EFEKTIVITAS MATA KULIAH PEMBELAJARAN MIKRO (MICROTEACHING) TERHADAP KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DAN KESIAPAN MENGAJAR (Survey pada Mahasiswa FKIP Semester Genap T.A 2017/2018)

Iyan Setiawan, Sri Mulyati

Abstract


Abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah keterampilan dan kesiapan mengajar yang dimiliki mahasiswa FKIP semester Genas T.A 2017/2018 yang belum optimal.Halini dalam praktek pembelajaran Mikroteaching upaya untuk mewujudkan keterampilan mengajar yang efektif bukanlah sesuatu hal yang mudah apalagi permasalahan pembelajaran kita masih dihadapkan pada pola belajar yang mendorong fungsi kognitif saja. Belajar hanya bersifat tekstual atau hapalan belaka, ini disadari terdapat kelemahan dalam pembelajaran kita terkait pada tataran pola pikir. Dengan tujuan untuk Mengetahui pengaruh efektivitas pembelajaran microteaching terhadap keterampilan mengajar pada mahasiswa, Untuk Mengetahui pengaruh efektivitas pembelajaran microteaching terhadap kesiapan mengajar pada mahasiswa, untuk mengetahuipengaruh keterampilan mengajar terhadap kesiapan mengajar pada mahasiswa FKIP semester genap T.A 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dan Penelitian Deskriptif. Populasi penelitian sebesar 290 orang (N= 290). Penentuan sampel dalam penelitian ini adalah Probability samplingmenggunakanrumus slovin sampel sejumlah 158. Analisis data menggunakanAnalisis Jalur (Path Analysis) melalui pendekatan regresi dan menggunakan program SPSS For Windows Versi 21.0. Hasil perhitungan dengan Analisis Jalur menghasilkan Keterampilan Mengajar Mikroteaching berpengaruh positif secara langsung terhadap Keterampilan Mengajar sebesar 0,454. Efektivitas Pembelajaran Mikroteaching berpegaruh positif secara langsung dan tidak langsung terhadap Kesiapan Mengajar sebesar 0,380. Keterampilan Mengajar berpegaruh positif secara langsung terhadap Kesiapan mengajar pada mahasiswa sebesar 0,235.

Berdasarkan penelitian, saran yang diberikan penulis adalah dosen perlu terus melatih mahasiswa dalam proses pembelajaran agar bertambah meningkat keterampilan mengajarnya, perlu dilakukan pembimbingan, motivasi serta pemantauan dari dosen sehingga mahasiswa siap untuk menjadi guru, terus berlatih dalam praktek mengajar agar siap menghadapi Praktek KerjaMahasiswa (PKM).

Kata kunci : Efektivitas Pembelajaran Mikroteaching, Keterampilan Mengajar, Kesiapan Mengajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adnan, Said. (1981). Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: Erlangga.

Arifin, Zainal. (2014). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. (2002). Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.

Engkoswara. (1988). Dasar – Dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta: Dirjendikti Depdikbud RI.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses BelajarMengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: BumiAksara.

Hanggara, Agie. & Darsih, Endang. (2018). DASAR STATISTIKA Manual & SPSS. Kuningan :Mujahid Press.

Helmiyati. (2013). MICRO TEACHING Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarya: Aswaja Pressindo.

Indriantoro, Nurdan Supomo, Bambang. (1999). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta : Penerbit BPFE.

Makmum, Mubayidin. (1986). Kecerdasan dan Kesehatan Emosional Anak. Jakarta:Alkausar.

Moh.Nazir. (1999). Metode Penelitian, Cetakan Ketiga. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mu’min, Akhmad Nurul & Sarwi & Akhiis, Isa. (2015). Efektivitas Pembelajaran Kontektual Berbantuan Media Simulasi Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar. UNNES Physics Education Journal. ISSN 2252-6935.

Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nana Sudjana. (1999). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Roesdakarya

Noorhayati, Bekti & Hartanti, Muslikhah Dwi. (2012). Pengaruh Keterampilan Mengajar dan Soft Skills terhadap Kesiapan Mengajar Guru Mahasiswa Pendidikan Adminitrasi Perkatoran Angkatan 2012. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nur, Hanis. Dkk. (2011). Keterampilan Dasar Dalam Proses Belajar/Micro Teaching. Makassar: Unismuh Makassar Press.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika, Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2013) Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.

Sutikno,M. S. (2005). Pembelajaran Efektif: Apa dan bagaimana Mengupayakannya?. Mataram: NTP Press.

Suwarna, dkk. (2006). Pengajaran Mikro, Pendekatan Praktis dalam Menyiapkan Pendidikan Profesional. Jogyakarta: TiaraWacana.

Umar, Husein.(2002). “Metodologi Penelitian”, Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Usman, Husani. (2010). MANAJEMEN (Teori, Praktek, dan RisetPendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf hadi Miarso. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v15i02.1619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287