OPTIMIZING STUDENT REASONING THROUGH READING LITERACY WITH THE DEVELOPMENT OF E-LKPD IN THE TOURISM CONTEXT
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi, Z., Ernalida, & Lidyawati, Y. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan karakter. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 7(September), 37–52. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jisd.v7i1.11622
Amanah, D. B., Leksono, S. M., & Resti, V. D. A. (2023). Pengembangan E-LKPD interaktif model hands on activity tema tekanan dalam tubuh untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa SMP. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 8, 65–74. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v8i1.65-74
Anzelina, D. E. (2023). Potensi kearifan lokal sumatera selatan sebagai basis media pembelajaran kontekstual biologi SMA. Journal of Nusantara Education, 2(2), 53–63. https://doi.org/10.57176/jn.v2i2.51
Arifin, M. L., Khotimah, L. H., & Mahmudin. (2023). Analisis pemahaman literal siswa perspektif gender. Jurnal Papeda, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3305
Astuti. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan kelas II SD. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 1011–1024. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.239
Bakara, P., Tambunan, L. Y., Panggabean, P. Y. Y., Cibro, L., Sinaga, R., & Akbar, S. (2019). Pembelajaran sastra berbasis kearifan lokal pada siswa kelas VIII-1 SMP YP. Pangeran Antasari Medan. SeBaSa, 2(2), 98. https://doi.org/10.29408/sbs.v2i2.1599
Brata, I. B., Ida Bagus Rai, Lianda Dewi Sartika, & Ida Bagus Nyoman Wartha. (2022). Museum: media of non-formal education in intruding character values strengthening the national self. Mimbar Ilmu, 27(3), 435–442. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.54321
Fauziah, M., Sulaeman, Y., & Chandra, C. (2020). Pengembangan LKS tematik bahasa Indonesia kelas V melalui kegiatan lesson study di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1559
Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan E-LKPD berbasis android dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Research, 3(5), 1957–1970. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.718
Inten, D. N. (2017). Peran keluarga dalam menanamkan literasi dini pada anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689
Jaya, M. P. S., Susanti, D. S., & Ahmad, S. (2022). Pengembangan boneka tangan berbasis kearifan lokal sebagai media pendidikan antikorupsi pada anak usia dini. Ljese, 2(3), 141–147.
Kayati, A. N., & Kusuma, E. R. (2022). Analisis kebutuhan bahan bacaan literasi berorientasi wisata pesisir mandangin untuk siswa SMP sebagai upaya penguatan literasi pada era merdeka belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Special Ed, 35–46. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7446
Kemendikbud. (2023). Peringkat indonesia pada PISA 2022 naik 5-6 posisi dibanding 2018. Kemendikbud.Go.Id. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018
Khadijah, S., Ismail, S., & Resmawan, R. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis penalaran pada materi sudut pusat dan sudut keliling lingkaran. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.838
Kovalcikova, I., Veerbeek, J., Vogelaar, B., Klimovic, M., & Gogova, E. (2023). Progress in language abilities related to reading comprehension – domain specific intervention on executive functioning. Preprints. https://doi.org/10.20944/preprints202307
Marmita, L. (2021). Meningkatkan minat baca, kemampuan memahami bacaan, dan berpikir kritis siswa melalui penerapan sustained silent reading (SSR) dan reading response improving students’ reading interest, reading comprehension, and critical thinking through the implementat. Jurnal Teropong Pendidikan, 1(2), 126. https://doi.org/10.19166/jtp.v1i2.3462
Nisphi, M. L. (2022). Pengembangan E-LKPD pada konten teks informasi menggunakan framework PISA 2022 untuk penguatan literasi membaca siswa SMP Negeri 59 Palembang. Universitas Negeeri Sriwijaya.
OECD. (2018). PISA 2018 results. OECD. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm
Purba, A. F., & Husain, F. (2020). Budaya literasi di madrasah aliyah - peran guru dalam meningkatkan budaya literasi di MAN 2 model Medan. In Rochayani, F. Husain, A. F. Purba, H. I. A. Bakar, Muslikhah, S. Nirmala, T. Nurhayati, U. Ni’mah, A. Luthfi, & D. Pramono (Eds.), SEMINAR KAJIAN LAPANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN TAHUN 2019 (Issue August 2020). Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Semarang.
Rahmadanita, A. (2022). Rendahnya literasi remaja di Indonesia: masalah dan solusi. Jurnal Pustaka Ilmiah, 8(2), 55. https://doi.org/10.20961/jpi.v8i2.66437
Rintaningrum, R. (2019). Explaining the important contribution of reading literacy to the country’s generations: Indonesian’s perspectives. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(3), 936–953. https://www.researchgate.net/publication/339473784_Explaining_the_Important_Contribution_of_Reading_Literacy_to_the_Country’s_Generations_Indonesian’s_Perspectives
Sanusi, A. (2021). Pembaharuan Strategi Pendidikan : Filsafat, Manajemen ,dan Arah Pembangunan Karakter Bangsa (Y. Iriantara (ed.); 3rd ed.).
Sinaga, A. B., Sebayang, F.A.A., & W.S., L. (2021). Peningkatan literasi melalui penerapan dear di Panti Asuhan Rahpia Simalingkar B Medan. Jurnal Abdimas …, 2(98), 47–55. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JAM/article/view/2144%0Ahttp://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JAM/article/download/2144/1490
Sinaga, E. S., Dhieni, N., & Sumadi, T. (2021). Tantangan orang tua mendampingi anak usia 6-7 tahun belajar di rumah selama pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 252–260. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1225
Sugiono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Alfabeta.
Sumarwati, M., & Sugono, D. (2021). Pemakaian bahasa dan penalaran sebagai sarana untuk menarik kesimpulan wacana argumentasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(1), 29. https://doi.org/10.30998/diskursus.v4i1.8401
Tiarina, Y., Wahyuni, S., Fitri, D., Sakinah, N., & Afif, A. F. (2022). PISA reading literacy: encountering female and male’ reading literacy ability. English Review: Journal of English Education, 10(2), 593–602. https://doi.org/10.25134/erjee.v10i2.623
Ulfa, S. W., Aminullah, M. A. F., Angraini, R., Andini, D. S., & Putri, D. O. (2023). Upaya peningkatan minat literasi siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler tuntas baca di SMP Swasta IRA Medan. 05(02), 2053–2060.
Utomo, E. P. (2022). Pengembangan LKPD IPS berbasis model kooperatif terpadu membaca dan menulis untuk meningkatkan literasi siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(3), 847–860. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i3.853
Waraulia, A. M. (2020). Bahan Ajar Teori dan Prosedur Penyusunan. In UNIPMA Press. UNIPMA Press.
Wuryanto, H. ,& Abduh, M. (2022). Mengkaji kembali hasil PISA sebagai pendekatan inovasi pembelajaran untuk peningkatan kompetensi literasi dan numerasi. Kemendikbud.Go.Id. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/mengkaji-kembali-hasil-pisa-sebagai-pendekatan-inovasi-pembelajaran--untuk-peningkatan-kompetensi-li
Zubainur, C. M., Jannah, R., Syahjuzar, S., & Veloo, A. (2020). Kemampuan penalaran matematis siswa melalui model discovery learning di sekolah menengah Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, 21(1), 148–170. https://doi.org/10.32672/si.v21i1.1893
DOI: https://doi.org/10.25134/erjee.v12i1.9380
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 English Review: Journal of English Education