PENGARUH INTERNAL LOCUS OF CONTROL, KONSEP DIRI, DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEMATANGAN KARIR MAHASISWA PEWIRAUSAHA PADA UNIVERSITAS KUNINGAN

Iskandar Iskandar, Dini Anggraeni

Abstract


Abstract

The problem behind this research is the low level of career maturity of entrepreneurial students at the University of Kuningan. This can be seen from the data held by the Student Entrepreneurship Development Center (PPKM) Universitas Kuningan in 2020 which shows the low level of success of their business and the lack of clarity about the sustainability of the business they run. The theory search raises three predictor variables, namely internal locus of control, self-concept, and family support.

The subjects of this research are the students of Universitas Kuningan who are "ambitious" in entrepreneurship, a total of 166 students out of 284 students who are registered. The sample unit is selected randomly. Data were collected through questionnaires that have been tested for validity and reliability. Data analysis using multiple regression techniques.

The results showed that the internal locus of control, self-concept, and family support, either simultaneously or partially, had an effect on the career maturity of students. The magnitude of the influence of internal locus of control identified is 15.84%, followed by self-concept at 10.30%, and family support at 3.09%.

 Keywords:survey; internal locus of control, self-concept, family support, career maturity.

 

Abstrak

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih rendahnya tingkat kematangan karir mahasiswa pewirausaha pada Universitas Kuningan. Hal tersebut terlihat dari data yang dimiliki Pusat Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa (PPKM) Universitas Kuningan tahun 2020 yang menunjukkan rendahnya tingkat keberhasilan usaha mereka dan tidak jelasnya keberlangsungan usaha yang mereka jalankan. Penelusuran teori memunculkan tiga variabel prediktor, yaitu internal locus of control, konsep diri, dan dukungan keluarga.   

Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Kuningan yang “nyambi” berwirausaha sejumlah 166 mahasiswa dari 284 mahasiswa yang tercatat. Unit sampel dipilih secara random. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan teknik multiple regression.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa internal locus of control, konsep diri, dan dukungan keluarga, baik secara simultan maupun secara parsial, berpengaruh terhadap kematangan karir mahasiswa. Besarnya pengaruh internal locus of control teridentifikasi sebesar 15,84%, diikuti oleh konsep diri sebesar 10,30%, dan dukungan keluarga sebesar 3,09%.  

Kata Kunci :survey; internal locus of control, konsep diri, dukungan keluarga, kematangan karir.

 


Keywords


internal locus of control; konsep diri; dukungan keluarga; kematangan karir;

Full Text:

PDF

References


Berzonsky, M.D. 1981. Adolescent Development. New York: Macmillan Publishing Co.

Friedman, M.M., Bowden, O., Jones, M. 2010. Buku Ajar Keperawatan Keluarga (terjemahan). Jakarta: EGC.

Gonzalez, M. Alvarez. 2008. Career maturity : a priority for secondary education. Electronic journal of research in educational Psychology. 6(3), 749-772.

Herin, M. dan Sawitri, D.R.. 2017. Dukungan orangtua dan kematangan karir pada siswa SMK program keahlian tata boga. Jurnal Empati. 6(1), 301-306.

Komandyahrini, E. 2008. Hubungan Self Efficacy dengan kematangan dalam memilih karir siswa program percepatan belajar. Jurnal keberbakatan dan kreativitas. 2(1), 1-12.

Lefcourt, H.M. 1982. Locus of Control: Curent Trends in Theory and Research. New Jersey: Laurence Erlbaum Associates Publisher.

Ma’rufi, A. R. 2020. Hubungan Konsep Diri Dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Kematangan Karier Siswa Ma Madania. Jurnal Studi Keislaman. 6(2), 133-145.

Meece, J. 1997. Child and Adolesence Development for Educator. USA: The McGraw-Hill Companies.

Nuryatin, Atin. 2016. Analisis Kematangan Karir Mahasiswa Ditinjau dari Self Efficacy dan Locus of Control. Equilibrium:Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi. Vol 14

Oktavia, L dan Basri, A.S. 2002. Hubungan Antara Dukungan Sosial Yang Diterima Secara Nyata dengan Ada atau Tidaknya Gangguan Depresi Pasca Persalinan Pada Ibu Dewasa Muda. Jurnal Psikologi Sosial. Vol 8. No 1.

Pratama, B. D. dan Suharnan. 2014. Hubungan antara Konsep diri dan Internal Locus of Control dengan kematangan karir siswa SMA. Jurnal Psikologi Indonesia. 3(3), 213-222.

Reber, A.S. & Reber, E.S. 2010. Kamus Psikologi (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Silalahi, V. 2009. Hubungan Locus of Control dengan Perilaku Kesehatan Pada Masyarakat Perdesaan. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Sumatra Utara.

Sinaga, J. D. 2018. Tingkat dukungan orang tua terhadap belajar siswa. Indonesian Journal of education Counseling. 2(1), 43-54.

Sobur, A. 2010. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Suryanti, R; Yusuf, M., Priyatama, A.N. 2011. Hubungan antara Locus of Control Internal dan Konsep Diri dengan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Surakarta. Jurnal Wacana Psikologi, FK UNS.

Wilcox, P., Winn, S., Gauld, M.F. 2005. Studies in Higher Education. McGraw-Hills, NY.

Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan (terjemahan). Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.4956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EQUILIBRIUM: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi is Indexed in :                   
 
 
E-ISSN 2614-5839 ||  P-ISSN 02165287

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.