go.id/Jurnal/43/rusdy-a-siroj.htm)

Suparno, P. (2001). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta : Kanisius.

Yamin, Martinis. (2008). Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta : Gaung Persada Press.

Yamin, Martinis. (2013). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Zimmerman, J., Barry & Schunk, H., Dale. (1989). Self Regulated Learning and Academic Achievement: Theory, Research, and Practice. New York: Springer.




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v16i01.2016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287